Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Tips Memulai Bisnis Fashion di Tengah Persaingan yang Tinggi

Bisnis fashion masih menjadi primadona bagi banyak pelaku bisnis. Secara pasarnya masih sangat luas dan tidak akan ada habisnya. Mudahnya adalah semua orang membutuhkan pakaian. Sehingga sampai kapan pun bisnis ini akan terus berkembang.

Hanya saja dalam memulai bisnis fashion di tengah persaingan yang tinggi saat ini perlu adanya persiapan yang matang. Karena tak jarang pelaku bisnis fashion yang gulung tikar karena kalah bersaing dengan kompetitor.

Untuk saat ini, wanita masih menjadi konsumen terbesar di bisnis fashion. Tapi bukan berarti pria tidak doyan dengan fashion. Faktanya memang demikian, karena kebutuhan fashion para wanita masih beragam dibanding pria.

Jika Anda tertarik untuk bergelut di bidang fashion ini, berikut beberapa tips memulai bisnis fashion yang bisa Anda coba.

Memulai Bisnis Fashion

# Tentukan Target Pasar Anda

Seperti yang sudah disinggu di atas, bahwa fashion ini merupakan kebutuhan setiap orang, baik itu pria, wanita, anak-anak hingga dewasa. Sehingga pasarnya luas.

Nah, di tengah persaingan yang tinggi sekarang ini, Anda perlu menentukan target pasar Anda. Fokuskan siapa yang akan menjadi target pasar Anda. Misalnya saja bisnis fashion untuk wanita, maka siapa yang akan dituju? apakah anak-anak atau wanita usia 20-an, atau orang tua.

Semakin fokus semakin baik.

# Ikuti Tren yang Ada

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa bisnis sekarang ini banyak dipengaruhi oleh tren yang sedang hits. Bisnis fashion pun juga demikian, Anda selaku pelaku bisnis perlu mengikuti tren yang ada. Ini adalah momen untuk memperluas pasar dan meningkatkan penjualan.

Karena dengan mengikuti tren, maka pasar sudah terbentuk, Anda cukup menyediakan produk yang sesuai dengan tren yang ada.

Jadi jika Anda berbisnis fashion, perlu untuk selalu belajar dan mengetahui apa saja yang sedang up to date.

# Buatlah Toko Online dengan Desain yang Menarik

Kalau pun Anda saat memulai bisnis fashion memilih dipasarkan secara offline, Anda tetap perlu memasarkannya secara online. Persaingan bisnis fashion sekarang itu sangat tinggi, jika Anda hanya mengandalkan offline, maka Anda akan semakin mengalami kesulitan.

Untuk itu Anda bisa membuat toko online dengan desain menarik dan bisa juga dikombinasikan dengan memasarkan melalui marketplace dan media sosial yang ada.

Baca juga : Tips Memasarkan Produk Melalui Konsinyasi

Kanal-kanal online ini bisa Anda gunakan semua agar semakin banyak mengjangkau pasar Anda. Jangan khawatir jika tidak punya keahlian dalam membuat toko online, karena Anda tetap bisa membuat dengan bantu jasa pembuat website dan toko online.

# Kerja sama dengan Influencer

Keberadaan influencer dan buzzer sekarang ini sangat berpengaruh pada bisnis, terutama bisnis fashion. Hanya saja saat memilih influencer perlu diperhatikan betul, tidak bisa sembarangan atau hanya bergantung pada jumlah followers-nya.

Kalau bisnis fashion Anda sudah berkembang dan skalanya sudah besar, Anda bisa mengajak kerja sama influencer & selebgram ternama.

Keuntungan bekerja sama dengan influencer & selebgram adalah selain bisa meningkatkan penjualan juga bisa meningkan brand awareness bisnis Anda.

# Buat Promo Diskon yang Menarik Konsumen

Biasanya ketika bisnis yang baru dimulai, belum banyak menyita perhatian calon konsumen. Nah, salah satu cara untuk memikat calon pembeli adalah dengan membuat promo atau diskon harga. Karena penawaran seperti ini sangat diminati banyak orang.

Sehingga bisnis Anda pun akan dikenal. Pastikan ketika Anda membuat promo atau diskon seperti ini tetap memperhatikan kualitas produk fashion Anda. Agar para pembeli nanti bisa terpukau pada pesanan pertama dan akan kembali lagi di kemudian hari.

Baca juga : Peluang Usaha Jualan Kaos Polos Ini Bisa Anda Coba!

Bisnis fashion memang butuh perjuangan yang keras, karena persaingan saat ini juga sangat tinggi sekali. Tetapi yakinlah, jika produk fashion Anda memiliki keunikan dan karakter, maka itu akan menjadi pembeda di tengah persaingan yang ada.



Baca Artikel dari Tags:

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.