Home » BISNIS ONLINE » Bagaimana Spek Web Hosting Untuk Toko Online Saya?
Web Hosting Untuk Toko Online

Bagaimana Spek Web Hosting Untuk Toko Online Saya?

Kami pernah mendapatkan pertanyaan dari seseorang yang ingin membuat toko online. Karena belum mengetahui tentang web hosting, ia tanya web hosting yang cocok untuk toko onlinenya. Mungkin pertanyaan ini juga sempat terlintas di benak Anda yang ingin membuat toko online. Di artikel kali ini, kami akan sedikit memberikan beberapa pedoman referensi bagi Anda dalam memiliki web hosting untuk toko online.

Jika Anda belum mengetahui apa itu web hosting, silahkan baca artikel berikut (Pengertian Domain dan Web Hosting). Web hosting sangatlah penting untuk sebuah website terlebih toko online. Spesifikasi web hosting yang kita sewa menentukan akselerasi toko online kita. Sehingga, dalam memilih web hosting untuk toko online memang sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan toko online Anda nantinya.

Ada beberapa faktor yang dapat Anda jadikan pedoman dalam memilih web hosting, berikut beberapa diantaranya :

1. Siapa Target Market Anda?

Berbisnis toko online memang bisa dijangkau seluruh orang di dunia, akan tetapi tentu Anda memiliki target spesifik, minimal target negara. Jika Anda memiliki target market hanya orang-orang yang berada di Indonesia maka Anda lebih baik menyewa web hosting untuk toko online dengan server di Indonesia (Server IIX). Karena dengan server lokal, maka pengunjung Anda nanti tentu akan lebih cepat mengaksesnya, daripada website toko online di taruh di server luar.

2. Apa Saja Yang Anda Jual?

Anda menjual apa saja di toko online? Apakah satu jenis produk saja atau bermacam-macam? Hal ini akan mempengaruhi ketika memiliki space web hostingnya. Jika produk yang Anda jual banyak jenisnya, maka Anda butuh space hosting yang besar,misalnya 1GB. Karena nanti tentu akan banyak gambar dan konten yang di upload ke website toko online Anda. Tapi jika toko online Anda hanya satu jenis produk, Anda bisa mencoba memilih space hosting 500MB dulu, nanti jika dirasa kurang bisa upgrade ke space yang lebih besar.

3. Berapa Jumlah Pengunjung Toko Online Anda?

Kalau ini bisa Anda ketahui setelah toko online berjalan beberapa bulan, sehingga Anda bisa melihat perkembangan jumlah pengunjungnya. Nah, jumlah pengunjung ini menentukan spesifikasi web hosting dari sisi bandwidth. Jika pengunjung banyak, maka Anda membutuhkan bandwidth yang besar.

Jadi, ketika Anda ingin membuat toko online, perlu memperhatikan karakteristik toko online Anda. Setelah itu baru bisa memiliki spesifikasi web hosting untuk toko online Anda. Selain 3 spek penting di atas (Lokasi Server, Space, dan Bandwidth), yang perlu diperhatikan lagi adalalah fitur-fitur lain yang tak kalah penting. Seperti fitur back up, email, dan pelayanan.

Jika toko online Anda memang dari awal sudah di atur secara profesional, kami sarankan Anda untuk menyewa VPS (Virtual Private Server) saja bukan Web Hosting Shared. Karena kalau web hosting shared itu satu server ya dibagi-bagi dengan pengguna lain, sehingga menyebabkan toko online Anda nantinya terganggu. Sedangkan VPS, Anda bebas menggunakannya karena satu server milik Anda. Tapi itu semua juga harus disesuaikan dengan budget yang dimiliki. Itu dulu yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat, dan jangan lupa share ke saudara kita jika Anda suka dengan artikel ini. 🙂 Thanks,

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 × five =