Home » TIPS » Ini Dia Cara Mudah Mendapatkan Modal Usaha

Ini Dia Cara Mudah Mendapatkan Modal Usaha

Modal Usaha

EtalaseBisnis.com – Bagi orang yang awam dalam dunia usaha ketika akan memulai usaha pasti akan mendapatkan banyak kesulitan. Biasanya kesulitan awal yang ditemui adalah mendapatkan modal. Ya, modal (uang) saat ini memang masih menjadi momok para calon pengusaha ketika akan merintis usaha barunya.

Namun, sebagai seorang calon pengusaha faktor-faktor teknis seperti itu jangan dijadikan sebagai masalah utama. Itu baru awal, sebaiknya pikirkan cara lain bagaimana agar bisa mendapatkan modal usaha yang mudah.

Kali ini kami akan berikan beberapa tips yang bisa Anda jalankan untuk bisa mendapatkan modal usaha. Tentu ini tidak harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi Anda.

1. Membuat Proposal Usaha

Buatlah proposal usaha Anda secara rinci. Tuangkan ide dan business plan yang ingin Anda lakukan terhadap bisnis Anda nantinya. Proposal ini nantinya bisa Anda gunakan untuk mencari investor atau pemodal yang bisa membantu pendanaan modal awal usaha Anda. Tentu Anda juga harus menjelaskan dalam proposal tersebut sistem keuntungannya. Apa saja yang investor dapatkan jika ia bisa memodali Anda dengan uang sebesar yang Anda inginkan. Apakah nanti akan ada sistem bagi hasil atau lainnya, itu perlu Anda jelaskan secara rinci.

2. Pinjam Saudara atau Orang Tua

Jika memang uang di tabungan Anda tidak mencukupi untuk digunakan memulai usaha, Anda bisa meminjam uang kepada saudara atau orang tua Anda. Tapi Anda juga perlu membuat surat perjanjian apabila dalam waktu yang telah disepakati bersama tidak bisa mengembalikan maka akan ada resiko yang ditanggung. Nah, itu tergantung dari kesepakatan bersama. Karena jika tidak menggunakan surat perjanjian, meminjam uang saudara itu biasanya akan sangat molor dalam mengembalikan. Anda pun juga harus meyakinkan mereka bahwa Anda akan serius menjalankan usaha tersebut.

3. Mencoba Usaha Tanpa Modal

Anda ingin membuka usaha X, dan modalnya sangat besar. Sudah kesana kemari tidak mendapatkan modal, salah satu cara mudahnya Anda bisa mencoba untuk berwirausaha di bidang lain yang tanpa modal. Sehingga keuntungan tersebut bisa Anda kumpulkan untuk membangun usaha X yang Anda idam-idamkan. Baca artikel berikut (Peluang Usaha: Meraup Keuntungan Dari Usaha Kaos Distro) Dan masih banyak lagi peluang usaha tanpa modal yang bisa Anda lakukan untuk mengumpulkan modal usaha utama Anda.

4. Mengikuti Kompetisi Business Plan

Saat ini banyak lomba-lomba ide bisnis yang mana pemenangnya akan mendapatkan modal untuk merealisasikan ide bisnis tersebut. Anda pun bisa mengikutinya, namun persiapkan diri Anda untuk bersaing dengan calon-calon pengusaha lain. Dalam hal ini yang perlu Anda matangkan adalah Gaya Presentasi, Kualitas Rencana Bisnis Anda, Nilai Guna bisnis Anda, dan keunikan bisnis Anda.



Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × four =