Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Wirausaha Pemula, Program Bantuan Modal Usaha dari KemenkopUKM

Pemerintah terus berusaha untuk membantu para pelaku-pelaku usaha UKM agar bisa berkembang, salah satunya dengan memberikan bantuan modal usaha. Melalui Program Wirausaha Pemula inilah bantuan modal usaha digelontorkan untuk para pelaku wirausaha yang benar-benar membutuhkan.

Hanya saja untuk bisa mendapatkan bantuan modal tidak mudah, karena ada persyaratan khusus dan memang dari pihak Kementerian Koperasi dan UKM juga punya target sasaran sendiri dari program ini.

Sebagai informasi saja, Program Wirausaha Pemula ini muncul berdasarkan keputusan Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM No.12 tahun 2019. Dimana dalam keputusan tersebut isinya program bantuan usaha ini untuk menumbuhkan Wirausaha Pemula agar bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru dan tentunya mengurangi angka kemiskinan.

Program Wirausaha Pemula 2019

Ini bisa jadi solusi para pelaku UKM yang memang ingin mendapatkan stimulan modal usaha, jadi silakan bisa dicoba.

Nah, pihak KemenkopUKM sendiri membuat program ini memiliki tujuan tertentu.

Tujuan Program Wirausaha Pemula

Adapun tujuan bantuan Pemerintah bagi Wirausaha Pemula ini adalah :

  • Untuk menumbuhkan Wirausaha Pemula agar bisa mendukung menciptakan lapangan pekerjaan baru dan mengurangi angka kemiskinan.
  • Untuk memberikan bantuan dana usaha bagi para wirausaha pemula agar bisa memperkuat modal awal usahanya. Sehingga bisa mendukung kesejahteraan masyarakat.

Sasaran Bantuan Program Wirausaha Pemula

Dari pihak KemenkopUKM sendiri sudah memiliki target sasaran dari program ini, yaitu :

  • Daerah Tertinggal, Terluar, Terdepan
  • Kawasan Ekonomi Khusus (KEK)
  • Antar Kelompok Pendapatan (berpendapatan rendah)

Kawasan Ekonomi Khusus itu adalah kawasan yang memiliki batas tertentu yang sudah tercangkup dalam daerah/wilayah untuk menyelenggarakan fungsi perekonomian dan memperoleh fasilitas tertentu.

Contoh Kawasan Ekonomi Khusus ini adalah KEK Tanjung Lesung di Banteng yang merupakan sektor pariwisata, KEK Sei Mangkei di Simalungun, Sumatera Utara yang merupakan sektor industri kelapa sawit dan karet, Pulau Morotai di Maluku Utara yang merupakan sektor industri pengolahan ikan, manufaktur, logistik dan juga pariwisata. Dan masih banyak lagi yang masuk dalam Kawasan Ekonomi Khusus.

Untuk syarat dan tata cara pengajuan Program Wirausaha Pemula ini akan kami ulas di postingan selanjutnya.




25 Comments

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.