Home » TIPS » Tips Jualan Buku Online Agar Dapat Untung Besar
Jual Buku Online Murah

Tips Jualan Buku Online Agar Dapat Untung Besar

Ternyata peluang jualan buku online ini masih berbuka lebar. Padahal sebelumnya saya kira jualan buku secara online itu paling untungnya tak seberapa. Mengingat persaingan dalam produk ini juga semakin tinggi.

Telah kita ketahui, sekarang ini gaya hidup pembeli sudah mulai beralih ke ranah digital. Dari yang semula sering belanja di toko buku konvensional, kini mulai berbelanja buku lewat online.

Mungkin alasannya selain lebih praktis, juga harga yang ditawarka jauh lebih murah. Apalagi membeli buku lewat online atau offline juga sama saja. Maksudnya tidak ada perbedaan fisik, dan pembeli tidak perlu mencobanya. Beda dengan berjualan pakaian, si pembeli memang harus tahu seperti apa bahannya, ukuran pasnya, dan lainnya.

Kalau buku kan yang penting tahu judulnya, sinopsisnya, ya sudah tinggal beli.

Inilah yang saya bilang peluang bisnis buku masih terbuka lebar.

Nah, meski persaingan di online sekarang ini semakin tinggi, tapi tenang, ada tips yang bisa Anda lakukan jika ingin berjualan buku lewat online dan mendapatkan untung besar.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan.

#1 Buatlah Toko Online

Ya, karena Anda akan berjualan secara online, maka akan lebih baik jika membuat toko online. Ciptakan toko online yang menarik dengan desain dan user interface yang mudah dimengerti pembeli. Susunlah buku berdasarkan kategori yang jelas, agar pembeli mudah memilih.

Untuk toko online, sebaiknya juga diperhatikan pemilihan desain yang responsive, agar tampilannya menyesuaikan jika diakses lewat smartphone atau device lain.

Akan sangat baik jika Anda membuat toko online versi aplikasi Android. Perlu Anda tahu, saat ini banyak pengguna internet yang mengakses melalui smartphone.

#2 Kerjasama Dengan Penerbit

Supaya banyak yang membeli buku di toko online Anda, maka harus ada strategi penjualan. Salah satunya dengan memberikan harga jual yang lebih murah dibanding toko online sebelah. Caranya yaitu dengan bekerjasama dengan para penerbit. Dengan mengambil buku langsung dari penerbitnya maka Anda akan mendapatkan harga yang lebih murah, sehingga harga jual pun bisa ditekan lebih rendah.

Jangan hanya sekedar bekerjasama seperti itu saja, tawarkan benefit-benefit lain ke penerbit agar Anda bisa mendapatkan harga yang lebih rendah lagi.

Usahakan jangan hanya bekerjasama dengan satu atau dua penerbit saja, tapi juga berbagai penerbit. Terutama mereka yang telah sering mengeluarkan buku-buku best seller.

Meski nanti Anda mendapatkan harga lebih murah, dan menjualnya lebih rendah dari kompetitor Anda, jangan khawatir dengan keuntungannya. Justru dengan menjual lebih murah, banyak pembeli yang tertarik membeli di toko online Anda. Terapkan saja faktor kali. Untung kecil per bukunya tapi kalau dilipatgandakan akan luar biasa.

Baca juga: Bagaimana Agar Konsumen Kembali Ke Toko Online Anda?

Kalau pun Anda ingin menjualnya sama dengan kompetitor lain, ya bisa saja. Keuntungan per buku yang Anda dapatkan akan lebih besar, tapi di situ masih ada persaingan yang cukup tajam.

#3 Berikan Promo

Nah ini jika Anda ingin menjualnya dengan harga yang sama dipasaran. Maka Anda perlu memberikan promo-promo. Pembeli sangat suka dengan promo, khususnya promo diskon.

Untuk memberikan promo ini Anda harus pandai-pandai melihat situasi dan kondisi. Misalnya pas tahun baru, Anda bisa memberikan promo khusus tahun baru. Terserah bentuknya mau diskon, gratis ongkir, atau apa, yang penting itu promo.

#4 Aktif di Social Media

Jangan lupa untuk aktif menggunakan social media yang ada. Bangun community melalui media-media sosial yang ada. Gunakan saja media sosial untuk membangun komunitas dan bukan fokus untuk berjualan di sana. Penjualan pusatkan saja di toko onlinenya. Jika sudah memiliki community yang besar di media sosial, maka Anda sudah bisa dikatakan memiliki pasar yang tetap.

#5 Bangun E-Mail Marketing

Buatlah toko online yang terintegrasi dengan e-mail marketing. Artinya jika ada pembeli yang membuat akun di toko online Anda, secara otomatis masuk dalam jaringan e-mail marketing Anda. Fungsi dari e-mail marketing ini nanti untuk menjaga komunikasi dengan pembeli atau calon pembeli, dan juga bisa digunakan untuk informasi buku baru, promo dan lainnya. Sebenarnya hampir sama dengan fungsi social media, hanya saja medianya yang berbeda.

Jika Anda pandai mengelola ini, maka penjualan bisa mudah didapatkan dari e-mail marketing.

#6 Branding & Positioning

Jangan lupakan dua hal ini. Tidak terlihat tapi dampaknya bisa berkelanjutan.

Branding merupakan berbagai langkah komunikasi yang tujuannya untuk membangun dan membesarkan brand Anda.

Branding adalah kumpulan kegiatan komunikasi yang dilakukan perusahaan dalam rangka proses membangun dan membesarkan brand. – (Amalia E. Maulana, Brand Consultant & Ethnographer)

Jadi branding bukan semata-mata agar produk Anda menjadi pemenang di mata konsumen, tetapi agar pelanggan juga melihat produk atau brand Anda sebagai yang terbaik diantara pilihan yang ada. Sehingga ini akan melekat dibenak para pelanggan.

Sedangkan Positioning adalah sebuah langkah dalam merancang produk dan proses pemasaran agar menciptakan kesan yang positif di ingatkan konsumen. Sehingga konsumen mampu memahami yang Anda lakukan dengan para kompetitor.

***
Tips di atas tidak selamanya benar dan berhasil untuk Anda terapkan. Karena sejatinya sebaik apapun tips, tetap Anda lah yang menjadi peran utamanya. 🙂 Semoga tips ini dapat dijadikan referensi untuk mengembangkan bisnis jualan buku online Anda.

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

10 + 16 =