Lakukan 5 Hal Ini Untuk Mendapatkan Investor Startup

  • Whatsapp

Investor adalah bagian penting dalam mengembangkan usaha rintisan (startup). Oleh karena itu diperlukan perencanaan yang matang sebelum mencari investor startup. Tempatkan posisimu sebagai investor dan tekankan hal-hal penting yang dapat memenangkan minat investor untuk berinvestasi. 

Langkah Penting Bagi Startup mendapatkan Investor

Perhatikan beberapa hal berikut dalam melakukan perencanaan yang dibutuhkan untuk menarik dana investor startup. Sehingga setiap pertanyaan yang dilontarkan investor, dapat dijawab karena sudah dipersiapkan terlebih dahulu. Berikut adalah poin-poin penting yang perlu kamu siapkan. 

Investor Startup

1. Model Bisnis, Bukan Ide

Langkah pertama yang usaha rintisan bisa lakukan sebelum mendekati  investor adalah membuat model bisnis profesional dengan konsep lengkap. Mulai dari rencana sampai bagaimana cara merealisasikan ide tersebut dalam format model bisnis yang komplit. 

Bisnis startup perlu merancang model bisnis yang sudah dikembangkan dari ide, bukan hanya berbekal ide kasar yang masih berupa gagasan. Hal yang perlu diingat adalah investor perlu melihat rencana bisnis matang yang bisa langsung mendapatkan dana. Bukan ajakan untuk bertemu dan berkonsultasi saja. 

2. Cash Flow Perusahaan

Investor memiliki dana yang usaha startup butuhkan untuk dapat menjalankan usaha. Oleh karena itu, kamu harus transparan mengenai masalah keuangan. Pihak investor dapat menutupi bagian finansial yang usaha startup butuhkan. 

Usaha rintisan dengan cash flow jelas dengan alokasi data terperinci memiliki kemungkinan besar dilirik investor. Mereka akan mempertimbangkan dana yang akan diinvestasikan dan keuntungan yang bisa mereka dapatkan. Pahami itu dan berikan penjelasan yang dapat memuaskan mereka. 

3. Visi dan Misi 

Ketika mencari investor startup, kamu berarti mencari mitra untuk dapat sejalan dengan visi dan misi perusahaan rintisan. Jadi, sejak awal kedua hal tersebut harus dipaparkan dengan jelas untuk memastikan baik usaha rintisan dan investor memiliki kesamaan dalam sudut pandang. 

Bisnis startup bukan hanya membutuhkan bantuan finansial dari investor, ada banyak bantuan dalam bentuk lain yang bisa ditawarkan sebagai bentuk investasi. Kalau memiliki visi dan misi yang jelas tentu investor akan mudah memberikan bantuan sesuai dengan kebutuhanmu. 

4. Riset Investor Startup 

Untuk mendapatkan investor startup yang tepat, bisnis startup tidak bisa menghampiri investor tanpa melakukan riset terlebih dahulu. Kamu perlu menemukan investor yang sesuai sasaran yang diperkirakan akan membantu usahamu berkembang. 

Riset bisa dilakukan dengan berinteraksi dengan banyak investor sebelum menentukan pilihan. Lihat portofolio dan bisnis seperti apa yang mereka investasikan sebelumnya. Pahami juga bentuk investasi dan imbalan yang investor tersebut cenderung inginkan. Kamu bisa mempersiapkan model bisnis yang investor sukai sebelum mereka melihatnya. 

Baca juga : 4 Poin Yang Wajib Dimiliki Pendiri Startup Di Mata Investor

5. Rumuskan Strategi 

Langkah paling penting dalam berburu investor startup adalah memperoleh strategi bagaimana mewujudkan semua hal yang menjadi dasar bisnis startup milikmu. Ide terdengar brilian, tapi kalau sudah masuk implementasi, ada hal-hal yang tidak sesuai dengan realita. 

Hal yang perlu diingat adalah investor yang berpengalaman dalam dunia bisnis memiliki lebih banyak pemahaman mengenai berbagai strategi. Jadi, kamu perlu mempersiapkan strategi yang realis dan dapat dicapai berdasarkan model bisnis yang kamu ajukan. 

Mendapatkan investor startup untuk mendukung usaha rintisan bukanlah hal yang sulit. Coba ikuti langkah-langkah yang sudah dibahas di atas. Ide rintisan mu harus berjalan dan memiliki keuntungan sebelum akhirnya mencari investor untuk lebih mengembangkan lagi usahamu. Jika persiapanmu sudah mendekati sempurna maka bersiaplah menyambut investor untuk bekerjasama.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *