Home » PROPERTI » Perbedaan Hotel dengan Hostel yang Perlu Kamu Tahu

Perbedaan Hotel dengan Hostel yang Perlu Kamu Tahu

Bedanya Hotel dengan Hostel

Tahukah kamu kalau tempat menginap itu banyak sekali jenisnya. Tidak hanya hotel, tetapi juga ada yang namanya hostel. Sayangnya banyak orang yang mengenal istilah hostel. Yang mereka tahu ya hotel saja. Bahkan semua tempat menginap dianggap sama namanya, yakni hotel. Padahal masing-masing beda namanya.

Secara umum, hotel dengan hostel itu sama. Yaitu sama-sama bangunan yang digunakan untuk menginap. Tujuannya sama. Tetapi yang membedakan antara hotel dengan hostel ini adalah bagian biaya dan fasilitasnya. Dua elemen ini yang bisa dijadikan pembeda antara hotel dengan hostel.

Baiklah mari kita bedah satu-satu.

Apa itu Hotel?

Hotel ini memiliki biaya yang relatif tinggi. Biaya menginapnya pun berbeda-beda tiap kelasnya. Hotel sendiri dibagi kelasnya, mulai hotel bintang dua hingga bintang lima. Hotel bintang lima jelas memiliki biaya menginap yang mahal dibanding bintang empat atau bawahnya.

Apa itu Hotel

Itu dari segi biaya.

Fasilitas yang ada di hotel juga bersifat personal. Artinya setiap orang yang menginap akan mendapatkan 1 kamar beserta isinya yang digunakan sendiri. Kalau pun lebih dari satu orang, itu pun mereka satu keluarga. Di dalam kamar akan ada kamar mandi sendiri, mendapatkan berbagai fasilitas kamar seperti televisi kabel, AC, dan ukuran kamar yang besar.

Nah untuk ukuran kamar ini tiap-tiap hotel punya tipe-tipenya lagi. Ada kamar tipe Deluxe, Superior, dan lainnya. Berbedaan antar tipe ini terletak di ukuran ruangnya.

Baca juga : Bedanya Hotel Syariah dengan Hotel Konvensional

Fasilitas pendukung pun juga akan didapatkan penginap, seperti fitness center, kolam renang, restoran, dll.

Apa itu Hostel?

Sekarang kita coba lihat bagaimana hostel itu. Hostel juga buat menginap, tetapi dari segi biaya lebih ramah kantong. Atau hostel ini bisa disebut juga dengan hotel budget. Yang artinya biaya menginap per malam jauh lebih murah dibanding hotel pada umumnya.

Apa Itu Hostel

Mengapa lebih murah? Karena fasilitas yang diberikan juga biasa. Mulai dari kamar, ada kamar yang ukurannya besar tetapi digunakan lebih dari satu orang. Ada yang untuk 6 orang hingga 10 orang, tergantung masing-masing hostel. Tetapi 10 orang ini merupakan penginap yang berbeda lho ya. Jadi kalau kamu menginap di hostel akan satu kamar dengan orang-orang yang belum kamu kenal.

Tapi ada juga kamar yang digunakan sendiri, namun ukurannya sangat kecil.

Masalah fasilitas lain seperti kamar mandi, biasanya menggunakan sistem sharing. Artinya satu kamar mandi digunakan banyak penginap. Jadi kalau kamu mandi atau ke toilet harus antri.

Di hostel ini juga tidak ada pembagian tipe atau kelas seperti yang ada di hotel. Ketika kamu datang ke hostel ya akan diberikan satu pilihan saja. Kalaupun ada beberapa pilihan itu pun fasilitasnya juga sama saja dan harganya masih tergolong murah.

Jangan berharap mendapatkan fasilitas mewah ketika menginap di hostel. Karena fokus dari hostel sendiri adalah memberikan penginapan yang murah. Biasanya yang menggunakan hostel adalah mereka yang suka jalan-jalan, pelancong atau traveller.

Meski digunakan bersama-sama, hostel tetap memberikan ruang privat seperti untuk menaruh barang-barang pribadi agar aman.

Jadi itu sedikit perbedaan antara hotel dengan hostel. Mungkin istilah hostel ini jarang terdengar karena memang jarang diucapkan. Orang-orang lebih suka menyebut penginapan saja daripada hostel. Jadi, kalau kamu ingin mendapatkan penginapan yang murah, mending pilih hostel saja. Risikonya ya bisa satu kamar dengan orang lain. tetapi itu tidak masalah, itu sudah biasa. Bahkan dari situ kita bisa bertukar informasi dan pengalaman.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu ya.

Bagikan artikel ini :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *