Hostel Adalah Versi Murahnya Hotel, Simak Bedanya!

Bedanya Hotel dengan Hostel

Tahukah kamu kalau hostel itu memiliki pengertian yang berbeda dengan Hotel? Sekilas orang menganggap sama, tetapi seperti hostel dengan hotel itu berbeda.

Tempat penginapan itu memiliki banyak jenis. Yang umum kita tahu adalah hotel, tetapi juga ada yang namanya hostel. Sayangnya banyak orang yang mengenal istilah hostel. Yang mereka tahu ya hotel saja. Bahkan semua tempat menginap dianggap sama namanya, yakni hotel. Padahal masing-masing beda namanya.

Secara umum, hotel dengan hostel itu sama. Yaitu sama-sama bangunan yang digunakan untuk menginap. Tujuannya sama. Tetapi yang membedakan antara hotel dengan hostel ini adalah bagian biaya dan fasilitasnya. Dua elemen ini yang bisa dijadikan pembeda antara hotel dengan hostel.

Baiklah mari kita bedah satu-satu.

Apa itu Hotel?

Hotel ini memiliki biaya yang relatif tinggi. Biaya menginapnya pun berbeda-beda tiap kelasnya. Hotel sendiri dibagi kelasnya, mulai hotel bintang dua hingga bintang lima. Hotel bintang lima jelas memiliki biaya menginap yang mahal dibanding bintang empat atau bawahnya.

Apa itu Hotel

Itu dari segi biaya.

Fasilitas yang ada di hotel juga bersifat personal. Artinya setiap orang yang menginap akan mendapatkan 1 kamar beserta isinya yang digunakan sendiri. Kalau pun lebih dari satu orang, itu pun mereka satu keluarga. Di dalam kamar akan ada kamar mandi sendiri, mendapatkan berbagai fasilitas kamar seperti televisi kabel, AC, dan ukuran kamar yang besar.

Nah untuk ukuran kamar ini tiap-tiap hotel punya tipe-tipenya lagi. Ada kamar tipe Deluxe, Superior, dan lainnya. Berbedaan antar tipe ini terletak di ukuran ruangnya.

Baca juga : Bedanya Hotel Syariah dengan Hotel Konvensional

Fasilitas pendukung pun juga akan didapatkan penginap, seperti fitness center, kolam renang, restoran, dll.

Apa itu Hostel?

Hostel adalah sebuah penginapan yang memiliki biaya yang lebih murah dibanding hotel. Beberapa orang menyebut hostel ini dengan hotel budget. Yang artinya biaya menginap per malam jauh lebih murah dibanding hotel pada umumnya.

Apa Itu Hostel

Mengapa lebih murah? Karena fasilitas yang diberikan juga biasa. Mulai dari kamar, ada kamar yang ukurannya besar tetapi digunakan lebih dari satu orang. Ada yang untuk 6 orang hingga 10 orang, tergantung masing-masing hostel. Tetapi 10 orang ini merupakan penginap yang berbeda lho ya. Jadi kalau kamu menginap di hostel akan satu kamar dengan orang-orang yang belum kamu kenal.

Tapi ada juga kamar yang digunakan sendiri, namun ukurannya sangat kecil.

Masalah fasilitas lain seperti kamar mandi, biasanya menggunakan sistem sharing. Artinya satu kamar mandi digunakan banyak penginap. Jadi kalau kamu mandi atau ke toilet harus antri.

Di hostel ini juga tidak ada pembagian tipe atau kelas seperti yang ada di hotel. Ketika kamu datang ke hostel ya akan diberikan satu pilihan saja. Kalaupun ada beberapa pilihan itu pun fasilitasnya juga sama saja dan harganya masih tergolong murah.

Jangan berharap mendapatkan fasilitas mewah ketika menginap di hostel. Karena fokus dari hostel sendiri adalah memberikan penginapan yang murah. Biasanya yang menggunakan hostel adalah mereka yang suka jalan-jalan, pelancong atau traveller.

Meski digunakan bersama-sama, hostel tetap memberikan ruang privat seperti untuk menaruh barang-barang pribadi agar aman.

Jadi itu sedikit perbedaan antara hotel dengan hostel. Mungkin istilah hostel ini jarang terdengar karena memang jarang diucapkan. Orang-orang lebih suka menyebut penginapan saja daripada hostel. Jadi, kalau kamu ingin mendapatkan penginapan yang murah, mending pilih hostel saja. Risikonya ya bisa satu kamar dengan orang lain. tetapi itu tidak masalah, itu sudah biasa. Bahkan dari situ kita bisa bertukar informasi dan pengalaman.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu ya.

Originally posted 2020-10-31 10:04:54.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 Comments

  1. ka mau tanya, saya baru pertama mungkin akan memakai hostel sebagai tempat singgah, namun masih sedikit bingung , ketika kita booking hostel tersebut apa yang tertera itu harga per kaamar ato harga per orangnya ya ka … mohon di bls