Home » PERBANKAN » Cara Mengganti Token Mandiri Yang Rusak

Cara Mengganti Token Mandiri Yang Rusak

Token Mandiri

Bagi yang sering bertransaksi melalui e-banking (Internet Banking) pasti selalu menggunakan token untuk verifikasi kode keamanan. Tanpa menggunakan token tentu transaksi tidak bisa dilakukan.

Nah, sudah beberapa minggu ini saya mendapati token Mandiri saya trouble. Ketika dinyalakan muncul tulisan “disable” dan di pojok kiri ada tulisan “lock“.

Awalnya sih saya tekan-tekan berulang kali terus bisa masuk ke input PIN. Tapi lama-lama tidak bisa. Saya cuma mengira itu karena baterai yang habis saja. ­čśÇ Tapi itu cuma spekulasi saya.

Alhasil kalau mau melakukan transfer atau transaksi lewat Internet Banking Mandiri nggak bisa.

Baca juga: Cara Aman Pembayaran Via Mandiri Internet Banking

Otomatis, saya pun harus menggantinya dengan datang ke Kantor Cabang Bank Mandiri Klaten, kemarin hari Jum’at (11/12).

Nah, bagi Anda yang juga mengalami hal yang sama, berikut ini cara dan persiapan yang harus Anda lakukan sebelum mengganti Token di KCP Mandiri.

1# Siapkan Dokumen Anda

Pastikan Anda membawa dokumen ini:

  • Buku Tabungan Bank Mandiri
  • Kartu ATM Bank Mandiri
  • KTP

Dokumen tersebut dibutuhkan untuk proses administrasi penggantian Token Mandiri.

2# Jangan Lupa Bawa Token Mandiri Anda Yang Rusak

Bawalah token Mandiri Anda yang rusak, karena nantinya barang ini yang akan diganti dengan baru. Bukan diperbaiki lho ya. Tapi diganti dengan baru.

3# Siapkan Uang Rp 100 Ribu

Ya…jangan lupa juga menyiapkan uang Rp 100 Ribu untuk biaya penggantian Token Mandiri. Awalnya saya kira gratis atau biaya lebih kecil dari itu, tapi ternyata ada biaya administrasinya untuk penggantian Token ini, yakni sebesar Rp 100 Ribu. Saya rasa di semua kantor cabang Mandiri biaya sama. Lebih baik tanya dulu sama CS nya.

4# Datang ke Kantor Cabang Mandiri Dengan Baju Rapi

Datanglah ke Kantor Cabang Mandiri dengan baju yang rapi agar Anda tidak dikira perampok bank. Selain itu pastikan datang pada jam kerja ya, jangan hari libur. ­čśÇ Setelah sampai di Bank Mandiri, sapa Pak Satpam dengan senyuman dan bilang jika ingin mengganti Token Mandiri.

Setelah diberi nomor antrian, silahkan Anda menunggu hingga dipanggil.

5# Sampaikan Masalah Anda Kepada CS

Setelah dipanggil CS, sapa CS dan sampaikan masalah Anda jika Token Anda rusak. Berikan alasan kenapa bisa rusak. Kalau rusak sendiri ya bilang saja.  Setelah deal bahwa itu memang harus diganti, Anda akan diberikan formulir untuk diisi. Formulir tersebut isinya identitas Anda.

6# Aktivitasi Kembali Token Baru Anda

Cukup menunggu beberapa menit, Anda akan diberikan token Mandiri yang baru. Dan Anda bisa melakukan aktivasi langsung di tempat dengan dibantu oleh CS. Saran saya lebih baik dilakukan aktivasi di tempat, karena apabila Token barunya tidak berfungsi bisa segera ditukar kembali. Nah, untuk aktivasinya harus login ke Internet Banking Anda, jadi pastikan CS jangan mengetahui Username & Password Anda, dan juga pastikan jika sudah selesai akun Anda sudah di Logout. Jaga-jaga saja sih ­čśÇ

Selamat…Anda sudah berhasil mengganti token Mandiri dengan yang baru.

Kemarin saya sempat mengobrol dengan CS perihal kenapa Token ini bisa trouble. Katanya ada beberapa faktor, yakni diakibatkan karena di taruh pada tempat yang lembab, buat mainan anak kecil atau bisa jadi terjatuh.

Dari faktor di atas, penyebab token Mandiri saya trouble mungkin dikarenakan kondisi ruangan yang lembab. Dan saya sering menyimpan token di dalam almari meja kerja. Hhm.

Baiklah, ini tips singkat dari saya untuk mengatasi masalah token Mandiri yang rusak. Semoga bermanfaat.

Bagikan artikel ini :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *