Home » PELUANG USAHA » Peluang Usaha Online Untuk Orang Desa

Peluang Usaha Online Untuk Orang Desa

Orang Desa
Ilustrasi via nusantaranews.co

Sekarang ini siapapun bisa punya usaha dengan cara yang mudah. Hanya mengandalkan koneksi internet dan perangkat komputer atau telepon seluler saja, kita bisa dengan mudah memiliki usaha. Jangan salah, meskipun usaha online, tetapi dari segi keuntungan tidak kalah. Justru kalau ditekuni bisa mendatangkan omzet yang besar. Karena jangkauannya tidak terbatas.

Nah bagi orang desa yang notabene kebanyakan mengandalkan usaha offline seperti membuka warung kelontong, jual pupuk untuk petani, atau membuka kios berjualan aneka kebutuhan sehari-hari, kini bisa mulai berjualan online.

Secara sekarang ini jaringan internet seluler sudah menyebar ke seluruh daerah. Tidak hanya daerah kota saja yang mendapatkan sinyal bagus, di desa pun sekarang sudah banyak provider seluler yang memiliki jaringan internet bagus. Tentu ini bisa dimanfaatkan oleh orang desa untuk membuka usaha berbasis online.

Sayangnya banyak yang belum tahu dan mau memanfaatkan teknologi internet ini. Kebanyakan orang desa masih mengandalkan usaha konvensional saja. Bahkan menganggap dunia online itu tabu, dan masih takut menggunakannya.

Memang dibutuhkan pemahaman dan edukasi dari sisi SDM dulu sebelum mengajak orang desa untuk punya usaha online. Tetapi kali ini EtalaseBisnis ingin berbagi beberapa peluang usaha online yang bisa dimanfaatkan oleh orang desa. Syukur-syukur dengan adanya usaha online ini nanti dapat menambah pendapatan, tanpa harus meninggalkan pekerjaan aslinya yang mana itu merupakan citra orang desa.

Berikut beberapa peluang usaha yang dapat dilakukan.

#1. Berjualan Produk Desa

Kita tahu, beberapa desa biasanya punya produk unggulan, khas dari desa itu. Apalagi sekarang ini dengan adanya Dana Desa, Pemerintah Desa mulai mengembangkan BUMDes dengan mengangkat produk-produk desa. Nah, produk-produk desa seperti kerajinan, makanan khas, dan lainnya itu, dapat dipasarkan melalui online. Orang desa bisa membuat website toko online atau paling tidak membuka toko di beberapa marketplace yang ada seperti Tokopedia atau Bukalapak.

Produk desa ini justru akan banyak diminati khususnya oleh orang-orang kota. Karena orang kota menganggap produk desa ini unik dan khas, disitulah nilainya. Dengan dijual secara online, maka akan lebih banyak orang yang tahu tentang produk-produk desa yang sejatinya punya kualitas dan pasar yang bagus.

#2. Membuka Layanan Pembayaran Online (All in One)

Biasanya orang desa itu kalau mau bayar tagihan seperti listrik, BPJS, dan tagihan atau pembayaran lain harus ke tempat yang jauh. Atau mungkin hanya terpaku pada satu tempat pembayaran saja. Nah, ini peluang untuk Anda sebagai orang desa yang melek teknologi untuk membuka layanan pembayaran online All in One.

Caranya bagaimana? Sekarang ini kan banyak sekali layanan online yang menyediakan pembayaran untuk semua jenis produk. Seperti PLN, PDAM, Telepon Rumah, Asuransi, Tiket Kereta/Pesawat, dll. Nah, Anda tinggal mendaftar di layanan itu nantinya tinggal topup saldo, dan Anda tinggal melayani pembayaran itu dari semua warga.

Baca juga : Peluang Bisnis: Cara Sukses Berbisnis Pulsa

Misalnya saja Anda ingin menggunakan layanan dari KUDO, Anda tinggal mendaftar di sini untuk menjadi agen KUDO. Pendaftarannya pun gratis, dan nanti ketika akun Anda sudah aktif, Anda sudah bisa mengisi saldo akun agen Anda, agar bisa digunakan untuk melakukan pembayaran seperti PLN Pascabayar, PDAM, Token PLN, Pulsa, Voucher Game, Beli Tiket Pesawat dan Kereta, Bayar BPJS, dll. Coba Anda daftar sebagai agen KUDO dulu di sini.

Yang menarik adalah, Anda akan mendapatkan komisi di setiap transaksinya. Jadi misalnya Anda melayani pembayaran BPJS, maka Anda akan mendapatkan komisi di setiap transaksinya. Jadi bisa dikatakan itu keuntungan Anda, tetapi Anda juga bisa mengambil untung sendiri. Menarik kan. Anda cuma butuh modal smartphone saja.

#3 Membuka Jasa Online

Yang menjadi masalah bagi orang desa itu adalah tidak mau menyadari potensinya. Sebenarnya punya potensi dan keahlian tetapi tidak dikembangkan. Karena hanya fokus bekerja yang penting mendapatkan uang. Malah kadang ada yang rela kerja merantau, apapun itu kerjaannya. Nah, kalau Anda punya keahlian tertentu, bisa dijadikan jasa.

Misalnya saja Anda punya keahlian dalam menulis, Anda bisa membuka jasa penulisan artikel secara online. Kalau punya keahlian menggambar / desain, bisa buka jasa desain secara online. Jangan salah, pasarnya sangat luas dan Anda kerjanya nanti cukup di rumah di depan komputer yang terpasang internet. Enak kan.

Baca juga : Peluang Usaha: Suka Nulis? Buka Saja Jasa Penulis Artikel

Kini saatnya orang desa memanfaatkan teknologi yang ada untuk berwirausaha. Sehingga orang-orang desa tidak perlu jauh-jauh merantau ke luar kota. Supaya orang-orang hebat di desa tidak keluar dari desanya dan bisa membangun desanya.

Jadi itu saja beberapa peluang usaha online yang bisa dilakukan oleh orang desa. Mohon maaf sebelumnya jika ini terlalu menyinggung soal orang desa. Tetapi kami tidak berniat untuk membeda-bedakan. Kami hanya ingin memberikan informasi dan referensi bagi orang yang tinggal di desa agar bisa memanfaatkan teknologi yang ada. Salam sukses!

Bagikan artikel ini :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *