Home » PELUANG USAHA » Peluang Usaha Kopi Keliling, Ini Modal Peralatan yang Kamu Butuhkan

Peluang Usaha Kopi Keliling, Ini Modal Peralatan yang Kamu Butuhkan

Sekarang ini minum kopi bukan sekadar untuk melepas rasa kantuk saja. Namun lebih dari itu minum kopi sudah menjadi gaya hidup dan tradisi orang-orang yang ingin benar-benar menikmati kopi dari rasanya. Nah, ini pun bisa jadi peluang usaha manis bagi kamu yang memang ingin terjun di dunia perkopian.

Sederhana saja dan tidak perlu membutuhkan modal besar untuk membuat sebuah cafe, kamu cukup membuka usaha kopi keliling. Di beberapa kota sudah ada yang menjalankan usaha ini, baik menggunakan sepeda maupun kendaraan bermotor.

Artikel terkait :

Tentu ini unik, karena untuk bisa menikmati kopi jika perlu memanggil ‘tukang seduh kopi’ dulu. Dan asik berjualan kopi keliling adalah memiliki konsumen yang benar-benar ingin menikmati kopi dari cita rasanya.

Nah supaya usaha kopi keliling kamu ini lebih khas dan unik, tentu harus dibuat berbeda dari yang lainnya. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan membuat kopi secara manual. Bukan berjualan kopi sachetan. Untuk itu kamu perlu modal peralatan untuk melengkapi usaha kopi keliling. Berikut beberapa peralatan yang kamu butuhkan.

Coffee Grinder

Ini adalah alat penggiling kopi. Dan karena kamu ingin berjualan kopi secara keliling, maka yang dibutuhkan cukup hand grinder atau alat penggiling kopi manual. Cara penggunaannya cukup diputar pakai tangan. Dengan menggunakan proses manual seperti ini juga akan menarik antusias konsumen. Apalagi jika konsumen belum pernah membuat kopi sendiri.

Coffee Grinder

Dan yang perlu diketahui, kopi yang enak itu katanya yang langsung diproses (seduh) setelah kopi digiling. Jadi ini bisa dijadikan edukasi juga ke konsumen.

Hand grinder ini harganya bervariasi, tergantung model, kualitas dan brand. 😀 Untuk range harganya mulai dari Rp 200rb – Rp 600rb.

Alat Seduh Kopi

Kalau ada konsumen yang suka kopi tubruk, ya langsung dibuatkan saja setelah digiling. Tetapi jika ada konsumen yang menginginkan kopi dengan cita rasa yang lebih kuat dan tanpa ampas, sebaiknya diproses menggunakan alat seduh kopi.

Brewing Coffee

image via ncausa.org

Banyak sekali alat seduh kopi manual yang bisa digunakan. Modelnya pun juga banyak. Ada French Press, Vietnam Drip, dll.

Alat penyeduh kopi manual ini harganya mulai dari Rp 100ribuan.

***

Itu dua peralatan tempur utama yang perlu dimiliki jika kamu ingin membuka usaha kopi keliling. Tetapi kamu juga perlu melengkapinya dengan peralatan pendukung lainnya.

Untuk kopinya sendiri kamu bisa membelinya di coffee roaster.

Meskipun terlihat sederhana, tetapi berjualan kopi keliling tidak serta merta mudah. Kamu perlu belajar dulu bagaimana meramu kopi akan memiliki cita rasa yang khas. Untuk itu kamu perlu belajar cara menggiling kopi yang benar, mengenali tingkat kehalusan gilingan, hingga cara menyeduh kopinya.

Dengan demikian kamu tidak hanya menjual proses pembuatan kopi saja, tetapi kopi yang kamu hasilkan rasanya bisa diterima semua kalangan.

Selamat mencoba!

Bagikan artikel ini :


One Comment

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *