Home » PELUANG USAHA » Peluang Usaha Ayam Potong Masih Menjanjikan, Ini Alasannya

Peluang Usaha Ayam Potong Masih Menjanjikan, Ini Alasannya

Usaha Ayam Potong

Berwirausaha dibidang peternakan itu memang sangat menjanjikan. Sayangnya usaha ini membutuhkan lahan yang cukup besar jika ingin mendapatkan omzet yang besar pula. Seperti halnya usaha peternakan ayam potong, Anda membutuhkan lahan yang luas agar setiap panen bisa meraup untung banyak dan tidak sia-sia beternaknya.

Peluang usaha ayam potong ini masih besar pasarnya. Karena ayam sendiri hingga saat ini masih menjadi konsumsi daging terbanyak di kalangan masyarakat setelah daging sapi.

Selain itu yang membuat Anda harus beternak ayam potong adalah karena alasan ini.

#1 Konsumsi banyak orang

Seperti yang sudah kami katakan, ayam masih menjadi konsumsi terbesar di kalangan masyarakat baik lapisan atas hingga bawah. Setiap minggunya rata-rata orang mengkonsumsi ayam. Itu pun baru untuk kalangan rumahan. Belum lagi pasar bisnis kuliner ayam yang terus meningkat. Jelas, pasokan ayam potong sangat dibutuhkan.

#2 Ayam masih menjadi makanan yang ‘mewah’

Meskipun banyak pilihan makanan (daging/ikan), ayam masih saja dianggap sebagai makanan yang ‘mewah’. Di acara-acara besar maupun kecil, pasti harus ada ayam. Daging ayam dianggap menu makanan yang cocok untuk semua kalangan.

#3 Harganya terjangkau

Ayam termasuk daging yang masih memiliki harga terjangkau bagi setiap kalangan. Untuk itu permintaan terhadap daging ayam ini terus meningkat. Harganya sangat bersahabat dikantong kalangan menengah hingga atas. Meskipun harganya sangat terjangkau, daging ayam bisa menjadi mahal jika telah diolah menjadi masakan yang mewah.

#4 Kandungan Gizi tinggi

Untuk mendapatkan asupan gizi, daging ayam masih menjadi solusi. Kandungan protein hewani, vitamin, mineral, dan zat-zat lain ada di daging ayam. Daging ayam pun sangat ramah untuk semua orang termasuk yang memiliki penyakit tertentu.

#5 Menyebarnya Kuliner Ayam

Sekarang ini banyak sekali warung makan atau restoran yang menyajikan menu daging ayam. Dan uniknya daging ayam dapat diolah menjadi varian menu masakan yang berbeda setiap warung makan. Inilah yang membuat permintaan daging ayam terus naik dan tidak akan ada habisnya.

#6 Perawatan mudah

Berwirausaha ternak ayam potong ini sangat mudah perawatannya. Asal dijaga kebersihannya, dan dikontrol pola makan ayamnya, pasti hasilnya akan bagus.

Kalau Anda memiliki lahan kosong yang cukup luas, ada baiknya dijadikan sebagai kandang ternak ayam. Tapi perlu diperhatikan juga masalah lingkungan. Kalau dekat dengan pemukiman warga, mending didiskusikan dulu dengan warga setempat. Karena kotoran ayam dapat mengganggu kenyamanan warga.

Bagikan artikel ini :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *