Home » INVESTASI » 5 Keuntungan Investasi Emas Yang Bisa Anda Dapatkan

5 Keuntungan Investasi Emas Yang Bisa Anda Dapatkan

Keuntungan Investasi Emas
Image: suaramerdeka.com

Berbagai jenis pilihan investasi bisa Anda pilih sesuai dengan kemampuan dan kondisi ekonomi Anda. Akan tetapi alangkah baiknya jika Anda mencari pilihan investasi yang memiliki resiko kecil. Investasi emas bisa Anda coba, karena investasi ini bisa dibilang memiliki risk yang kecil. Tapi bukan berarti investasi emas bebas dari resiko lho.

Semua jenis aset investasi itu pasti memiliki resiko. Ada sebuah rumus jika dalam dunia bisnis, yakni Low Risk Low Return, High Risk High Return. Ya, jadi apabila Anda menginginkan keuntungan yang besar maka beranilah berhadapan denganr resiko yang besar pula. Seperti misalnya investasi saham atau reksadana, yang mana Anda bisa mendapatkan keuntungan yang sangat besar tetapi juga akan berhadapan dengan resiko yang siap menghantui Anda.

Akan tetapi semua itu bisa disiasati. Salah satu caranya adalah dengan mengetahui karakteristik atau ciri dari jenis investasi itu sendiri.

Nah, bicara soal keuntungan investasi emas, investasi ini memang memiliki perbedaan dari jenis investasi yang lain. Salah satu pembedanya adalah nilai emas selalu tinggi. Sehingga peluang inilah diminati beberapa masyarakat untuk membeli emas sebagai bentuk investasinya.

Ada beberapa keuntungan yang didapatkan dari investasi emas ini.

1. Emas Bersifat Liquid (Mudah Dicairkan)

Artinya jika Anda sewaktu-waktu membutuhkan dana untuk keperluan Anda yang mendesak, maka Anda bisa segera menjual emas yang Anda miliki tersebut. Dana invetasi dari emas ini tentunya bisa digunakan untuk pendanaan apa saja.

2. Nilai Kekayaan Anda Tidak Akan Turun

Dengan investasi emas maka kekayaan yang Anda miliki akan terlindungi. Artinya tidak ada penyusutan. Hal ini dikarenakan harga emas setiap tahunnya mengalami kenaikan, ya meskipun beberapa waktu mengalami penurunan tetapi itu tidak konstan. Sehingga misalnya Anda memiliki dana Rp 500.000.000 dan dibelikan emas batangan, maka beberapa tahun ke depan nilainya akan sama atau justru akan bertambah. Emas juga tahan terhadap inflasi.

3. Emas Bisa Dijadikan Jaminan

Jika Anda ingin mencari tambahan modal usaha, maka emas bisa Anda jadikan sebagai agunan. Atau juga bisa Anda gadaikan, sehingga akan mempercepat Anda dalam mendapatkan tambahan modal usaha.

4. Kadar Resiko Menengah Ke Bawah

Berinvestasi emas memiliki resiko yang rendah hingga menengah. Akan tetapi hasilnya akan mengalami kenaikan pada waktu tertentu.

5. Emas Awet

Emas merupakan jenis logam yang awet. Meski didiamkan bertahun-tahun, emas tidak akan berkarat. Sehingga tidak mengurangi nilai jual emas tersebut.

Dari keuntungan investasi emas di atas, sayangnya ada satu kerugian yang dimiliki. Jika dulu emas tidak dikenakan pajak, sekarang mulai tahun 2015 dikenakan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM). Sehingga, siap-siap saja mengurus pajak untuk kepemilikan emas ini.



Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × 1 =