Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Keunggulan Investasi Saham Syariah

EtalaseBisnis.com, Investasi Saham Syariah – Investasi saham memang menawarkan keuntungan yang menggiurkan, meski begitu, sebagian orang juga berpendapat bahwa investasi saham sebenarnya bertentangan dengan prinsip agama, terutama untuk yang beragama islam. Sebagai alternatif untuk mengatasi masalah itu, produk investasi saham syariah, ternyata tersedia dan sudah terdaftar di pasar modal.

Bagi Anda yang memang lebih memilih produk investasi syariah, tidak perlu khawatir dengan transaksi saham syariah ini. Pasalnya, saham syariah sudah di desain sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Pilihan-pilihan saham syariah juga beragam, Anda tidak perlu ragu untuk menginvestasikan uang Anda dalam bentuk saham. Selain itu, berinvestasi saham syariah juga dapat menggerakan ekonomi.

Baca juga : 42 Istilah – Istilah di Bursa Saham yang Wajib Dipahami Para Pemula

Apa Saja Keunggulan Investasi Saham Syariah?

Investasi Saham Syariah

Memilih produk investasi tentunya harus seimbang dengan keunggulan yang ditawarkan. Dengan begitu, kita akan mendapatkan keuntungan yang maksimal. Berikut ini beberapa keunggulan investasi saham syariah yang tentunya sesuai dengan prinsip syariah:

# Investasi Sesuai dengan Ajaran Agama

Saham –saham syariah  yang tercatat di pasar modal telah dijamin kehalalanya oleh MUI (Majelis Ulama Indonesia). Maka dari itu, bagi Anda yang ingin memulai investasi dengan saham syariah, tidak perlu ragu lagi.

# Terdapat Saham Likuid dan Masuk Indeks LQ45

Khusus untuk saham syariah, ternyata ada beberapa saham LQ45 yang dikategorikan sebagai saham syariah. Maksudnya, saham-saham tersebut bestatus aktif dan bisa diperdagangkan. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah untuk membelinya serta mudah juga untuk dijual tanpa harus menunggu lama.

# Terdapat Saham Blue-chip yang Minim Resiko Penurunan Harga

Selain saham syariah likuid, terdapat juga saham blue chip ( saham kapitalisasi besar) yang masuk dalam kategori saham syariah. Saham blue chip ini juga minim resiko penurunan harga yang terlalu dalam, sehingga bisa lebih aman saat dijadikan pilihan investasi saham.

# Memperoleh Keuntungan lewat Capital Gain atau Pembagian Dividen

Anda yang memilih investasi saham syariah ini, bisa menikmati keuntungan yang sama seperti investor saham lainya, baik melalui dividen maupun capital gain. 

Dalam arti, jika saham milik Anda bertumbuh dan mencapai target harga, maka Anda bisa menjualnya agar mendapatkan keuntungan (capital gain). Kemudian, jika saham yang dimiliki setiap tahunya berbagi keuntungan dengan investor, maka Anda akan mendapat dividen setiap tahunya.

Bagaimana Cara Investasi Saham Syariah yang Benar? 

Setelah memahami tentang saham syariah dan keunggulan dari investasi saham syariah di atas, Saatnya Anda mengetahui cara investasi saham syariah yang benar. Berikut ulasanya:

1. Miliki Rekening Saham yang Bisa dibuka di Perusahaan Sekuritas

Ingin berinvestasi saham syariah? Pastikan Anda memiliki rekening saham terlebih dulu. Pastikan Anda membuat rekening saham syariah ini di beberapa perusahann seperti Mandiri sekuritas, BCA sekuritas,  BNI Sekuritas, MNC sekuritas, IndoPriemier, Valbury dan Samuel Sekuritas Indonesia. BEI juga memberikan akun rekening dana nasabah (RDN), Single investor identification (SID) serta Sub rekening efek (SRE). Anda juga dapat menggunakanya untuk investasi reksa dana, ETF dan obligasi.

2. Mengenai Daftar Saham Syariah dengan Indeks Saham Syariah

BEI juga menyediakan informasi indeks saham syariah, agar Anda dapat mengetahui apa saja saham syariah yang dimiliki. Beberapa indeks saham syariah yang terdapat di BEI seperti:

  • ISSI (Indeks Saham Syariah)
  • Jakarta Islamic Index (JII)
  • Jakarta Islamic Indek 70 (JII70 Index)

3. Beli Saham dengan Analisa Fundamental maupun Teknikal

Saham dilihat dengan fundamental, bisa Anda cek di menu ringkasan performa perusahaan yang tercatat di website IDX. Pastikan saham syariah ini memiliki kapitalisasi pasar yang besar. Tujuanya, agar saham ini tidak mudah jatuh harganya. Contoh saham syariah blue chip. Kemudian, saham tersebut dianalisis secara teknikal, dengan melakukan cek pergerakan harga saham di chart. Chart tersebut disediakan oleh RTI atau di investing.com. 

4. Perdalam Pengetahuan Tentang Saham 

Berinvestasi saham harus terus dipelajari, agar dapat berjalan secara maksimal. Perkaya pengetahuan Anda dengan banyak membaca buku tentang investasi saham, seperti karya Benjamin Graham dengan judul The intelligent Investor dan Security Analysis. Jangan ragu juga untuk mengikuti sekolah pasar modal yang diselenggarakan BEI untuk update informasi seputar keuangan dan investasi saham.

Baca juga : Produk Investasi Pasar Modal Syariah yang Wajib Diketahui

Rekomendasi Saham Syariah untuk Dibeli

Sebagi bonus bagi Anda yang ingin memulai investasi saham syariah, berikut ini ada beberapa saham-saham syariah yang dinilai berdasarkan pergerakan harga 5 tahun terakhir dan  direkomendasikan untuk Anda beli:

  • Unilever Indonesia (UNVR), saham ini cukup mahal, per lembarnya dihargai Rp. 45 ribu (per 10 Juli 2019). Harga mencerminkan minat yang besar terhadap saham ini. Pergerakan saham UNVR juga cenderung naik. Saham ini juga masuk kategori blue chip. 
  • Indofood CBP Sukses Makmur (ICBP), saham ini dijual dengan harga Rp. 10.125 per lembar (per 10 Juli 2019). Memiliki revenue dan profit yang meningkat terus setiap tahunya. Saham ini juga termasuk saham syariah blue chip.
  • Telekomunikasi Indonesia (TLKM), harga saham TLKM saat ini diharga Rp. 4.290 per lembarnya (per 10 Juli 2019). Profit dan revenuenya terus meningkat. Saham TLKM juga termasuk blue chip.

Demikian informasi mengenai saham syariah. Semoga dapat menambah wawasan Anda serta memberikan gambaran mengenai bebas riba dengan saham syariah beserta keunggulanya. Semoga bermanfaat.



Baca Artikel dari Tags:

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.