Home » BISNIS ONLINE » Mengapa Biaya Jasa SEO Website Mahal?

Mengapa Biaya Jasa SEO Website Mahal?

ETALASEBISNIS.com – Biaya optimasi SEO Website mahal? Ya, wajar. Tetapi masih banyak yang belum tahu khususnya para pebisnis yang awam soal optimasi SEO. Sebagian besar menganggap menggunakan jasa SEO itu murah, bisa ratusan ribu saja.

Padahal sebenarnya jika ingin mengoptimalkan website melalui jasa SEO harus menyiapkan modal yang cukup besar. Bisa jutaan bahkan puluhan juta.

Ya karena proses optimasi SEO sendiri tidaklah mudah. Banyak hal yang menyebabkan mengapa biaya jasa SEO website itu bisa mahal. Pengen tahu? Berikut beberapa hal yang menjadi penyebabnya.

Baca juga : SEO, Solusi Meningkatkan Pengunjung Toko Online

#1 Persaingan yang semakin tinggi

Di era digital sekarang ini, banyak pemilik website yang ingin menaikan websitenya di halaman pertama mesin pencari. Alhasil ini akan menambah persaingan. Ditambah pula semakin banyak lahirnya pebisnis online yang juga membuat persaingan bisnis online semakin menekan.

Karena persaingan yang tinggi dan banyak produk serupa yang dijual secara online, maka penyedia jasa SEO juga butuh cara dan strategi untuk dapat memenangkan persaingan di mesin pencari.

Bayangkan saja jika misalnya dulu hanya 10 website, sekarang bisa ratusan website yang bersaing di kata kunci yang sama. Tugas SEO Spesialist pun akan bertambah berat.

#2 Butuh waktu tidak sebentar

Banyak yang mengira untuk menaikan website di halaman pertama butuh waktu dalam hitungan mingguan saja. Padahal untuk menaikan website di halaman pertama mesin pencari itu butuh waktu berbulan-bulan. Itu pun juga tergantu dari persaingan kata kunci.

Kalau kata kunci yang diinginkan persaingannya tinggi, maka semakin butuh waktu lama. Karena SEO Spesialist harus menyusun strategi baru untuk memenangkan persaingan itu.

#3 SEO bukan ilmu pasti

Ilmu optimasi SEO bukanlah ilmu pasti. Misalnya sekarang mengoptimasi website A dengan strategi A, belum tentu strategi A itu bisa digunakan di website B. Setiap website baru yang akan dioptimasi, harus dikaji, direview, apa saja kekurangan dan kelebihannya. Dari situ baru disusun strategi untuk optimasinya.

#4 SEO strategi marketing jangka panjang

Melihat dampak dari optimasi SEO yang dibisa dirasakan dalam jangka pangjang, ini juga yang menjadi dasar mengapa biaya jasa SEO mahal. Misalnya optimasi SEO dilakukan dalam waktu 3 bulan, maka dampaknya bisa dalam 1 tahun.

Baca juga : Ingin Melakukan Pemasaran Online? Siapkan 3 Hal Berikut Ini

#5 Optimasi SEO tidak mudah

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa optimasi SEO tidaklah mudah. Butuh strategi dan waktu yang banyak untuk dapat menaikkan kata kunci yang diinginkan. Strategi riset keyword, link building, semua itu juga butuh biaya yang tidak murah. Wajar bila penyedia jasa SEO memberikan penawaran harga yang mahal.

SEO Process

***

Sebenarnya biaya untuk optimasi SEO itu relatif. Semua itu bisa disesuaikan dengan permintaan klien dan faktor teknisnya. Namun, apabila Anda memang berniat untuk mengembangkan website Anda dari sisi SEO, saran kami jangan tanggung-tanggung. Kalau memang harus mengeluarkan biaya yang mahal ya silahkan lakukan. Yang penting dari penyedia jasa SEO benar-benar berkomitmen dan bertanggung jawab untuk menghasilkan perubahan yang positif untuk website Anda.

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eighteen − 6 =