Home » BISNIS ONLINE » Bisnis Online Untuk Ibu Rumah Tangga Yang Mudah Dijalankan
Bisnis Ibu Rumah Tangga
(c) www.masfrandy.com

Bisnis Online Untuk Ibu Rumah Tangga Yang Mudah Dijalankan

Terkadang menjadi dilema bagi sebagian perempuan yang telah berstatus sebagai istri untuk memutuskan tetap bekerja atau menjadi ibu rumah tangga. Kalau belum dikaruniai seorang anak, mungkin bisa saja bekerja itung-itung membantu suami. Tetapi jika sudah memiliki buah hati? Bisa jadi pilihan untuk tetap bekerja atau tidak akan menjadi dilema besar bagi seorang istri.

Sejatinya tanggung jawab mencari nafkah itu adalah urusan suami, tetapi kebutuhan ekonomi rumah tangga kadang menuntut istri untuk turut membantu dalam mencari solusi untuk mengatasi masalah ekonomi.

Tapi tenang saja, sekarang ini eranya teknologi, mari kita gunakan teknologi dengan cerdas. Anda sebagai istri bisa tetap membantu suami memperbaiki ekonomi sekaligus fokus untuk menjadi ibu rumah tangga mengasuh anak di rumah.

Ya, dengan bisnis online, seorang ibu rumah tangga kini bisa mendapatkan kerja sambilan yang menyenangkan sambil mengawasi perkembangan anak. 🙂

Nah, berikut ini beberapa bisnis online untuk ibu rumah tangga yang mudah dijalani dan tanpa harus mengganggu pekerjaan sebagai ibu rumah tangga.

1. Jualan Produk Secara Online

Ibu rumah tangga bisa berjualan tanpa harus keluar rumah, cukup melalui toko online atau marketplace online maka sudah bisa berjualan produk secara online. Banyak banget yang bisa dijual, misalnya dengan berjualan baju-baju wanita, produk bayi, produk handmade, dan lain-lain. Untuk masalah produk, Anda bisa mencari supplier produk-produk unik. Sekarang ini banyak yang mencari produk-produk unik di internet, seperti bantal buah, berbagai produk handmade, dan masih banyak lagi.

Atau Anda juga bisa mencari pegadang offline di sekitar Anda, lalu diajak kerjasama, Anda yang memasarkan via online nanti dia yang mengurusi masalah pengiriman barangnya.

Yang Anda butuhkan untuk menjual produk secara online ini adalah memiliki toko online. Jika Anda belum memiliki toko online, Anda bisa memesannya di jasa pembuatan website dan toko online. Biayanya cukup murah. Selain itu Anda juga bisa menggunakan media marketplace online yang sudah ada seperti Tokopedia, Bukalapak, OLX, dan lain-lain.

2. Menjadi Web Publisher

Jika tidak mau dipusingkan dengan proses jual beli online, Anda Ibu Rumah Tangga bisa menjadi Web Publisher. Bagaimana cara kerjanya? Yang pertama Anda harus memiliki website jenis blog. Nah, kerjaan Anda harus mengupdate artikel blog secara rutin. Untuk incomenya, Anda bisa mendaftar sebagai publisher program PPC (Pay Per Click) seperti Google AdSense. Google AdSense adalah program penayangan iklan dari Google yang bekerjasama dengan blogger. Nanti di blog Anda akan terdapat iklan yang bisa jadi pemasukan pendapatan Anda.

Sistem kerja Publisher Iklan seperti ini:
Anda membuat website (blog) > menampilkan kode iklan > pengunjung melakukan klik di iklan > Anda mendapatkan komisi.

Nah, jadi tugas utama Anda adalah melakukan update artikel rutin website/blog Anda.

3. Menjadi Affiliate Marketer

Bisnis online yang satu ini hampir mirip dengan PPC Google AdSense. Tapi bedanya affiliate marketing ini untuk memperoleh komisi bukan dari Per Click yang didapatkan dari banner iklan, tetapi jika ada konversi penjualan atau aksi lain yang ditentukan dalam program afiliasi tersebut. Jadi sistem kerjanya, Anda menaruh banner atau link afiliasi di blog Anda masing-masing. Jika ada orang mengklik banner atau link afiliasi tersebut dan melakukan aksi entah itu membeli produk atau mendaftar atau lainnya, Anda akan mendapatkan komisi yang telah ditentukan. Saya merekomendasikan Anda untuk mendaftar sebagai publisher di afiliasi marketing AccessTrade, karena banyak sekali pilihan produk afiliasinya dan juga komisinya besar. Daftar di sini.

4. Berjualan Produk Digital

Anda ingin tetap jual beli tetapi tidak ingin repot harus packing produk dan lain-lain? Gampang, Anda bisa berjualan produk digital. Apa saja itu produk digital? Contohnya seperti ebook, video, audio, aplikasi, dll. Semua itu bisa disesuaikan dengan topik tertentu. Misalnya berjualan produk digital ebook cara cepat hamil, atau video cara hijab, bisa juga audio motivasi. Semua itu bisa dilakukan secara online. Anda bisa menggunakan website dan media sosial untuk memasarkannya.

5. Membuka Kursus Online

Jika Anda ternyata lulusan Sarjana Pendidikan, dan memang ingin fokus menjadi Ibu Rumah Tangga, jangan khawatir ilmu Anda tetap bisa disalurkan. Anda bisa membuka kursus online. Gunakan media-media online yang ada, seperti Facebook Grup, Google Hangout, YouTube, Skype, Website, Blog, Forum, untuk membuka kelas online. Bahkan dengan kursus online Anda akan bisa mendapatkan murid dari berbagai daerah.

Baca juga: Bisnis Online Marketing Dengan Affiliate Program Indonesia

Itu beberapa ide bisnis online untuk ibu rumah tangga. Sebenarnya masih banyak jika Anda mau melakukannya. Yang penting adalah ketika Anda sebagai ibu rumah tangga menjalankan bisnis online, jangan sampai mengganggu tugas utama Anda sebagai ibu rumah tangga, yakni mengasuh anak dan menyiapkan kebutuhan suami. Keluarga tetap yang utama, sedangkan bisnis online ini hanyalah sebagai sampingan daripada di rumah tidak ada kerjaan. 🙂

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × 4 =