Home » TIPS » 4 Tips Membuka Usaha Kue Kering

4 Tips Membuka Usaha Kue Kering

Bisnis Kue Kering
Ilustrasi gambar - Bisnis Kue Kering via bisnisukm.com

Jangan asal ketika ingin membuka usaha kue kering. Meskipun Anda mampu membuat kue kering yang enak dan lezat, tapi tetap perhatikan faktor-faktor lain sebelum memutuskan untuk membuka usaha ini.

Berjualan kue kering yang notabene merupakan makanan, perlu kehati-hatian. Tapi Anda tidak perlu khawatir, semua itu bisa diatasi dengan cara yang benar agar nantinya usaha kue kering Anda bisa berkembang dan terkenal.

Kali ini EtalaseBisnis.com akan berbagi informasi kepada Anda tentang tips membuka usaha kue kering. Tips ini diharapkan menjadi referensi bagi Anda khususnya yang berniat membuka usaha kue kering atau sejenisnya.

Berikut beberapa tipsnya :

#1 Konsisten Dengan Satu Jenis Kue Kering

Jenis kue kering itu banyak sekali. Tapi alangkah baiknya jika Anda fokus pada satu jenis kue kering saja. Ya meskipun Anda bisa membuat segala macam kue kering, tapi konsisten pada satu jenis kue akan lebih baik.

Baca juga: Bisnis Kue Cubit Semakin Menggila, Ini Cara Untuk Mengembangkannya

Tujuannya adalah agar usaha kue kering Anda ini cepat dikenal orang. Ini nanti juga berhubungan dengan branding kue kering Anda. Nah, tips lain adalah Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu kira-kira kue kering apa yang paling diminati oleh konsumen.

Sehingga nanti Anda akan lebih mudah dalam mengembangkannya.

Tenang, meskipun hanya konsisten pada satu jenis kue kering, nantinya Anda bisa mengembangkannya dengan berbagai inovasi. Di sinilah keuntungan lain dari fokus pada satu jenis kue kering. Anda pun akan lebih mudah membuat inovasi produk kue kering tersebut. (Baca : 5 Prinsip Yang Harus Ada Pada Produk Inovatif)

#2 Kemasan Harus Menarik

Agar orang tertarik untuk membeli, buatlah kemasan kue yang menarik. Karena bisnis makanan adalah soal rasa, dan untuk bisnis kue kering ini konsumen tidak bisa merasakan langsung, maka dengan kemasan produk yang menarik akan memikat para konsumen.

Konsultasikan dengan pakar branding ketika akan membuat kemasan. Nama brand kue kering juga perlu diperhatikan, agar nantinya bisa mudah diingat oleh konsumen.

#3 Ajukan Ijin Usaha

Karena ini usaha makanan, alangkah baiknya jika Anda mengajukan perijinan Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) Dinas Kesehatan di Kabupaten/Kota Anda. Tujuannya adalah agar produk usaha Anda memiliki sertifikasi layak untuk dikonsumsi.

Dengan seperti ini maka para konsumen pun akan lebih percaya bahwa usaha Anda legal dan tentunya aman untuk dikonsumsi.

Selain itu, Anda juga bisa mengajukan perijinan label Halal dari MUI. Jangan lupa, jika sudah mendapatkan ijin-ijin tersebut, silahkan untuk ditampilkan di kemasan.

#4 Cantumkan Tanggal Kedaluwarsa

Kue kering pasti memiliki masa keawetannya. Dan itu biasanya tergantung dari bahan yang digunakan dan cara pengolahannya. Untuk itu, pastikan selalu mencantumkan tanggal kedaluwarsa pada kemasan sesuai dengan waktu yang telah diperhitungkan.

Jangan sampai konsumen memakan kue kering Anda yang ternyata sudah tak layak konsumsi. Itu nanti akan berakibat buruk untuk bisnis kue kering Anda.

Itulah beberapa tips untuk Anda ketika akan membuka usaha kue kering. Semoga bermanfaat.



Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

14 + 15 =