Cara COD Tanpa Marketplace dengan 6 Platform Ini, GRATIS!

/ / Dibaca : 108 views

Untuk yang tidak berjualan di marketplace, mungkin agak bingung mencari cara COD tanpa marketplace. Secara sekarang ini kalau kita menawarkan produk ke pembeli, misalnya lewat Whatsapp atau toko online sendiri, mereka kebanyakan tanya bisa COD tidak.

Kalau jualan kita di marketplace seperti Shopee misalnya, ya tinggal aktifkan saja COD Shopee. Nah kalau jualannya di toko online sendiri atau lewat media sosial, bagaimana cara melakukan transaksi COD tanpa harus lewat marketplace?

Cara paling mudah untuk dilakukan saat ini adalah dengan menggunakan platform layanan kirim barang pihak ketiga. Sekarang ini sudah banyak layanan kirim barang yang menawarkan pengelolaan kirim barang yang sudah terintegrasi dengan layanan COD dari berbagai jasa ekspedisi yang ada di Indonesia.

Cara COD Tanpa Marketplace Pakai Layanan Kirim Barang

Cara COD Tanpa Marketplace

Berikut ini beberapa layanan kirim barang yang bisa Anda gunakan untuk transaksi COD tanpa melalui Marketplace.

Clodeo

Clodeo adalah layanan berbasis cloud yang dapat membantu mengelola dan memanajemen transaksi bisnis yang sudah terintegrasi dengan berbagai jasa ekspedisi dan layanan COD atau Bayar di Tempat.

Clodeo ini ada yang versi gratis ada juga yang berbayar.

Fitur Clodeo versi gratis sudah meliputi manajemen Penjualan produk, perhitungan stok, cek ongkir dan pembuatan resi otomatis, bisa membuat laporan keuangan, mendukung cashless, bisa digunakan sampai 30 produk dan maksimal 100 order per bulan.

Untuk detail Clodeo ini kami sudah pernah menulisnya di artikel yang lain, silakan baca Solusi COD untuk Penjual Non Marketplace.

Ngorder

Ngorder ini hampir sama dengan Clodeo. Bisa digunakan untuk manajemen transaksi dan produk. Dan tentunya sudah mendukung fitur Cash on Delivery (COD) dari berbagai ekspedisi seperti J&T, JNE, ID Express, SAP Express, SiCepat dan JX Express.

Salah satu keunggulannya bisa diintegrasikan dengan marketplace (Shopee, Tokopedia).

Dan ini juga gratis, tetapi ada versi berbayarnya. Tetapi Ngorder ini hanya bisa digunakan lewat aplikasi mobilenya.

BukaSend

BukaSend adalah layanan pengiriman yang disediakan oleh Bukalapak dan sudah terintegrasi dengan berbagai jasa ekspedisi.

Saat ini BukaSend sudah bisa mendukung fitur transaksi COD. Untuk menggunakan BukaSend ini, cukup membuka aplikasi Bukalapak kemudian cari saja BukaSend. Nanti silakan buat kiriman baru, kemudian setelah data diisi semua, akan ada pilihan COD.

Popaket

Popaket adalah aplikasi kirim paket yang mudah digunakan baik melalui versi website maupun aplikasi mobile. Pendaftarannya gratis dan pengguna bisa melakukan manajemen transaksi order di sini.

Popaket sudah mendukung fitur COD untuk berbagai jasa ekspedisi.

BosCOD

BosCOD menawarkan layanan kirim paket yang sudah bisa COD maupun Non COD. Pendaftaran gratis dan nantinya Anda bisa melakukan monitoring transaksi melalui dashboard BosCOD.

Layanan ini tersedia di versi website maupun aplikasi.

Maulagi

Maulagi.id ini sebenarnya semacam e-commerce, tetapi juga memiliki layanan kirim barang. Ada 3 layanan kirim barang yang diberikan. Bayar ongkir pakai M-Wallet, Bayar Ongkir di tempat Penerima, dan Bayar Ongkir+Harga Barang di tempat penerima (COD).

Pendaftaran gratis.

***
Itu beberapa rekomendasi layanan kirim barang yang bisa COD. Dengan layanan tersebut tentu bisa jadi solusi buat pemilik bisnis online yang tidak berjualan di marketplace.

Tips Memilih Platform Jasa Kirim COD

Masing-masing platform di atas merupakan solusi bagi yang ingin mengetahui cara COD tanpa marketplace. Akan tetapi, sebelum menggunakan sebaiknya disesuaikan dulu sama kebutuhan.

Apalagi beberapa layanan menawarkan fitur manajemen produk dan transaksi yang bisa digunakan penjual untuk mengelola bisnis online-nya.

Selain itu, setiap Anda menggunakan layanan COD dari masing-masing platform tersebut pasti akan dikenakan biaya layanan COD. Biayanya antara 3-4%, tergantung jasa ekspedisi yang digunakan dan platform apa yang digunakan.

Jadi sebaiknya cek satu-satu saja, pilih platform mana yang memiliki biaya COD paling rendah.

Kalau Anda tidak mau rugi, sebaiknya harga jual produk yang nantinya dijual melalui transaksi COD ini sudah ditambah biaya COD. Sehingga Anda tetap mendapatkan keuntungan yang sama.

Kemudian masalah penarikan dana. Beberapa ada yang sudah memberlakukan penarikan dana secara otomatis ke rekening Anda, ada juga yang perlu ditarik secara manual. Jadi pilih mana yang sesuai.

Mungkin itu saja saran yang bisa kami berikan. Jadi kalau ada yang tanya bagaimana cara COD tanpa marketplace, tinggal jawab saja pakai aplikasi-aplikasi tersebut. Ada pertanyaan? Tulis di kolom komentar.

Baca Artikel dari Tags:

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.