9 Cara Mempromosikan Website Anda Secara Gratis

  • Whatsapp

Budget untuk mempromosikan website itu tidak kecil, butuh budget yang besar jika website bisnis Anda ingin cepat dikenal oleh orang. Tetapi bagaimana dengan promosi secara gratis? Tentu bisa. Mengiklankan website bisnis tidak harus menghabiskan budget yang besar. Berikut ini ada 9 cara untuk mempromosikan website Anda dan berpeluang mendapatkan kunjungan lebih banyak secara gratis!

Mempromosikan website dapat menjadi mahal jika bisnis Anda termasuk UKM yang memiliki budget terbatas. Tetapi tahukah Anda bahwa ada berbagai cara yang dapat Anda lakukan untuk mengiklankan secara gratis?

Tapi ingat, semua promosi yang gratis mungkin tidak seperti yang Anda butuhkan. Tapi ini akan sangat membantu Anda dalam memulai bisnis.

Ini sangat penting, karena jika Anda tidak membuat pelanggan datang ke website Anda, maka Anda akan kehilangan banyak peluang yang cukup signifikan.

Jadi bagaimana cara agar membuat konsumen bisa menemukan website Anda tanpa harus mengeluarkan budget yang besar untuk iklan online? Berikut ini ada 9 cara mempromosikan website Anda secara gratis. Simak!

1. Tingkatkan SEO Website Anda

Salah satu jalan terbaik yang bisa dilakukan secara gratis adalah, SEO, atau Search Engine Optimization atau Optimalisasi Mesin Pencari. SEO ini lebih mengacu ke sisi halaman situs website Anda. Mulai dari konten hingga desain situs yang tidak hanya menarik dari sisi pengunjung tapi juga struktur SEO nya. Saat ini memang sudah banyak perusahaan yang melayani jasa optimasi SEO, tetapi faktanya Anda bisa melakukannya sendiri secara gratis.

Anda bisa memulai dengan menempatkan kata kunci di tag judul. Penempatan kata kunci berada di awal tag judul ini penting. Karena ini yang akan dilihat pertama oleh mesin pencari. Tag judul ini yang terlihat di judul halaman website Anda.

Tag Judul SEO

Setiap halaman harus memiliki judul yang unik, dan memiliki kata kunci yang ditargetkan. Misalnya saja halaman produk Jahe Merah Instan, maka Anda bisa menempatkan kata kunci “jahe merah instan” di tag judul. Kemudian di halaman produk lain begitu juga seterusnya.

Anda bisa pelajari dasar-dasar SEO ini melalui Panduan Pengoptimalan Mesin Telusur yang sudah dipublikasikan oleh Google. Baca di sini https://support.google.com/webmasters/answer/7451184?hl=id

Jika website Anda menggunakan WordPress, Anda akan dimudahkan mengatur SEO websitenya. Karena tinggal install plugin SEO yang tersedia, seperti Yoast SEO, atau yang lainnya. Anda juga perlu meriset keyword, tenang ada tool gratis juga yang bisa digunakan, seperti Ubersuggest.

Baca juga : Tool Keyword Research Selain Google Keyword Planner

2. Fokus pada Email Marketing

Email Marketing adalah salah satu jenis direct advertising. Karena kita langsung berkomunikasi dengan pelanggan atau calon pelanggan melalui email. Pertanyaannya adalah, bagaimana mendapatkan email mereka? Tentunya dari email subscription & newsletter. Ini memanfaatkan website kita, yang mana akan kita berikan form berlangganan konten/produk melalui email.

Ketika ada pengunjung yang mengisi form tersebut, maka kita mendapatkan email mereka. Tapi jangan disalahgunakan emailnya. Gunakan untuk kepentingan email marketing saja. Yang utama tentu untuk mengirim update konten atau produk terbaru yang baru di publikasikan di website. Jadi mereka yang sudah berlangganan email akan mendapatkan informasi lebih dulu.

Sekali-kali Anda juga bisa membuat newsletter berupa penawaran / promo terbaru yang ada atau eksklusif untuk para email subscriber.

Ketika Anda menghubungi langsung via email, jangan lupa untuk menyapa namanya langsung agar komunikasi bisa lebih erat dan mereka pun merasa lebih dekat.

Untuk mengelola email marketing ini Anda bisa menggunakan platform email marketing gratis, salah satunya adalah Mailchimp. Dengan versi gratisnya, Anda bisa mengirim 12.000 email dalam satu bula ke 2.000 pelanggan Anda.

3. Aktif di Media Sosial

Media sosial adalah salah satu media pemasaran yang paling efektif untuk bisnis kecil. Karena orang-orang bisa menggunakannya secara gratis. Dan sekarang ini media sosial sudah dilengkapi banyak fitur yang mendukung bisnis kecil. Di media sosial, Anda bisa boost penjualan, membangun brand, atau memperluas pasar.

Aktif di media sosial tidak hanya aktif update postingan saja. Tetapi bagaimana konten yang Anda update itu benar-benar ditujukan untuk branding. Sekali-kali Anda bisa membuat kontes, giveaways, atau sejenisnya melalui media sosial yang melibatkan interaksi pengguna lain. Ini akan meningkatkan impresi akun media sosial Anda.

Membangun media sosial tidaklah mudah, perlu konsep dan tahu target marketnya.

4. Optimalkan Direktori Online

Banyak direktori online yang bisa digunakan untuk mempromosikan bisnsi Anda. Ini bisa membantu meningkatkan brand awareness. Salah satu yang bisa digunakan adalah membuat profil bisnis di Google Business. Ini sangat penting.

Google My Business

Apalagi sekarang sudah banya orang yang mencari bisnis melalui Google Maps. Dengan bergabung di Google My Business, tentu akan meningkatkan peluang bisnis dan website Anda dikenal banyak orang. Karena Anda bisa menginformasikan kontak bisnis Anda seperti alamat, nomor telepon, jam buka tutup, dan tentunya website Anda.

Baca juga : Cara Menambahkan Lokasi Bisnis di Google Maps Mudah Sekali!

5. Mulai Guest Blogging

Guest Blogging itu Anda menulis artikel blog tapi di blog milik orang lain. Anda tidak akan dibayar, tapi Anda bisa menaruh link website Anda di sana. Kalau di Indonesia, blog yang membuka Guest Blogging ini sudah tidak banyak. Tapi kalau di luar masih banyak.

Coba cari saja di Google “Guest Blogging” untuk mendapatkan blog yang menerima guest blogging.

Manfaatnya tentu Anda bisa mempromosikan diri Anda di bagian author, tetapi pastikan juga Anda memberikan konten yang menarik juga untuk blog tersebut.

6. Bergabung di LinkedIn Groups

Tahu dong LinkedIn? Media sosial khusus untuk para professional dan fokus pada niche karier dan bisnis. Nah melalui LinkedIn, Anda bisa bergabung di LinkedIn Groups yang berkaitan dengan bisnis. Di sini Anda bisa saling bertukar informasi tentang bisnis dan tips-tips bisnis. Melalui forum ini secara tidak langsung Anda bisa mempromosikan website Anda.

Pilihlah group yang sesuai.

7. Berpartisipasi di Forum Online Lainnya

Ada banyak forum online yang bisa Anda gunakan, salah satunya adalah Quora. Di Quora Anda bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan dari pengguna lain. Nantinya Anda bisa juga mempromosikan website Anda melalui forum ini.

8. Manfaatkan Email Signature

Kalau Anda sering berkirim email ke kolega, manfaatkan fitur email signature yang ada. Anda bisa menaruh informasi kontak termasuk alamat website.

9. Sertakan Website Anda di Materi Cetak

Kartu nama, flyer, brosur, packaging, dll yang intinya merupakan materi cetak untuk promosi, jangan disia-siakan. Sertakan alamat website Anda di materi ini.

Itulah 9 cara mempromosikan website secara gratis. Jika Anda memang tidak ada budget untuk beriklan, sebaiknya lakukan beberapa cara di atas dengan sendiri. Ya hitung-hitung sekalian belajar internet marketing.

Jual Madu Klanceng Trigona Murni, Langsung dari Pembudidaya Lebah Trigona organik. Pesan di sini!
---------------
Join Telegram Channel EtalaseBisnis.com. Dapatkan update artikel bisnis terbaru langsung dari Telegram kamu >> Gabung Telegram Channel

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *