Memilih Metode Pembayaran COD? Pastikan Anda Perhatikan Hal Ini!

Sekarang ini beberapa marketplace telah bekerja sama dengan jasa pengiriman barang untuk memberikan layanan metode pembayaran COD. Dimana pembeli online tidak perlu lagi membayar transfer via bank dulu, tapi bisa dibayar saat nanti paket sudah sampai di rumah. Pembayarannya cukup diberikan ke kurir yang mengantar sesuai dengan jumlah total biaya pembelian.

Sayangnya saat ini masih banyak pembeli online yang belum paham betul ketika memilih metode pembayaran COD ini. Banyak yang asal pilih, tapi tidak memperhatikan kalau COD itu juga ada ketentuannya.

Jangan sampai yang niatnya memilih COD supaya bisa dibayar langsung, tapi malah membuat ribet baik pembeli maupun pihak kurirnya. Jadi jika Anda adalah pembeli online yang memilih metode pembayaran COD di marketplace, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini :

Tips Metode Pembayaran COD

1. Beritahu Orang Sekitar Kalau Anda Order Barang dengan Sistem COD

Ini yang kerap jadi masalah. Ketika Anda pesan barang dengan sistem pembayaran COD, pastikan bahwa orang rumah atau orang yang dititipi untuk menerima paket diberitahu kalau nanti harus bayar barangnya langsung ke kurir. Ini jika Anda memang jarang di rumah dan kemungkinan tidak bisa menerima barangnya langsung.

Ingat, sistem pembayaran COD nanti kurir akan meminta uangnya langsung sesuai dengan total pembelian Anda. Kalau ternyata Anda sedang tidak di tempat tujuan pengiriman, dan hanya ada orang lain dan orang lain tersebut tidak mau membayar, maka paket kiriman tidak akan diberikan. Yang ada paket akan dibawa kembali oleh kurir dan jika tidak ada konfirmasi secepatnya dari pembeli, maka paket akan dikirim balik ke penjual.

Nah ribet kan malahan?

Jadi pastikan kalau memilih sistem pembayaran COD, Anda harus benar-benar yang menerimanya dan kalau pun tidak bisa, Anda bisa memberitahukan orang rumah atau meminta orang untuk mewakili menerima paketnya. Tapi yang penting juga harus menitipkan sejumlah uang sesuai dengan total pembelian Anda. Agar orang yang dititipi itu nanti bisa langsung menyerahkannya ke kurir.

Baca juga : Cara Mengaktifkan Metode Pembayaran COD (Bayar di Tempat) di Shopee

2. Alamat Harus Jelas

Ketika memilih metode pembayaran COD, itu artinya barang Anda belum dibayar saat proses pengiriman berlangsung. Agar pihak kurir juga tidak disusahkan dan agar bisa menerima uang pembayarannya Anda, pastikan alamat harus jelas.

Jelas di sini maksudnya adalah alamat yang dijamin selalu ada orangnya. Bukan rumah yang kalau siang selalu kosong, yang ada nanti kurir kerepotan dan bisa jadi barangnya akan dikembalikan ke penjual karena alamat tujuan tidak ada orang / penerimanya.

Baca juga : Cara Belanja di Tokopedia Bayar di Tempat (COD)

3. Bayar dengan Uang Pas

Selalu siapkan uang pas sesuai dengan jumlah total pembelian Anda. Misalnya saja Anda beli barang dengan total nilai pembelian Rp 550.000 (sudah termasuk biaya kirim), ya siapkan dengan uang pas. Jangan kurang, jangan lebih.

Ini untuk memudahkan kurir dalam menerima pembayaran Anda.

Baca juga : Belanja di Shopee Bayar di Tempat (COD)

4. Pembeli Harus Bayar Meskipun Barang Tidak Sesuai

Nah kadang juga ada pembeli yang tidak tahu prosedur. Barang pesanannya mungkin tidak sesuai, tetapi bukan berarti Anda tidak mau membayarnya. Anda bisa tetap membayarnya ke kurir, kemudian nanti pembeli bisa komplain ke penjual dan minta return sesuai dengan kebijakan return di marketplace.

Baca juga : Solusi Barang Tidak Sesuai Saat Belanja di Lazada dengan Sistem COD

Seperti itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih metode pembayaran COD. Jadi jangan asal memilih, pembayaran COD tidak seperti melakukan transaksi dengan pembayaran transfer bank.



Baca Artikel dari Tags:

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.