Home » BISNIS ONLINE » 8 Cara Jualan di Instagram Supaya Cepat Laku

8 Cara Jualan di Instagram Supaya Cepat Laku

Hai bisnisman, kalau punya duit banyak jualan apa ya enaknya…

Masih banyak diantara kita yang secara finansial sangat cukup untuk digunakan modal memulai usaha, tetapi ternyata bingung juga mau diimplementasikan dalam bentuk usaha apa.

Di lain sisi justru, saat ini banyak orang yang secara finansial tidak cukup untuk memulai usaha, tapi justru nekat berwirausaha dengan modal yang ada disekitarnya.

Salah satunya adalah bermodalkan Media Sosial.

Media sosial seperti Facebook, Twitter dan Instagram bisa digunakan untuk berjualan meskipun fungsi utama media sosial tersebut adalah untuk media pertemanan.

Kali ini saya akan memberikan bagaimana cara jualan di Instagram supaya cepat laku. Tapi ingat, cara ini bukanlah cara yang memberikan jaminan 100% keberhasilan jualan online Anda. Karena semua itu tergantung dari niat dan mindset Anda.

Apalah arti dari tips-tips berharga tapi Anda tidak memiliki mindset yang benar dalam berjualan. Benar kan? Tapi tak ada salahnya jika Anda tetap meneruskan membaca, karena bisa jadi Anda akan mendapatkan ide yang lebih baik lagi dari tips ini.

#1 Memiliki Smartphone Dengan Kualitas Kamera Yang Mumpuni

Mengapa saya sarankan Anda memiliki smartphone dengan kualitas kamera yang mumpuni? Karena basis dari aplikasi Instagram ini adalah gambar atau foto. Anda akan lebih banyak mempublikasikan foto produk dari hasil jepretan kamera ponsel ke akun Instagram Anda.

Fotografi Ponsel

Image via http://blog.storeya.com/

Bisa saja sih Anda memotretnya dari kamera digital lain, tapi tentu itu akan lebih ribet dan kurang praktis. Sehingga memiliki smartphone dengan kamera yang bagus adalah modal utama untuk jualan di Instagram.

#2 Buat Akun Instagram Dengan Nama ‘Brand’

Selanjutnya adalah membuat akun Instagram (username) dengan nama brand Anda.

Saya ingin menjual produk di akun Instagram pribadi boleh nggak?

Boleh saja sih, tapi jualan itu bukan sekedar menjual produk saja. Tapi jualan online akan berdampak baik jika Anda berjualan ‘brand‘. Apalagi jika produk yang Anda jual sudah banyak kompetitornya, maka dari itu ‘brand‘ adalah salah satu cara untuk membuat para konsumen Anda mudah ingat dengan produk Anda.

#3 Isi Profil Dengan Jelas & Lengkap

Di akun Instagram memiliki kolom profil yang bisa Anda maksimalkan untuk pusat informasi jualan online Anda. Nama, No Telepon, Bio, dan Website bisa Anda isi sesuai dengan usaha Anda.

Nama, usahakan disamakan dengan brand Anda.

No Telepom, bisa diisi dengan nomor telepon CS atau Whatsapp yang aktif. Sehingga ini bisa jadi solusi para calon konsumen dapat dengan mudah menghubungi Anda.

Bio, Biodata isilah dengan lengkap tentang apa yang Anda jual. Selain itu, gunakan #hashtag yang terkait dengan produk Anda. Penggunaan #hashtag akan memudahkan calon konsumen menemukan toko Anda.

Website, jika Anda memiliki situs website atau toko online bisa dituliskan di sini juga.

Pastikan informasi-informasi ini Anda isi dengan jelas agar membuat orang percaya dengan jualan Anda di Instagram.

Owh ya, satu lagi, Foto Profil. Unggah foto profil berupa logo brand Anda, jika belum punya bisa menggunakan salah satu foto produk Anda yang diberi label brand Anda.

#4 Upload Foto Produk Dengan Deskripsi Yang Detail

Dalam mengupload foto produk tidak boleh sembarangan. Ingat, orang akan tertarik membeli produk Anda melalui Instagram yang pertama karena melihat fotonya, yang kedua melihat deskripsi produknya lalu harganya.

Untuk itu, foto produk yang akan diupload harus menarik dan jelas.

Jualan di Instagram - Sample

Image via http://blog.verticalresponse.com/

Belajarlah tentang bagaimana memotret melalui ponsel agar menghasilkan foto yang menarik. Jangan asal memotret lalu menguploadnya.

Isi deskripsi foto sesuai dengan kriteria produk yang Anda jual. Jika produk yang Anda jual memiliki ukuran atau variant, jelaskan melalui deskripsi. Deskripsi yang jelas akan memudahkan calon konsumen memilih produk Anda, sehingga tidak menimbulkan tanda tanya di dalam benak calon konsumen.

Jangan lupa, di bagian bawah sertakan #hashtag yang mendukung. Penggunaan #hashtag memiliki pengaruh yang positif terhadap foto yang Anda unggah.

#5 Share ke Media Sosial Lain dan Tag Teman

Gunakan fitur share ke media sosial lain seperti Facebook dan Twitter agar para teman Facebook dan Twitter Anda tahu jika ada produk baru yang baru saja Anda upload. Dan jangan lupa tag teman sebelum mempublishnya.

Baca juga: Aplikasi Jualan Online Melalui Ponsel Yang Sering Digunakan

Tapi….untuk memberikan tag ke teman, jangan banyak-banyak. Cukup tag tiga atau empat teman saja. Dan jangan teman yang itu-itu saja karena mereka bisa merasa tidak nyaman. Akan lebih baik tag ke teman yang pernah membeli produk Anda atau telah menjadi pelanggan Anda.

#6 Jawab Semua Pertanyaan Yang Ditanyakan Melalui IG

Terkadang ada saja calon konsumen yang bertanya terkait produk Anda melalui kolom komentar. Untuk itu, tetaplah membalas dan menjawab segala pertanyaan dengan ramah dan jelas. Ini sebagai bentuk pelayanan Anda terhadap konsumen. Jangan memikirkan apakah nanti orang tersebut akan beli atau tidak, yang penting adalah tetap jawab pertanyaan dengan tulus.

#7 Jangan Promosi Terus

Supaya followers Instagram Anda tidak bosan, jangan promosi terus menerus. Maksudnya promosi adalah mengupload foto produk terus menerus.

Berikan jeda untuk Anda bisa mengupload foto lain yang bisa menimbulkan respon dari followers Anda. Misalnya Anda mengupload foto atau gambar yang mengandung kata-kata motivasi atau kata-kata lucu. Atau bisa memberikan tips-tips terkait produk Anda. Misalnya Anda berjualan celana jeans, anda bisa mengupload foto/gambar tips merawat celana jeans, dll.

#8 Beriklan di Instagram Ads

Nah, jika Anda memiliki budget lebih, Anda bisa mencoba beriklan di Instagram Ads. Cara beriklan di Instagram ini harus melalui akun Facebook Anda. Kalau tidak bisa, Anda bisa mencari jasa iklan Facebook Ads agar dibantu beriklan.

Instagram Ads format

Dengan beriklan di Instagram maka Anda akan lebih mudah dalam mendapatkan followers dan juga konsumen.

Demikian cara jualan di Instagram yang bisa saya informasikan, semoga bisa menjadikan referensi untuk Anda. Selamat berjualan…

2 Comments
    • Setia Adi Firmansyah

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five × four =