Home » TIPS » Cara Optimasi Produk Jualan di Bukalapak
Cara Optimasi Produk di Bukalapak

Cara Optimasi Produk Jualan di Bukalapak

Jika Anda memutuskan untuk berjualan di #marketplaceberarti Anda harus siap dengan yang namanya persaingan. Karena di marketplace tidak hanya Anda sendiri yang berjualan, tapi ada banyak sekali penjual-penjual yang menjual produk yang sama dengan Anda.

Untuk itu jangan heran kalau ternyata berjualan di marketplace itu tidak semudah dan secepat mendapatkan keuntungan seperti yang dibayangkan.

Tapi tenang, sebagai pedagang Anda tidak boleh terlalu memikirkan masalah yang ada. Boleh saja melihat apa masalahnya, tapi yang utama adalah fokus untuk mencari solusinya.

Dan kali ini Etalase Bisnis ingin share cara optimasi produk jualan di salah satu marketplace Indonesia yakni Bukalapak.com.

Tujuannya agar nanti Anda sebagai pelapak bisa mengoptimalkan produk jualan Anda di antara pelapak yang lain. Jadi meski produknya sama, yang jual banyak, Anda tak perlu khawatir lagi.

Nah, tips kali ini hanya akan fokus untuk optimasi ketika Anda akan memposting produk Anda di Bukalapak.com

#1 Optimalkan Penggunaan Judul Dengan Kata Kunci Terkait

Judul produk selain sebagai informasi nama barang juga harus dioptimalkan sebagai kail untuk menarik lebih banyak lagi pembeli. Caranya dengan menggunakan judul-judul yang penuh dengan kata kunci.

Contoh : Anda berjualan “Blazer Pria“, dikolom nama barang yang nantinya itu jadi judul produk sebaiknya jangan hanya ditulis “Blazer Pria” saja. Lengkapi dengan kata-kata kunci terkait.

“Blazer Pria – Blazer Korea Murah – Blazer Semi Formal – Blazer Casual – Blazer Jas Korea”.

Itu contoh saja dalam penggunaan judul. Tujuan menggunakan kata kunci yang lebih banyak (terkait), membuat produk jualan Anda tersebut semakin besar kemungkinannya untuk muncul di pencarian Bukalapak maupun Google Search Engine.

Nah kaitannya dengan pencarian di Google, Bukalapak telah memberikan format judul secara otomatis untuk setiap produk yang diupload. Formatnya adalah :

Jual [nama_produk] Baru | [kategori] Murah

Itu format judul yang sudah dibuat oleh Bukalapak agar produk Anda memiliki judul yang SEO Friendly.

Jadi nantinya judul produk Anda menjadi :

Jual Blazer Pria – Blazer Korea Murah – Blazer Semi Formal – Blazer Casual – Blazer Jas Korea Baru | Jas / Coat / Blazer Murah

Bukalapak telah secara otomatis menambah kata “Jual” di setiap produk yang diupload. Sehingga Anda tidak perlu lagi menuliskan nama produk dengan kata “Jual”.

Sampai sini dimengerti ya?

#2 Pilih Kategori Sampai “Subkategori 2”

Ketika Anda memilih kategori produk jualan Anda, sebaiknya dipilih sampai Subkategori 2. Tujuannya selain lebih spesifik, juga akan berpengaruh pada format judul. Sudah di bahas di poin #1 ya formatnya.

Dengan kategori yang spesifik ini pun juga akan memudahkan pembeli ketika akan mencari produk yang diinginkannya. Sehingga potensi produk Anda terlihat akan semakin besar.

#3 Upload Foto Produk Dari Berbagai Sisi

Sebenarnya ini sudah diinformasi oleh pihak Bukalapak sendiri. Informasinya adalah :

Tips laris berjualan: Upload foto barang jualanmu dari berbagai sisi. Cara ini dapat meningkatkan peluang terjualnya barang sebesar 60%.”

So, Anda jangan menyepelekan masalah foto produk ini. Lalu usahakan foto adalah foto asli, bukan ilustrasi. Misalnya saja untuk produk jualan wall sticker. Biasanya produk ini hanya menggunakan foto ilustrasi saja, produk yang dijual tidak foto secara langsung. Untuk kasus produk-produk yang seperti ini sebaiknya harus diimbangi dengan foto produknya yang asli, ya sekedar untuk menyakinkan saja.

#4 Isilah Deskripsi Yang “Menjual”

Kolom deskripsi bukan semata-mata untuk menuliskan informasi produk saja. Tapi agar orang yang melihatnya bisa membeli, maka deskripsi harus dioptimasi. Salah satu caranya dengan memberikan kalimat-kalimat promosi yang menjual. Di sini Anda bisa mempelajari soal Copywriting agar tahu bagaimana cara menulis iklan yang menjual.

Kalau Anda memberikan layanan Gratis Ongkir, Anda bisa menuliskannya di paragraf awal. Sehingga bisa membuat orang menjadi terpikat karena bisa gratis biaya kirim.

Selain memberikan informasi spesifikasi barang secara detail, berikan juga alasan atau manfaat jika pembeli memakai produk tersebut. Karena pembeli untuk ingin mendapat benefit ketika sudah membeli barang.

Jangan lupa juga untuk menyisipkan kata kunci produk di deskripsi.

***
Secara default sebenarnya Bukalapak sudah memberikan sistem marketplace yang SEO Friendly. Namun tentunya dari sisi pelapak juga harus mengoptimalkan fitur tersebut agar hasilnya lebih optimal lagi. Contohnya saja penggunaan judul seperti yang sudah dibahas di atas.

Itu saja tips yang bisa disampaikan, semoga bisa memberikan manfaat untuk Anda yang ingin berjualan di Bukalapak.com.

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 + twelve =