Home » BISNIS ONLINE » Cara Mendatangkan Konsumen Baru ke Toko Online Anda
New Customer
Sumber gambar : talkfusion.com

Cara Mendatangkan Konsumen Baru ke Toko Online Anda

ETALASEBISNIS.com – Kalau Anda memiliki toko online, sudah pasti ingin terus mengembangkannya. Cara untuk mengembangkannya yaitu dengan mendatangkan konsumen baru ke toko online Anda. Ingat, mendatangkan konsumen ya, bukan pengunjung.

Apalagi bentar lagi kan bulan Ramadhan, jadi ini waktu yang tepat untuk Anda bisa mendapatkan konsumen baru yang syukur-syukur bakal jadi pelanggan tetap Anda.

Lalu bagaimana caranya?

Ada banyak cara yang yang bisa Anda lakukan untuk mendatangkan konsumen baru ke toko online Anda. Sebaiknya Anda simak tips berikut ini.

1. Gunakan Marketplace

Meskipun Anda sudah berjualan melalui toko online, tidak ada salahnya membuka lapak di marketplace. Lhoh kan nanti transaksi di marketplace ya dilakukan di sistem marketplace itu sendiri? Bukan toko online?

Iya benar, tetapi menggunakan marketplace ini dapat mendatangkan konsumen baru ke toko online Anda dengan cara mendesain lapak dan produk dengan memberikan informasi toko online Anda.

Misalnya Anda bisa mendesain foto produk di marketplace dengan menambahkan watermark alamat toko online Anda. Atau bisa juga memberikan informasi alamat toko online Anda di setiap deskripsi produk pada lapak marketplace Anda.

Baca juga : Alasan Jualan Lewat Toko Online Lebih Efektif Daripada Marketplace

2. Bikin Promo di Media Sosial

Jangan sekedar bikin promo berupa diskon yang ditampilkan melalui banner di toko online Anda. Tetapi Anda bisa membuat kampanye promo di media sosial. Pastikan membuat promo yang bisa viral, seperti kuis yang nantinya akan mendapatkan hadiah salah satu produk Anda secara gratis.

Cara-cara sederhana seperti ini sangat efektif dan tentunya bisa mendatangkan konsumen baru ke toko online Anda.

3. Gunakan Jasa Influencer

Sekali-kali Anda juga bisa bekerja sama dengan pihak lain seperti influencer. Anda bisa mencari seseorang yang berpengaruh di media sosial untuk dilakukan kerjasama endorse.

Harapannya adalah dari banyaknya followers yang dimiliki oleh influencer tersebut maka sebagian akan ada yang tertarik datang ke toko online dan menjadi konsumen Anda. Tetapi pastikan ketika memilih influencer harus yang sesuai dengan target market. Jangan sekedar mencari yang jumlah followers nya tinggi. Itu belum menjamin.

Baca juga : Bagaimana Bekerja Sama Dengan Blogger Untuk Pemasaran Online?

4. Buat Konten Video di YouTube

Ya sebenarnya tidak harus YouTube sih, cuma sekarang ini faktanya banyak orang yang mengakses YouTube. Jadi ini peluang untuk Anda menggunakan YouTube sebagai media pemasaran agar dapat mendatangkan konsumen baru di toko online Anda.

Buatlah video tapi bukan untuk jualan. Ingat, bukan untuk jualan. Karena kalau Anda membuat video yang isinya cuma promosi produk Anda, ya orang-orang enggan buat nonton video kamu. Tetapi triknya adalah buat video yang informatif dan membuat orang tertarik untuk menontonnya.

Misalnya Anda memiliki toko online yang menjual produk-produk seputar kamera. Nah, Anda bisa membuat konten video yang mengupas soal kamera, entah itu tips-tips fotografi, videografi, review produk, atau hal lainnya yang masih satu tema dengan jualan Anda. Di video itu nanti, Anda tidak perlu menyebutkan kalau Anda jualan produk kamera ini itu, tetapi cukup informasikan toko online Anda melalui deskripsi, atau tulisan di video Anda. Seperti itu akan lebih efektif.

5. Gunakan Artikel Marketing

Masih banyak yang belum menerapkan teknik ini di toko onlinenya. Meskipun ada beberapa yang sudah tahu, tetapi merasa belum ada gunanya. Tetapi sebenarnya artikel marketing ini sangatlah penting, terutama jika Anda ingin mendatangkan konsumen baru ke toko online Anda.

Artikel marketing ini adalah membuat artikel-artikel di toko online Anda berupa blog yang berisi informasi-informasi atau tips yang sesuai dengan produk yang Anda jual. Ya hampir sama dengan membuat video di YouTube itu, bedanya ini berupa artikel.

Baca juga : Manfaat Article Marketing Untuk Toko Online Anda

Misalnya Anda berjualan produk pakaian dalam wanita. Nah, Anda bisa menulis artikel seputar pakaian dalam, tips memilih pakaian dalam, dan bisa juga pentingnya menjaga kesehatan reproduksi wanita. Dari informasi-informasi itu nanti, Anda tinggal mengarahkan ke salah satu produk Anda.

Jadi misal ketika ada orang mencari informasi mengenai ‘cara memilih pakaian dalam wanita yang baik’, maka ia akan membaca artikel Anda lalu mendapatkan informasi juga produk di toko online Anda, dan ia tertarik untuk membelinya.

Seperti itulah konsep artikel marketing. Apabila Anda memiliki toko online dan ingin dibantu untuk dibuatkan artikel marketing secara rutin dan berkualitas, Anda bisa menghubungi jasa penulis artikel agar bisa dibuatkan artikelnya.

***
Itu beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk dapat mendatangkan konsumen baru ke toko online Anda. Tentu semua itu butuh proses, kuncinya adalah apakah Anda berniat melakukan itu dan tekun atau tidak menjalankannya. Semoga bermanfaat untuk Anda, jangan lupa subscribe blog ini untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.

 

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ten − 1 =