Home » BISNIS ONLINE » Cara Baru Mendapatkan Gold Bagde di Tokopedia
Cara Mendapatkan Gold Badge

Cara Baru Mendapatkan Gold Bagde di Tokopedia

ETALASEBISNIS.com – Salah satu fitur yang bisa digunakan oleh seller Tokopedia adalah Gold Merchant. Fitur ini memungkinkan seller untuk mendapatkan trust yang positif dari para buyer yang disimbolkan dengan Gold Badge.

Jika sebelumnya Gold Badge bisa didapatkan secara langsung saat berlangganan paket Gold Merchant yang mulai Rp 150.000 per bulan itu, mulai 27 Maret 2017 nanti para seller tidak bisa lagi mendapatkan Gold Badge secara cuma-cuma.

Karena seperti update informasi yang diberikan Tokopedia, nantinya Gold Badge hanya akan diberikan bagi seller yang memenuhi kriteria.

Salah satu kriteria utamanya adalah harus memiliki performa toko minimal 75 poin. Jadi, selain harus berlangganan Gold Merchant, kualitas performa toko pun harus baik.

Tokopedia memberlakukan sistem baru ini agar para seller Tokopedia bisa memiliki kualitas yang meningkat. Karena jika sekedar berlangganan Gold Merchant lalu dapat Gold Badge, toko yang kualitasnya buruk pun bisa melakukannya.

Baca juga : Cara Belanja Di Tokopedia Yang Aman Dari Penipuan

Nah, nantinya yang bakal mendapatkan Gold Badge hanya toko-toko yang berkualitas saja. Sehingga ini juga bisa mempermudah pembeli dalam melihat toko yang benar-benar berkualitas.

Performa Toko…

Setiap seller nantinya bisa melihat laporan performa tokonya. Jika sudah memenuhi skor minimal yakni 75 poin, nanti baru bisa mendapatkan Gold Badge.

Performa toko sendiri dinilai melalui beberapa kriteria, diantaranya :

  • Jumlah pesanan yang terpenuhi (tidak ditolak)
  • Kualitas dan akurasi produk
  • Transaksi di Pusat Resolusi
  • Respon Toko
  • Pendapatan Kotor

Dari kriteria-kriteria tersebut, nantinya diakumulasi dan akan dikonversikan dalam skor poin. Perhitungannya akan terus diupdate per hari. Akan tetapi hasil skor poin terupdate diambil dari 30 hari terakhir.

Seperti itu.

Etalase Bisnis sendiri sangat setuju dengan perubahan yang dilakukan ini. Sehingga ‘Gold Badge‘ menjadi ikon yang bernilai, bukan sekedar didapatkan secara cuma-cuma dengan berlangganan Gold Merchant saja.

Baca juga : Kesalahan-Kesalahan Yang Sering Dilakukan Seller Marketplace

Dari sisi pembeli pun juga akan lebih nyaman dan tenang. Hanya dengan melihat apakah sudah memiliki Gold Badge berarti sudah bisa menilai jika toko tersebut memiliki performa yang bagus.

Nah, bagi Anda yang saat ini juga punya toko di online marketplace yang satu ini, silahkan update pelayanan dan kualitas produk Anda. Agar nantinya bisa mendapatkan performa yang meningkat.

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × 5 =