Cara Membeli Barang Bekas di OLX yang Aman Dari Penipuan

  • Whatsapp

Tidak semua orang ingin mencari barang baru, kalau ada barang bekas yang masih layak pakai, apa salahnya untuk dibeli. Salah satu layanan jual beli online yang cukup familiar dengan barang bekasnya adalah OLX. OLX salah satu marketplace yang sering digunakan orang untuk menjual dan membeli barang-barang bekas.

Padahal ada Bukalapak, Tokopedia, Shopee, yang juga bisa digunakan. Tetapi OLX ini memiliki keunikan sendiri. Padahal di OLX itu tidak memiliki sistem rekening bersama. Transaksinya ya langsung dilakukan oleh kedua belah pihak, antara penjual dan pembeli.

Dan ini sebenarnya memiliki risiko yang cukup tinggi jika transaksinya harus dilakukan melalui transfer pembayaran dan kirim barang melalui ekspedisi. Risiko penipuan sangat tinggi kalau seperti ini.

Tapi OLX tetap memiliki pengguna setianya. Nah untuk tetap memberikan rasa aman dan nyaman, ada beberapa cara membeli barang bekas di OLX yang aman dari penipuan.

Tips Beli Barang Bekas di OLX

Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan sebagai pembeli.

1. Jangan Terlalu Tergiur dengan Tawaran Harga

Beli barang bekas itu tetap harus tahu pasaran harganya. Minimal harus tahu harga barunya saat ini. Kemudian bisa dikira-kira harga bekasnya berapa. Selain itu juga bisa melihat perbandingannya di marketplace lain.

Jadi kalau ada tawaran harga barang bekas yang cukup menggiurkan (di bawah harga pasar), perlu diteliti lebih lanjut. Jangan langsung percaya kemudian main transaksi transfer-transfer saja.

2. Gunakan Chat OLX untuk Komunikasi

Di OLX sudah ada fitur chat untuk menghubungi penjual. Silakan gunakan itu untuk komunikasi mencari tahu kondisi barang, deal harga, dll. Jangan langsung memberikan kontak pribadi dulu.

3. Jangan Mau Kalau Dimintar Bayar DP atau Bayar Uang Di Muka

Kalau penjual meminta kamu untuk transfer DP atau meminta pelunasan di depan, jangan mau dulu. Hindari kalau ada yang seperti ini. Apalagi kalau kamu belum tahu kondisi barangnya secara langsung.

Yang namanya barang bekas, tentu pasti akan ada rusaknya meskipun sedikit. Dan ini yang perlu kamu tahu dan sesuaikan apakah sama dengan yang diinformasikan penjual di deskripsi barang.

4. Lakukan COD (Cash On Delivery) untuk Transaksinya

Memang sebaiknya yang paling aman adalah meminta COD untuk proses transaksinya. Jangan kirim via ekspedisi dan transfer pembayaran lewat rekening. Ingat, pihak OLX tidak menjamin dan tidak memiliki prosedur Komplain jika terjadi penipuan atau barang tidak sesuai.

Berbeda kalau transaksi di marketplace lain, dananya akan ditahan dulu oleh pihak marketplace sebelum pembeli benar-benar mendapatkan barang yang sesuai.

Jadi sebaiknya kalau mau cari barang di OLX cari saja berdasarkan lokasi terdekat supaya bisa COD. Kalaupun lokasinya jauh, ya sebaiknya minta COD. Dengan COD kamu bisa melihat dulu barangnya apakah sesuai, apakah masih normal sesuai dengan yang dideskripsikan, dll.

Baru kalau sudah mantap, bisa langsung bayar ke penjualnya.

5. Cek Kondisi Barang dengan Teliti

Ingat dalam mengecek barang, jangan sekedar dilihat secara kasat mata saja. Kamu juga harus melihatnya secara menyeluruh. Misalnya saja kamu mau beli handphone bekas, ya kamu harus cek seluruh fungsinya, mulai dari kamera, microphone, speaker, layarnya, dll.

Kalau kamu memang tidak punya keahlian untuk mengeceknya, bisa mengajak rekan yang ahli untuk membantu mengeceknya. Pastikan kamu sudah tahu kondisi yang sebenarnya sebelum melakukan pembayaran.


Baca juga : Bisnis Online Untuk Ibu Rumah Tangga Yang Mudah Dijalankan

Itu saja yang bisa kami informasikan tentang cara membeli barang bekas di OLX yang aman dari penipuan. Intinya belanja apapun di manapun itu harus teliti. Jangan sekedar tergiur soal harga, apalagi jika lagi butuh cepat, biasanya kadang tidak teliti dan terburu-buru. Alhasil yang seperti itu bisa dimanfaatkan oknum untuk melakukan penipuan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *