5 Tips Usaha Laundry Kiloan agar Omzet Maksimal

Usaha laundry kiloan merupakan salah satu jenis usaha yang cukup banyak banyak diminati hingga saat ini. Kegiatan mencuci pakaian yang dianggap cukup menyita waktu adalah peluang besar bagi usaha laundry kiloan untuk tetap bertahan dan mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Usaha laundry kiloan bahkan kini tidak hanya tersedia di perkotaan saja.

Untuk menjalankan usaha laundry kiloan yang sukses, tentunya kita tidak hanya sekedar melakukan promosi dari usaha tersebut saja. Banyak usaha laundry kiloan yang akhirnya harus tutup karena omzetnya tidak kunjung meningkat dan sepi pelanggan. Beberapa tips untuk usaha laundry kiloan agar omzet maksimal, perlu Anda perhatikan, jika ingin menjalankan usaha ini.

Tips Usaha Laundry Kiloan

Usaha Laundry

Bisnis laundry kiloan merupakan salah satu bisnis yang bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk para ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Namun, sebelum memulai usaha tersebut, ada baiknya untuk menyimak tips usaha laundry kiloan agar omzet maksimal, seperti berikut ini:

1. Persiapkan Modal untuk Usaha Laundry

Modal dalam menjalankan usaha tentu merupakan hal dasar yang wajib ada, termasuk pada usaha laundry. Jika menurut Anda cukup sulit untuk mendapatkan modal tersebut, maka modal awal bisa Anda dapatkan dari meminjam modal dari Bank atau mengajukan kerjasama dengan orang lain.

Dilansir dari maxmanroe.com, bisnis laundry kiloan dengan skala kecil, setidaknya memerlukan dana sekitar Rp. 3 – 5 juta. Anda harus mampu memperkirakan, apakah perlu meminjam uang ke bank untuk modal dengan beberapa resiko tertentu, atau meminjam kepada orang lain dengan melakukan kerjasama yang menguntungkan.

2. Memilih Lokasi Usaha Laundry Kiloan

Usaha laundry kiloan itu tidak bisa dilakukan di sembarang tempat. Seperti dasar dalam menjalankan bisnis yang benar, lokasi yang strategis seperti dekat dengan kosan Karyawan dan Mahasiswa, tepat untuk usaha laundry. Jika memang Anda ingin memulai usaha laundry di rumah, dan rumah Anda berada di lokasi yang strategis menurut Anda, hal tersebut bisa dilakukan.

3. Persiapkan Perlengkapan Usaha Laundry

Apakah membuka usaha laundry kiloan hanya memerlukan mesin cuci saja? Tentu tidak. Anda perlu mempersiapkan beberapa pelaralatan penting lainnya, seperti setrika uap, sabun cuci, pewangi pakaian, timbangan, jemuran pakaian, tag nama, plastic kemasan dan lain sebagainya. Semua peralatan tersebut juga dihitung sebagai modal.

4. Pahami Cara Mencuci yang Benar

Sebagai pelaku usaha laundry kiloan, nantinya, Anda dan para karyawan tentu harus memahami bagaimana cara mencuci yang benar.  Mulailah dengan memahami bahwa setiap jenis kain itu memiliki perawatan yang berbeda. Kemudian, ada beberapa jenis kain yang bisa dicampur dan ada juga yang tidak.

Anda dan karyawan juga wajib memahami bagaimana menghilangkan noda membandel, bagaimana cara mencuci bahan sweater dan jeans dan lain sebagainya. Hal ini, terkait dengan kepuasan konsumen Anda nantinya.

5. Perhitungkan Biaya Operasional

Seperti telah diulas sebelumnya, modal usaha digunakan sebagai perlengkapan awal. Selain itu, biaya operasional juga perlu Anda keluarkan setiap bulannya. Biaya tersebut mencakup biaya air, biaya listrik, gaji karyawan, biaya persediaan detergen dan lain sebagainya. Jika tempat usaha laundry kiloan Anda berstatus sewa, maka ini juga akan masuk kepada biaya operasional tersebut.

Baca juga : 6 Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga

Menjalankan usaha laundry tentunya harus dibekali dengan beberapa tips penting terlebih dulu, agar bisa berjalan secara maksimal dan bertahan lama. Dengan beberapa tips usaha laundry kiloan di atas, semoga dapat membantu Anda untuk lebih bersemangat lagi dalam memulai dan menjalankan usaha laundry kiloan.



Baca Artikel dari Tags:

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.