Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Ingin Usaha Fotocopy? Ini Cara Memilih Mesin Fotocopy yang Benar

Apakah Anda ingin mencoba membuka usaha fotocopy? Jika iya, pastikan Anda memilih mesin fotocopy yang bagus. Karena salah satu peran sukses dari usaha fotocopy ini terletak pada mesin yang digunakan. Ya meskipun faktor lainnya banyak, seperi lokasi usaha, layanan yang diberikan dan lain-lain.

Usaha fotocopy saat ini masih menjadi usaha yang menjanjikan jika dalam memilih lokasi usaha benar-benar strategis. Tapi kali ini EtalaseBisnis tidak akan membahas bagaimana memilih lokasi usaha yang tepat. Yang ingin kami bahas di sini adalah bagaimana cara memilih mesin fotocopy yang bagus.

Karena mesin fotocopy itu harganya cukup mahal, dan salah satu modal besar dari usaha ini ya terletak di pengadaan mesinnya ini. Untuk itu jangan sampai memilih mesin fotocopy yang ‘abal-abal’ atau kualitas tidak bagus. Yang nantinya malah berdampak pada kelangsungan usaha Anda.

Usaha Fotocopy - Tips Memilih Mesin Fotocopy

Berikut tips memilih mesin fotocopy yang bagus :

1. Pilih Merek yang Familiar

Salah satu cara mudah adalah memilih merek mesin fotocopy yang cukup familiar. Biasanya merek yang familiar itu sudah teruji kualitasnya. Tetapi ya Anda harus jadi pembeli yang pintar, perlu juga untuk melihat apa saja kelebihan dan kekurangannya.

Keuntungan memilih merek yang familiar ini juga akan berdampak pada kemudahan dalam hal perbaikan dan ketersediaan suku cadang. Nanti kalau pun ada kerusakan di mesin fotocopy Anda, paling tidak mudah untuk mencari tempat service nya dan suku cadangnya.

Kadang ada mesin fotocopy yang ternyata murah, tetapi untuk mencari suku cadang harus membelinya di luar negeri karena keterbatasan produk di dalam negeri. Tentu ini juga tidak baik, apalagi jika Anda hanya punya satu mesin fotocopy saja.

Baca juga : Bisnis Kreatif Untuk Anak Muda Yang Bisa Dicoba

2. Pilih Model yang Sesuai Kebutuhan

Sekarang ini banyak sekali model mesin fotocopy yang bisa digunakan. Jika dulu mesin fotocopy ya hanya bisa digunakan untuk fotocopy atau menggandakan dokumen saja, sekarang sudah banyak model yang kaya akan fitur.

Misalnya saja mesin fotocopy yang memiliki fitur scanner, printing dari perangkat digital, dll. Istilahnya itu mesin fotocopy digital.

Nah ini perlu Anda jadikan perhatian juga. Kalau memang nantinya Anda ingin mesin fotocopy yang punya banyak fitur, ya Anda bisa beli yang seperti itu. Dengan catatan, Anda harus pastikan bahwa nanti ada konsumen yang menggunakan jasa selain fotocopy saja.

Selain itu Anda juga perlu mempersiapkan budgetnya. Mesin fotocopy analog dan digital tentu harganya berbeda.

3. Beli dari Distributor Terpercaya

Khususnya mesin fotocopy analog, banyak ditemui yang kondisinya sudah bekas tetapi berfungsi baik atau barang rekondisi. Dari sisi harga, sangat murah dibanding harga baru.

Yang seperti itu pun ada distributornya. Kalau Anda tidak cermat, bisa saja Anda beli yang rekondisi. Tetapi jika Anda memang ingin beli yang seperti itu ya tidak masalah.

Jika Anda beli baru, pastikan beli di distributor yang terpercaya. Selain produk nantinya juga terjamin kualitasnya, Anda pun akan mendapatkan service yang terbaik.

4. Mendapatkan Garansi

Baik membeli dalam keadaan baru atau rekondisi (bekas), pastikan Anda mendapatkan garansi. Kalau beli baru ya garansi resmi dipastikan harus ada dan mudah cara klaimnya. Begitu pula dengan pembelian produk bekas, Anda juga perlu mendapatkan garansi dari tokonya atau distributornya.

Karena yang namanya barang elektronik apalagi mesin fotocopy yang rutin digunakan itu akan bisa mengalami kerusakan. Jadi garansi sangat penting.


Itu beberapa tips membeli mesin fotocopy yang bisa Anda jadikan referensi jika ingin buka bisnis fotocopy. Kalau memang Anda tidak tahu menahu soal mesin fotocopy, sebaiknya saat beli ajak rekan yang tahu. Semoga bermanfaat. Jangan lupa share artikel ini ke yang lain.



Baca Artikel dari Tags:

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.