Home » TIPS » Pegawai Anda Kurang Produktif? Ini Yang Bisa Dilakukan
Pegawai Kurang Produktif

Pegawai Anda Kurang Produktif? Ini Yang Bisa Dilakukan

EtalaseBisnis.com – Perusahaan Anda telah berdiri lebih dari lima tahun namun masih saja belum ada progres yang signifikan, malah semakin menurun. Mungkin itu bisa diakibatkan oleh produktifitas pegawai Anda. Ya, maju mundurnya perusahaan tidak hanya bisa diukur dari besarnya keuntungan yang diperoleh per bulannya. Tapi dibalik itu semua ada sumber daya manusia yang sangat menentukan perkembangan dan produktifitas sebuah perusahaan, yaitu pegawai.

Anda sebagai pemilik perusahaan tentu harus sangat peka terhadap apa yang sedang dialami oleh pegawai Anda. Bersyukurlah kalau Anda memiliki seorang HR, namun jika tidak? Anda tentu harus mampu merangkul pegawai-pegawai Anda akan terus memberikan yang terbaik untuk perusahaan Anda.

Untuk itu, perlunya diberikan beberapa motivasi dan aksi dari seorang pemimpin untuk mampu memanage bawahannya. Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan.

Pegawai Anda Mungkin Kurang Nyaman Dengan Kondisi Kantor, Buatlah Tata Ruang Kantor Lebih Variatif

Ruang kerja merupakan tempat dimana pegawai Anda menghabiskan setengah waktu dari harinya untuk berada di kantor. Untuk itu, perlunya ruang kantor dibuat lebih menarik, bersih, dan variatif. Sehingga para pegawai tidak bosan dengan kondisi yang ada di ruang kerjanya.

Jadikan Pegawai Anda Sebagai Partner Kerja Anda Yang Saling Mutualisme

Masih banyak seorang pemilik perusahaan yang semena-mena terhadap pegawainya, mentang-mentang ia sudah memberikan jabatan dan penghargaan. Eits, tunggu dulu, ingat tanpa pegawai Anda tidak bisa apa-apa. Untuk itu, jadikan pegawai Anda sebagai rekan kerja Anda  yang selevel. Meski ada jabatan, tapi jabatan itu hanyalah sebagai bentuk tanggung jawab saja. Dalam masalah penyelesaian pekerjaan, mintalah masukan dan saran dari pegawai Anda. Terkadang pegawai memiliki ide untuk perusahaan Anda, namun karena Anda tidak memberikan kesempatan maka yang ada pegawai Anda hanya akan pasif mengikuti apa yang Anda inginkan. Dan itu akan menurunkan produktifitas kerja pegawai Anda dan perusahaan.

Upgrade Skill Pegawai Anda Dengan Mengadakan Training

Agar tidak ketinggalan jaman, ajak pegawai Anda untuk mengikuti training atau pelatihan dunia kerja yang sesuai dengan bidangnya. Hal ini selain sebagai bentuk tanggung jawab Anda sebagai seorang pemimpin perusahaan juga mampu memberikan tambahan ilmu dan wawasan bagi pegawai Anda. Sehingga nantinya semua elemen yang ada di perusahaan Anda siap untuk bertempur dalam memajukan perusahaan sesuai dengan kondisi saat ini.

Jangan Sampai Pegawai Anda ‘Kurang Piknik’, Ajaklah Untuk Outing

Buatlah agenda rutin setiap per semester atau per tahun untuk melakukan outing. Outing sangat bermanfaatkan untuk mengembalikan kembali semangat dan gairah kerja. Dengan outing juga mampu mendekatkan hubungan antara pimpinan dan pegawai, sehingga dengan rasa kekeluargaan yang tinggi maka akan tercipta sebuah hubungan kerja yang semakin produktif.

Pegawai Anda adalah aset paling berharga di perusahaan Anda. Janganlah hanya memprioritaskan keuntungan perusahaan saja, tapi dibalik itu semua perlu memberikan semangat dan dorongan untuk pegawai Anda.

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × two =