Home » TIPS » Keuntungan Melakukan Kerjasama Endorsement
Endorsement

Keuntungan Melakukan Kerjasama Endorsement

Sekarang ini metode marketing bisa dilakukan dengan banyak cara. Jika dulu marketing hanya sekedar door to door dan face to face, sekarang ini bisa lebih fleksibel lagi. Semua ini pengaruh dari perkembangan internet.

Nah salah satu cara marketing yang memanfaatkan internet adalah endorsement. Ada yang pernah mendengarnya?

Endorsement ini strategi marketing online yang melibatkan pihak lain, dalam hal ini influencer, seperti artis, selebritis, public figure, maupun orang-orang biasa tapi yang bisa berpengaruh.

Sistem kerja dari endorsement ini biasanya pihak pengiklan / penjual / pemilik usaha, memberikan sample produknya untuk dipakai orang yang diendorse. Nantinya mereka akan mempublikasikannya melalui media sosial atau media online yang dimiliki tentu dengan menyebutkan brand Anda.

Baca juga : 3 Metode Internet Marketing Untuk Bisnis Online Anda!

Kalau Anda sering membuka Instagram, pasti akan banyak menemui orang-orang yang mempublis fotonya dengan memakai barang yang di-endorse.

Lalu apa manfaat dan keuntungan melakukan kerjasama endorsement untuk bisnis Anda?

#1 Produk Anda mudah dikenal

Karena Anda memberikan produk Anda ke orang yang diendorse untuk dipromosikan, maka produk Anda akan mudah dikenal oleh orang lain. Apalagi jika Anda mengendorse orang yang memiliki segmen lain dari pasar Anda, tentu ini akan membuat pasar baru dengan lebih mudah dan cepat.

#2 Meningkatkan penjualan

Jika Anda melalukan kerjasama endorsement di orang yang tepat dan dengan segmen pasar yang sama, kemungkinan besar penjualan Anda akan meningkat. Model promosi seperti ini akan cepat membuat orang percaya untuk membeli produk Anda. Karena yang mempromosikan adalah orang yang memiliki pengaruh, bukan Anda selaku penjual.

#3 Meningkatkan kredibilitas

Kerjasama endorsement seperti ini tidak sekedar untuk mendapatkan keuntungan finansial saja, banyak brand-brand besar yang melakukan seperti ini hanya untuk meningkatkan brand awareness produk mereka. Jadi jika Anda ingin brand Anda lebih dikenal dan dipercaya calon konsumen, bisa mencoba kerjasama seperti ini.

Nah, akan tetapi jika Anda memang ingin melakukan endorsement untuk bisnis Anda, sebaiknya jangan gegabah dan jangan asal mencari orang saja. Anda harus teliti dulu siapa orang tersebut dan bagaimana media onlinenya. Karena ini penting agar kerjasama endorsement yang dilakukan tidak sia-sia.

Lagi pula ada yang orang yang memberikan tarif lain dalam kerjasama ini. Meskipun sudah dikasih sample produk, tetapi ada juga yang menginginkan tarif berupa fresh money. Jadi sebaiknya dipelajari dulu jika ingin melakukan kerjasama seperti ini.

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eighteen − fifteen =