Home » TIPS » Cara Cerdas Belanja di Hari Belanja Online Nasional (HarBolNas)
Belanja Online HarBolNas

Cara Cerdas Belanja di Hari Belanja Online Nasional (HarBolNas)

Tahun ini adalah tahun ke tiga diselenggarakannya Hari Belanja Online Nasional atau yang disingkat HarBolNas. Dari tahun ke tahun tingkat partisipasi e-commerce di Indonesia semakin meningkat. Tentunya ini menjadi sebuah pilihan yang semakin sulit bagi para konsumen.

Pasalnya masing-masing e-commerce memiliki penawaran diskon besar-besaran hingga 90% dengan produk yang juga dijual di e-commerce lainnya. Sehingga dari sisi konsumen, ini justru membuat bingung ingin beli dimana.

Tahun ini HarBolNas dilakukan selama 3 hari, tidak hanya hanya pada tanggal 12 Desember saja, tetapi sejak tanggal 10,11 dan 12 Desember. Waktu yang lama ini dikarenakan peserta atau e-commerce yang bergabung juga semakin banyak.

Nah, buat Anda sebagai konsumen di Hari Belanja Online Nasional ini haruslah cerdas dalam berbelanja. Jangan karena ada diskon besar langsung secara serta merta menghabiskan duit tabungan. Ini salah!

Ingat, diskon besar up to 90% yang dilakukan oleh e-commerce pada HarBolNas ini tidak semuanya benar-benar diskon 90%. Bingung kan? Nanti akan saya jelasnya.

Lalu Anda sebagai konsumen harus bagaimana?

1# Tentukan Ingin Beli Apa

Masih ada beberapa jam lagi untuk berbelanja di Hari Belanja Online ini. Tentukan apa yang ingin Anda beli. Dengan menentukan barang apa yang ingin dibeli, Anda akan mudah menentukan e-commerce mana yang ingin dituju dan kategori produk apa yang ingin dicari. Misalnya Anda seorang perempuan ingin membeli produk hijab. Anda bisa ke salah satu e-commerce yang menjual khusus produk hijab. Tentu ini akan memudahkan Anda ketika memiliki barang belanjaan.

Hari Belanja

Image via Harbolnas.com

2# Patok Budget Yang Akan Dihabiskan

Biasanya nih, karena ada diskon gila-gilaan, Anda tergiur untuk membeli barang lebih dari satu. Ya…meskipun pada awalnya cuma pengen beli produk A saja, tapi setelah checkout dan lihat ada promo lain, eh malah tergiur untuk membelinya. Hal-hal semacam ini tidak boleh dibiarkan. Karena bisa membuat budget belanja Anda bengkak.

Patoklah berapa budget yang ingin Anda gunakan untuk belanja. Dan yang terpenting adalah tanggung jawab serta disiplin dalam membelanjakannya.

3# Jangan Tertipu Diskon

Nah ini yang ingin saya sampaikan di atas tadi. Begini, biasanya jika Anda melihat diskon 98% pasti akan segera membelinya. Tapi tahukah Anda jika ada e-commerce yang menggunakan nilai “diskon” ini sebagai teknik marketing saja?

Misalnya gini. Ada produk A tertulis harga normal Rp 5.000.000,- dan mendapat diskon 62% sehingga harganya di HarBolNas ini Rp 1.900.000,-. Pasti Anda akan tertarik untuk membelinya kan, apalagi jika barang itu sangat berguna untuk Anda. Tapi sayangnya, harga yang tertampil itu hanya trik marketing saja. Karena kalau pun tanpa diskon, harga normal yang sebenarnya itu Rp 1.900.000,- atau lebih sedikit. Harga normal aslinya bukan Rp 5 Juta tapi Rp 1,9 Juta. Jadi, ini Anda sebenarnya membeli barang yang harganya sama saja.

Untuk itu cermati produk yang Anda beli tersebut.

#4 Cermati Produk Yang Anda Beli

Agar tidak terjebak pada contoh kasus nomor 3, Anda harus cermati produk yang Anda beli. Kok bisa sih barang seperti itu diskonnya gede banget? Ya sebenarnya bisa juga sih dan ada yang nyata juga, tapi dalam beberapa kasus juga ada yang cuma mempermainkan harga diskon seperti kasus nomor 3. Jika Anda mendapati kondisi barang seperti itu, lihatnya itu barang produksi mana. Karena bisa jadi itu barang KW. Dan pastikan juga harga normal dipasaran produk tersebut, dengan syarat produknya benar-benar sama.

Semoga empat cara di atas bisa membantu Anda ketika akan berbelanja di Hari Belanja Online Nasional kali ini dan tahun-tahun berikutnya. Intinya agar Anda sebagai konsumen juga benar-benar menikmati hari yang penuh diskon ini dengan produk serta harga yang memang benar-benar nyata. Kalau dapat diskon ya diskon sungguhan bukan sekedar mempermainkan harga. 🙂

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nine + 14 =