YouTube Shorts, Akankah Jadi Pesaing TikTok?

  • Whatsapp

Kita tahu, TikTok sekarang ini jadi platform video pendek yang cukup diminati banyak kalangan. Meskipun awal kehadirannya banyak cibiran karena kontennya yang dibilang ‘alay’, tapi ternyata kini TikTok bisa jadi sarana marketing bagi beberapa kalangan termasuk kalangan bisnis.

Nah ternyata kemarin hari Senin (14/9), YouTube melalui YouTube Official Blog nya mengumumkan platform terbarunya yang bernama YouTube Shorts.

Apa itu Shorts?

YouTube Shorts

Shorts ini adalah layanan dari YouTube yang memfasilitasinya penggunanya (creators) agar bisa mengekspresikan dirinya ke dalam video pendek berdurasi 15 detik atau kurang. Ya kalau dilihat-lihat, memang tujuannya untuk menyaingi TikTok.

Di fitur Shorts ini, YouTube memberikan beberapa fitur kreasi, seperti bisa Multi-segment camera yang mana nanti pengguna bisa menggabung beberapa clip video jadi satu, bisa merekam dengan musik yang bisa didapatkan di library musik yang banyak, mengatur kecepatan dan ada timer untuk memudahkan merekam.

Shorts
Source : https://blog.youtube/

Sebenarnya informasi tentang Shorts ini sudah terhembus sejak April lalu, tetapi memang baru kemarin diumumkan secara resmi. Kabarnya YouTube Shorts ini akan diluncurkan pertama kali di India. Mengapa memilih India? Ya mungkin saja karena di India TikTok baru saja diblokir oleh pemerintah. Sehingga bagi YouTube ini peluang yang cukup bagus jika diperkenalkan pertama kali di sini.

Selain itu, India juga memiliki pasar yang cukup bagus untuk penyebaran video streaming. Dari sini mungkin akan bisa digunakan untuk menyebarkan ke negara lain.

Sebagai informasi saja, di kuarta 1 tahun 2020 ini, aplikasi TikTok sudah memiliki jumlah unduhan sebanyak 250 juta kali. Dan ini melebihi jumlah unduhan aplikasi WhatsApp. Wajar jika YouTube ingin membuat Shorts ini dengan harapan bisa menyaingi TikTok.

Tapi akankah Shorts bisa menyaingi TikTok?

Ya kita lihat saja nanti. Kalau di Indonesia sih sepertinya bakal booming, kalau memang Shorts ini nanti memiliki kemudahan dalam penggunaannya.

Jual Madu Klanceng Trigona Murni, Langsung dari Pembudidaya Lebah Trigona organik. Pesan di sini!
---------------
Join Telegram Channel EtalaseBisnis.com. Dapatkan update artikel bisnis terbaru langsung dari Telegram kamu >> Gabung Telegram Channel

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *