Home » START UP » Berkenalan Dengan Doku Wallet Payment Gateway Indonesia
Doku Wallet
image via e27.co

Berkenalan Dengan Doku Wallet Payment Gateway Indonesia

Ada yang sudah tahu “Doku Wallet“? Mungkin Anda tahunya cuma ketika berbelanja terus ada logo Doku Wallet warna merah itu.

Kali ini saya akan memperkenalkannya untuk Anda. Artikel ini murni informasi, bukan artikel promosi atau sejenisnya, jadi lanjutkan saja membacanya.

Doku Wallet itu adalah payment gateway IndonesiaJika Anda mengenal PayPal, ya serupa dengan itu. Namun, Doku ini dibuat oleh anak Indonesia dan digunakan di Indonesia. Masih belum paham mengenai payment gateway? Jadi payment gateway itu semacam alat pembayaran non tunai dan cara pembayarannya secara online. Anda tak perlu lagi menggunakan uang tunai maupun kartu kredit.

Ketika mau melakukan transaksi pembayaran pun tinggal akses aplikasi Doku Wallet yang ada di smartphone.

Oke, nampaknya saya harus menjelaskan tentang Doku Wallet lebih mendalam.

Doku Wallet dapat diakses melalui website resminya di www.dokuwallet.com/id. Anda bisa melakukan pendaftaran melalui website tersebut, dan agar lebih mudah dalam pengoperasiannya, Anda disarankan mengunduh aplikasi Doku Wallet di PlayStore.

Dapat digunakan berbelanja offline maupun online

Doku Wallet ini bisa digunakan untuk berbelanja online maupun offline. Untuk offline, Anda bisa menggunakannya di beberapa gerai seperti Alfamart, Alfamidi, Alfa Express, Dan+Dan, dan Lawson. Sedangkan untuk online, bisa digunakan di AliExpress, K24 Klik, AsmaraKu, Hypermart, Sirclo, Lakupon, dll.

Bagaimana Mengisi Saldo Doku Wallet?

Isi Saldo Doku Wallet

Nah, agar Doku Wallet bisa digunakan untuk berbelanja, maka harus diisi saldo terlebih dahulu. Untuk pengisian saldonya bisa dilakukan melalui beberapa bank yang ada di Indonesia, seperti Bank Mandiri, PermataBank, BCA, BRI, BNI, CIMB NIAGA, Danamon, Panin Bank, MayBank, BTN, dan melalui ATM.

Tidak hanya melalui bank, tapi Anda juga bisa mengisi saldo lewat beberapa gerai seperti Alfamart, Alfamidi, Alfa Express, Lawson, 7-Eleven atau DAN+DAN. Nominal top up maksimal Rp 500.000,-.

Lalu Bagaimana Cara Berbelanja dengan Doku Wallet?

Cara Belanja Doku Wallet

Sangat mudah sekali, untuk bisa berbelanja menggunakan Doku Wallet ini, Anda tinggal menyiapkan smartphone yang telah terinstall aplikasi Doku Wallet.

Ada dua cara berbelanja, yakni melalui online dan offline.

Cara berbelanja dengan Doku Wallet secara online :

  • Kunjungi Website Merchant. Silahkan buka website Doku Wallet untuk melihat merchant yang menyediakan pembayaran melalui Doku Wallet.
  • Selanjutnya Anda tinggal memilih produk yang ingin dibeli. Pastikan check out secara online, bukan order via sms atau manual.
  • Ketika masuk di metode pembayaran, pilihlah DOKU.
  • Dan setelah mengikuti perintah yang ada, Anda harus login dengan akun Doku Anda, masukkan password dan PIN.
  • Setelah login, maka proses pembayaran pun selesai. Dan jangan lupa simpan bukti pembayarannya.

Cara berbelanja dengan Doku Wallet secara offline :

  • Silahkan kunjungi gerai atau merchant yang menerima pembayaran melalui Doku Wallet.
  • Pilih produk yang ingin Anda beli,
  • Dapatkan token Doku dari website/sms/mobile app,
  • Setelah itu ketika melakukan pembayaran di kasir, perlihatkan 6 digit token tersebut,
  • Dan kasir akan memproses pembayaran Anda, transaksi selesai.

Sangat mudah kan!

Yang menarik lagi adalah, saldo yang Anda miliki bisa ditransfer ke pengguna lain. Jadi misalnya Anda kehabisan saldo, lalu minta rekan Anda yang juga menggunakan Doku Wallet untuk mentransfernya ke akun Anda, begitu juga sebaliknya.

Apabila Anda ingin mencairkan atau tarik tunai juga bisa. Untuk tarik tunai ini bisa dilakukan di gerai-gerai yang telah bekerjasama dengan Doku Wallet.

Cara Tarik Tunai Saldo Doku Wallet

Tarik Tunai Doku Wallet

Untuk cara tarik tunainya sangat mudah.

  • Anda tinggal ke gerai Alfamart atau merchant lainnya.
  • Dapatkan token dari website/sms/mobile app Doku Wallet.
  • Datang ke kasir dan berikan 6 digit token tersebut lalu sebutkan nominal yang ingin ditarik tunai. Untuk nominalnya adalah Rp 25.000, Rp 50.000, Rp 75.000, Rp 100.000, Rp 150.000, Rp 200.000, Rp 250.000, Rp 500.000.
  • Tunggu dan transaksi tarik tunai selesai.

Di era sekarang ini penggunakan payment gateway seperti Doku Wallet ini memang sangat menguntungkan. Banyak sekali kelebihan yang bisa didapatkan, misalnya :

  • Tidak perlu membawa uang tunai banyak.
  • Jika dompet ketinggalan, masih ada smartphone yang bisa digunakan untuk melakukan pembayaran.
  • Praktis.
  • Mudah digunakan.
  • Aman.

Owh ya, DOKU Wallet juga bisa digunakan untuk pembayaran beberapa tagihan seperti PLN, PDAM, Pulsa, Telepon, Internet, TV, Cicilan, dan Asuransi.

Selain Doku Wallet, payment gateway di Indonesia masih banyak lagi, seperti Veritrans, iPayMu, Fasapay, dan FirstPay. Mungkin ada lagi lainnya tapi belum bisa saya sebutkan semua. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda, jangan lupa share artikel ini ke semua orang.

One Comment

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × 2 =