Autodebet adalah? Ini Pengertian, Kekurangan dan Kelebihannya

/ / Dibaca : 146 views

Autodebet: Pengertian, Kekurangan dan Kelebihan | Cara paling mudah ketika kita melakukan transaksi pembayaran bulanan adalah dengan Autodebet. Transaksi bulanan seperti bayar Air, Bayar listrik dan pembayaran lainnya bisa berjalan secara otomatis dengan sistem Autodebet.  Jadi kita tidak perlu ribet untuk mengatur pengeluaran setiap bulannya. 

Pengertian Autodebet

Autodebet adalah suatu fitur perbankan yang akan memotong saldo tabungan secara otomatis untuk transaksi tertentu yang ditentukan. Fitur  ini biasanya diaktifkan sesuai permintaan nasabah. Jadi, kamu tidak perlu khawatir saldo tabunganmu akan terpotong begitu saja. 

Autodebet adalah

Autodebet biasanya digunakan untuk berbagai transaksi seperti pembayaran tagihan pinjaman, kartu kredit, asuransi, kredit kendaraan bermotor, tagihan BPJS dan lain sebagainya. 

Seperti telah diulas sebelumnya, bahwa penerapan sistem Autodebet adalah sesuai dengan kesepakatan dengan nasabah. Jadi, pihak bank dan nasabah sudah sepakat mengenai pemotongan nominal saldo tabungan, dan kapan nasabah harus menyetorkan nominal untuk autodebet tersebut.

Tidak hanya itu, Di era teknologi seperti saat ini, pihak Bank terkait juga akan memberikan notifikasi autodebet kepada nasabahnya, melalui email, SMS, hingga whatsapp. 

Pihak nasabah juga bisa melakukan pengecekan pemotongan saldo otomatis tersebut, melalui cetakan rekening koran pada tabungan yang dimilikinya. 

Kelebihan Autodebet

Autodebet adalah sistem pemotongan saldo tabungan secara otomatis yang memudahkan kita untuk melakukan berbagai transaksi pembayaran. Tampaknya, semua menjadi lebih praktis ya dengan kelebihan yang dimiliki sistem ini. 

Berikut ini beberapa kelebihan sistem Autodebet yang kamu perlu ketahui:

Kemudahan Dalam Kesibukan

Bagi nasabah yang tinggal di kota-kota besar dengan berbagai kesibukan, Sistem autodebet ternyata sangat membantu mereka untuk tepat waktu melakukan kewajiban pembayaran. 

Orang-orang dengan tingkat kesibukan kerja yang tinggi mungkin tidak sempat untuk melakukan kewajiban pembayarannya secara manual.  Autodebet adalah cara yang praktis bagi mereka, Dimana mereka tidak perlu repot menghitung pengeluaran untuk tagihan bulanan. 

Hal tersebut terjadi karena Autodebet adalah sistem yang secara otomatis akan memotong saldo tabunganmu sesuai nominal yang disepakati. Sistem ini juga berjalan secara berkala setiap bulannya.

Lebih Ramah Lingkungan

Memilih sistem Autodebet ternyata membuat kita lebih ramah lingkungan loh. Kamu sudah berkontribusi positif dalam pelestarian lingkungan. Hal ini terjadi karena sistem Autodebet adalah ramah lingkungan, karena tidak perlu kertas struk untuk mencetak bukti pembayaran transaksi. 

Kertas struk merupakan salah satu hasil dari penebangan pohon yang sebenarnya tidak ramah lingkungan. Autodebet bersifat paperless, sehingga semua dokumen yang diperlukan nasabah tidak dicetak, melainkan dikirim langsung melalui email yang nasabah terkait. 

Lebih Hemat Tanpa Denda

Menggunakan sistem Autodebet adalah langkah yang tepat untuk kamu yang ingin lebih hemat. Pasalnya, Pemotongan saldo pembayaran terjadi secara otomatis. Kamu tidak memerlukan biaya perangko dan lain sebagainya.

Autodebet dilakukan secara otomatis sesuai dengan tanggal jatuh tempo dari semua transaksi pembayaran kamu. Dengan begitu, Kamu bisa terhindar dari denda keterlambatan pembayaran, karena sudah dibayarkan secara otomatis. 

Lebih Mudah dalam mencapai Tujuan

Apakah kamu memiliki tujuan di masa depan, seperti investasi dan menabung? Autodebet adalah cara yang bisa kamu pilih untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut. 

Kamu Menjadi Nasabah dengan Riwayat yang sehat 

Percaya atau tidak, Autodebet adalah sistem yang dapat mempermudah kamu mendapatkan fasilitas kartu kredit. Pasalnya, pemotongan yang terjadi tepat waktu itu akan membuat riwayat pinjaman kamu sehat, dan pihak bank tentunya akan mudah memberikan fasilitas kartu kredit untukmu.

Kekurangan Autodebet

Dari beberapa keunggulan Autodebet diatas, ternyata sistem Autodebet adalah sistem perbankan yang juga memiliki kekurangan. Beberapa kekurangan ini harus kamu pahami, sebelum memutuskan untuk menerapkan sistem autodebet pada tabunganmu.

Berikut ini beberapa kekurangan Autodebet yang wajib kamu ketahui:

Tidak Bisa Diubah ke Pembayaran Manual

Jika nasabah sudah memilih sistem Autudebet, Maka pemotongan saldo tidak bisa diubah secara manual. 

Membayar Jumlah Minimum Tapi Tidak Memperhitungkan Waktu

Autodebet adalah pemotongan saldo tabungan kamu yang secara otomatis terjadi sesuai dengan waktu tertentu. Namun, sistem ini bisa membuat kamu betah berlama-lama melakukan pembayaran dengan jumlah minimal, tanpa terdorong untuk melakukan pelunasan secara langsung. 

Membayar sesuatu yang tidak diperlukan

Hal ini memang jarang terjadi dalam sistem Autodebet. Namun, Autodebet adalah sistem yang juga bisa mengalami gagal transaksi. Beberapa kasus yang sering terjadi adalah pemotongan transaksi secara double atau pemotongan  untuk trasaksi yang sudah tidak berjalan. Jika terjadi hal ini, segera hubungi CS bank terkait. 

Lebih Pasif dalam Transaksi Keuangan

Kekurangan ini akan sangat dirasakan oleh nasabah yang terbiasa mengawasi setiap transaksi yang terjadi di rekeningnya. Semua transaksi telah diurus pihak Bank, sehingga tidak bisa diawasi begitu saja. Untuk itulah, Autodebet adalah sistem yang cocok untuk orang-orang dengan tingkat kesibukan yang tinggi.

Autodebet adalah suatu sistem perbankan yang menawarkan kemudahan transaksi untuk para nasabahnya yang sibuk. Pastikan kamu memahami terlebih dulu apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan autodebet, Sehingga kamu bisa menggunakan sistem ini dengan bijak. Selamat mencoba!

Baca Artikel dari Tags:

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.