Cara Transfer Uang ke Luar Negeri Lewat Flip

  • Whatsapp

Sekarang ini kalau mau transfer uang ke luar negeri sangat dimudahkan sekali dan bisa dilakukan sendiri tanpa bantuan orang lain. Mungkin yang biasa dilakukan orang adalah dengan datang ke bank langsung atau transfer lewat ATM. Tapi biasanya transfer lewat ATM itu biayanya besar dan kadang juga ribet karena tidak tahu SWIFT CODE bank tujuan.

Nah kali ini saya akan kasih tahu cara transfer uang ke luar negeri lewat Flip. Flip adalah layanan yang berupa aplikasi yang digunakan untuk transfer antar bank tanpa biaya admin. Biasanya misal kalau kita transfer uang dari Bank Mandiri ke BCA, pasti akan dikenakan biaya, ya kan. Nah, supaya tidak kena biaya, transfernya lewat Flip ini.

Cara Kerja Flip

Cara kerjanya itu simple saja. Misalnya kamu mau transfer uang dari Bank Mandiri ke BCA. Nah kalau kamu transfer langsung kan bakal kena biaya, tetapi melalui Flip ini nanti, kamu bisa transfer ke rekening Bank Mandiri milik Flip, dan secara otomatis jika dana sudah diterima oleh Pihak Flip akan diteruskan ke rekening tujuan ke BCA.

Rekening Mandiri – (Pengirim) -> Rekening Mandiri (Flip) -> Rekening BCA (Penerima)

Cara Kerja Flip

Jadi Flip ini sebagai jembatannya, saya sendiri sering menggunakan ini untuk transfer antar bank lokal. Apakah Flip aman? Jelas, karena sudah mengantongi izin dari pihak Bank Indonesia, No. 18/196/DKSP/68.

Lumayan kan bisa menghemat biaya transfer antar yang mencapai Rp 6.500 per transaksi. Bayangkan saja kalau sering transfer antar bank, tinggal dikali saja tuh.

Nah selain memiliki layanan transfer antar bank. Kini Flip juga punya layanan transfer uang ke luar negeri, namanya Flip Globe.

Untuk cara kerja transfer via Flip ini juga sama seperti transfer antar bank lokal.

Saat ini sudah ada 68 negara yang menjadi partner Flip Globe, diantaranya adalah : Aland islands, Australia, Austria, Azores, Bangladesh, Belgium, Benin, Bolivia, Brazil, Burkina Faso, Canary islands, Chile, China, Colombia, Cote d’Ivoire, Cuba, Cyprus, Dominican Republic, Estonia, Ethiopia, Finland, France, French Guinea, Germany, Ghana, Greece, Guinea-Bissau, Haiti, India, Ireland, Italy, Kenya, Latvia, Lithuania, Luxembourg, Madeira, Malaysia, Mali, Malta, Mayotte, Mexico, Monaco, Nepal, Netherlands, Nicaragua, Niger, Nigeria, Peru, Philippines, Portugal, Saint Barthelemy, Saint Martin, Saint Pierre and Miquelon, San Marino, Senegal, Singapore, Slovakia, Slovenia, South Korea, Spain, Sri Lanka, Tanzania, Thailand, Togo, United Kingdom, United States of America, Venezuela, Vietnam.

Lalu caranya bagaimana?

Cara Transfer Uang ke Luar Negeri Melalui Flip

Caranya sangat mudah, silakan ikuti panduan berikut.

1. Silakan buka https://globe.flip.id/

Flip Globe

Nah nanti tampilannya seperti itu, silakan kalau sudah punya akun Flip, login saja pakai akun masing-masing, kalau belum punya akun silakan daftar dulu.

Saya tidak akan jelaskan bagaimana cara membuat akunnya, di bawah form itu sudah ada link untuk Daftar Akun, silakan daftar dulu.

2. Mulai Transfer

Flip Globe Transfer Uang

Setelah login, nanti tampilan seperti itu. Nah langsung saja pilih mau transfer uang ke negara mana. Form atas itu bagian rekening tujuan, pilih dulu negaranya.

Kemudian isi nominal yang ingin ditransfer. Di sini tinggal disesuaikan saja. Kamu mau transfer nominal dalam Ringgit atau Rupiah. Kalau misalnya kamu ingin transfer sebesar RM 500, ya tinggal diisi kolom yang atas. Nantinya kolom bawah akan menyesuaikan jumlah Rupiah yang harus kamu transfer, karena ini akan menyesuaikan nilai kurs nya.

Flip Globe Transfer Malaysia

Contoh di atas misal saya ingin transfer uang ke rekening Malaysia dengan nominal RM 500. Berarti uang yang harus saya transfer saat itu juga adalah Rp 1.739.175. Ditambah biaya transfer via Flip sebesar Rp 80.000, maka total yang harus ditransfer nanti Rp 1.819.175.


Tapi kalau kamu ingin transfer dengan nominal Rupiah, isi saja kolom yang di bawah. Misalnya mau transfer Rp 1.000.000,- nanti di kolom atas (Nominal yang diterima tujuan) akan menyesuaikan sesuai nilai kurs.

Transfer Flip Luar Negeri

Contoh di atas jika saya ingin mentransfer uang ke Rekening Malaysia dengan nominal Rp 1.000.000,-. Berarti nanti orang Malaysia akan menerima sebesar RM 287,49.

Seperti itu. Paham ya sampai sini. :)

Kalau sudah sesuai, tinggal klik Lanjut.

3. Isi Data Penerima dan Pengirim

Data Pengiriman Flip

Kemudian kamu akan diminta mengisi data rekening Penerima. Silakan diisi dengan benar sesuai data rekening Penerima.

4. Review & Kirim

Kemudian setelah data penerima diisi dengan lengkap dan benar, silakan lanjut untuk mereview datanya lagi. Pastikan semuanya sudah benar dulu. Kalau sudah benar lanjut ke proses Kirim uang.

Nah diproses ini silakan pilih rekening Flip yang sesuai. Misalnya kamu mau transfer uangnya dari rekening Bank Mandiri, ya kamu pilih rekening Bank Mandiri milik Flip, supaya nanti tidak ada biaya kirim. Seperti itu. Untuk proses ini saya tidak bisa screenshot karena belum mencoba (tidak ada rekening tujuan ke luar negeri).

5. Konfirmasi Bukti Transfer

Setelah kamu transfer uangnya ke Rekening Flip, segera upload dan konfirmasi bukti transfernya. Tunggu hingga pihak Flip memberikan konfirmasi kalau transfer uang ke luar negeri Anda sukses.

Biasanya untuk transfer ke luar negeri melalui Flip, dana akan sampai ke rekening tujuan dalam waktu 24 jam (weekdays). Kalau transfernya pas weekends mungkin akan sedikit lama.

Baca juga : Cara Transfer Uang Ke Luar Negeri Melalui Bank

Flip juga ada aplikasi Androidnya, tetapi ketika saya cek, di aplikasi belum ada update untuk Kirim ke Luar Negeri. Jadi sementara ini bisa dilakukan lewat websitenya.

Seperti itu cara transfer uang ke luar negeri lewat Flip. Sangat mudah. Silakan dicoba.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *