Home » PERBANKAN » 5 Pilihan E-Toll Card Untuk Membayar Tol

5 Pilihan E-Toll Card Untuk Membayar Tol

Gerbang Tol
Ilustrasi gambar (liputan6.com)

Per 31 Oktober 2017 kemarin, Pemerintah sudah resmi mewajibkan kepada seluruh pengguna kendaraan yang memasuki gerbang jalan tol harus membayar tol menggunakan e-toll card. Meskipun sebelumnya masih ada yang menggunakan metode pembayara tunai dan non-tunai, tetapi keduanya dipisah.

Nah untuk sekarang ini semuanya sudah menggunakan e-toll card.

Tentu bagi yang belum memiliki kartu e-toll ini agar kesulitan ketika ingin membayar tol. Tetapi biasanya di gerbang tol ada petugas yang bersiap menjual kartu e-toll. Tapi apakah kita akan membuat di sana saja? Tentu tidak kan? Karena itu akan menimbulkan kemacetan dan ini sudah terbukti di beberapa ruas tol di ibukota.

Penggunaan e-toll card untuk pembayaran ini tentu untuk mendukung gerakan ‘Cashless Society‘. Selain itu ke depannya bisa jadi akan diterapkan gerbang tol otomatis yang hanya menggunakan pembayaran non-tunai.

Bagi yang saat ini belum memiliki e-toll card jangan khawatir. Kamu bisa memiliki kartu e-toll ini dengan berbagai pilihan. Karena telah banyak badan usaha yang menyediakan e-toll card ini. Beberapa diantaranya yang bisa kamu miliki adalah :

1. e-Toll Card

e-Toll Card

Nama kartu ini adalah e-Toll Card dan kamu bisa membelinya di Bank Mandiri dan juga gerai Indomaret wilayah Jabodetabek. Setelah diresmikannya aturan itu, kartu ini juga ada yang dijual di beberapa gerbang tol yang berisi saldo minimal Rp 10 ribu dan ada juga yang maksimal Rp 1 juta.

E-Toll Card ini memang dikeluarkan oleh Bank Mandiri tentunya hasil bekerja sama dengan beberapa pengelola jalan tol seperti Jasa Marga, Marga Mandala Sakti, dll.

Baca juga : Cara Isi Ulang e-Money Mandiri Bisa Lewat Apa Saja?

Bank Mandiri tidak hanya menerbitkan e-Toll Card, sebenarnya Bank Mandiri juga mengeluarkan beberapa produk e-Money, Gaz Card dan Indomaret Card. Dan kartu-kartu itu juga dapat digunakan untuk pembayaran tol.

2. Flazz BCA

Flazz BCA

Kemudian pilihan kartu lain adalah Flazz BCA. Sesuai dengan namanya, e-toll card ini dikeluarkan oleh BCA. Bagi yang sudah memiliki Flazz BCA mungkin merasa tidak bisa kalau digunakan untuk bayar tol. Ya itu dulu, tetapi mulai 31 Oktober kemarin, BCA telah berkoordinasi dengan pengelola tol agar kartu ini bisa digunakan.

Untuk membeli kartu ini bisa datang ke kantor BCA maupun di gerai Alfamart. Saldo minimalnya Rp 20 ribu sedangkan maksimal Rp 1 juta.

3. BNI TapCash

BNI TapCash

BNI juga punya produk yang dapat digunakan untuk pembayaran tol, yaitu BNI TapCash. Untuk mendapatkannya bisa datang ke kantor cabang BNI terdekat maupun di beberapa mitra kerjasama TapCash.

BNI TapCash ini dapat digunakan untuk pembayaran tol di Jabodetabek maupun luar Jabodetabek.

Gerbang Tol Jabodetabek dengan ruas sbb:

  • Tol Dalam Kota
  • Tol Jakarta-Tangerang
  • Tol Meruya-Ulujami
  • Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR)
  • Tol Bogor Selatan (BORR)

Sedangakn Gerbang Tol Non Jabodetabek dengan ruas sbb:

  • Tol Makassar
  • Tol Bali – Mandara
  • Tol Semarang
  • Tol Surabaya
  • Tol Medan
  • Tol Palimanan – Brebes Timur
  • Tol Palimanan – Purbaleunyi
  • Tol Cikarang – Purbaleunyi
  • Tol Cikarang –Palimanan

BNI TapCash ini hanya bisa diisi dengan saldo maksimal Rp 1 juta saja.

4. Brizzi BRI

Brizzi BRI

Ada juga Brizzi dari BRI. Produk e-money dari BRI ini terbilang baru dibanding produk dari bank lain. Namun, Brizzi BRI ini juga sudah bisa digunakan untuk melakukan pembayaran tol. Kami kurang tahu apakah sudah bisa digunakan untuk semua gerbang tol atau belum.

Brizzi BRI ini dapat mengakomodasi pembayaran transaksi mulai dari Rp 1,- hingga Rp 1.000.000,-

5. Blink BTN

BTN Blink

Yang terakhir adalah Blink BTN. Bank Tabungan Negara ini juga ikut andil dalam perubahan pembayaran tol ke e-toll card. Buktinya kemarin bulan September telah menyiapkan sekitar 600.000 kartu yang akan disebar ke pengguna.

Kamu bisa mendatangi BTN untuk mendapatkan kartu ini.

Nah, mungkin masih ada e-toll card dari bank lain atau pihak lain, tetapi mohon maaf belum bisa menuliskannya semua di sini. Yang penting intinya mari beralih ke e-toll card karena itu jalan satu-satunya untuk membayar tol. Lagipula e-toll card yang ada di atas itu tidak hanya bisa digunakan untuk membayar tol saja, tetapi juga beberapa transaksi lain bahkan untuk belanja.

Sekarang tinggal pilih kartu mana yang sesuai dengan kebutuhan kamu saja. Untuk detail bagaimana fitur dan cara mendapatkannya kartu-kartu di atas, akan kami ulas di artikel berikutnya. Jangan lupa subscribe blog ini.

Jadi sebenarnya banyak untungnya. Mari dukung Pemerintah untuk mewujudkan Gerakan ‘Cashless Society’.

Bagikan artikel ini :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *