Home » PERBANKAN » Syarat & Cara Membuka Rekening TabunganMU (Mitra Usaha) Bank Mandiri

Syarat & Cara Membuka Rekening TabunganMU (Mitra Usaha) Bank Mandiri

Mandiri Mitra Usaha

Mungkin Anda sudah pernah melihat kantor cabang Bank Mandiri yang berada di kecamatan, ukurannya tidak besar, namun di sana tertulis Mandiri Mitra Usaha. Nah, salah satu produk tabungannya adalah Mandiri TabunganMU.

Ingat, Mandiri TabunganMU, bukan Mandiri TabunganKU. Kalau Mandiri TabunganKu itu merupakan produk tabungan yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia di seluruh bank di Indonesia. Sedangkan Mandiri TabunganMU ini hanya adalah di Bank Mandiri.

Meskipun namanya Mitra Usaha, tetapi produk simpanan yang satu ini tidak hanya bisa dibuat di cabang Mandiri Mitra Usaha. Anda pun bisa membuka rekening tabungan Mitra Usaha ini di seluruh kantor cabang Bank Mandiri.

Lalu apa bedanya produk simpanan TabunganMU Mandiri ini dengan produk simpanan Bank Mandiri lainnya?

Salah satu yang cukup membedakan adalah di TabunganMU Mandiri ini tidak ada biaya administrasi bulanan. Dan tetap mendapatkan fitur lengkap dari Bank Mandiri. Dari sini semoga Anda paham ya. Jadi kalau TabunganKu itu adalah produk tabungan yang dikeluarkan oleh Pemerintah dan ada batasan fitur layanan, sedangkan TabunganMU Mandiri ini dikeluarkan oleh Bank Mandiri tetapi mendapatkan fitur layanan yang lengkap. Meskipun keduanya sama-sama bebas biaya administrasi.

Artikel terkait : TabunganKu, Tabungan Tanpa Biaya Administrasi

Syarat membuat rekening TabunganMU Mandiri itu mudah

Sama seperti halnya membuat rekening tabungan pada umumnya, di TabunganMU Mandiri ini Anda juga hanya menyiapkan persyaratan seperti biasa, yaitu :

  • Kartu Identitas yang masih aktif (KTP untuk Warga Negara Indonesia, dan Paspor/KIMS/KITAS/KITAP untuk Warga Negara Asing.

Perihal KTP, khusus untuk warga dengan KTP DKI Jakarta, KTP bisa digunakan untuk membuka rekening TabunganMU Mandiri di seluruh cabang Bank Mandiri yang ada di DKI Jakarta. Dan untuk KTP luar DKI Jakarta, hanya dapat digunakan di daerah (Kabupaten/Kota) masing-masing.

Kalau sedang bekerja atau domisilinya di luar kota bagaimana? Tetap bisa digunakan, tetapi harus melampirkan Surat Keterangan Domisili dan Surat Keterangan Kerja.

Kemudian syarat berikutnya selain dokumen KTP adalah uang. Ya, Anda harus membawa sejumlah uang minimal Rp 50.000,- untuk setoran awal. Ya, membuka rekening TabunganMU Mandiri ini setoran awal hanya Rp 50.000,-.

Jika sudah membawa dua syarat itu, Anda sudah bisa membuka rekening tabungan ini dengan langsung datang ke kantor cabang Bank Mandiri terdekat. Tentunya dengan bilang ke CS ingin membuka rekening “TabunganMU Mandiri”.

Fasilitas TabunganMU ( Mitra Usaha ) Bank Mandiri

Meskipun syaratnya sangat mudah, tetapi fasilitas dan fitur layanan yang diberikan hampir sama dengan produk tabungan Mandiri yang biasa.

Anda tetapi bisa melakukan transaksi seperti setoran tunai, penarikan di seluruh cabang Bank Mandiri yang ada di Indonesia.

Anda juga akan mendapatkan fasilitas Kartu Mandiri Debit Mitra Usaha yang bisa difungsikan sebagai kartu ATM dan juga kartu belanja atau pembayaran di beberapa merchant yang ada di Indonesia tapi belum bisa untuk belanja online. Kartu debit Mandiri Mitra Usaha ini dapat digunakan di beberapa ATM seperti ATM Bersama, Link, Prima dan tentunya ATM Mandiri. Jadi kalau ingin digunakan di luar negeri, kartu debit Mandiri Mitra Usaha ini belum bisa.

Baca juga : Mengambil Uang (Tarik Tunai) via ATM di Luar Negeri

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan layanan e-Banking Mandiri seperti Internet Banking dan SMS Banking. Sebaiknya jika Anda ingin mengaktifkan ini langsung minta petunjuk dari CS saat membuka rekening.

Owh ya, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan terkait fitur dan layanan yang diberikan di TabunganMU Mandiri ini.

Untuk benefit bebas biaya administrasi, ini berlaku jika saldo tabungan Anda di setiap akhir bulannya lebih dari Rp 1.000.000,-. Dari kalau misal saldo tabungan Anda per akhir bulan hanya ada Rp 900.000,- maka akan dikenakan biaya administrasi.

Kemudian untuk Kartu Mandiri Debit Mitra Usaha juga tidak akan dikenai biaya administrasi bulanan. Sedangkan untuk saldo minimal yang harus ada di rekening TabunganMU Mandiri adalah minimal Rp 50.000,-.

Itulah beberapa informasi mengenai tata cara pembukaan rekening TabunganMU Mandiri. Semoga bisa dijadikan referensi yang bermanfaat apabila Anda sedang ingin membuka rekening ini.

Bagikan artikel ini :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *