Home » PELUANG USAHA » 6 Peluang Usaha di Kawasan Sirkuit Mandalika

6 Peluang Usaha di Kawasan Sirkuit Mandalika

Adi Firmansyah / 22/11/2021 / Dibaca : 163 views

Peluang usaha di Kawasan Sirkuit Mandalika Lombok | Indonesia akhirnya memiliki sirkuit balap kelas Internasional yang berada di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika. Tepatnya di Desa Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Meski pembangunan infrastruktur belum 100%, tetapi Sirkuit Mandalika ini sudah diresmikan dan digunakan untuk gelaran akhir musim World SBK 2021.

Dari event World SBK 2021 kemarin yang sebenarnya WSBK sendiri kurang familiar di masyarakat Indonesia, ternyata juga mencuri banyak perhatian masyarakat lokal maupun nasional. Apalagi ada jadwal MotoGP 2022 yang akan diselenggarakan juga di Sirkuit Mandalika ini pasti semakin memikat banyak turis lokal maupun mancanegara.

Moment ini tentu tidak boleh dilewatkan begitu saja, khususnya untuk para masyarakat lokal Kota Lombok maupun Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Untuk itu warga NTB jangan hanya jadi penonton, tetapi mulai saat ini membangun usaha atau bisnis yang bisa menguntungkan dari adanya sirkuit balap ini.

Melihat Peluang Usaha di Kawasan Sirkuit Mandalika

Lombok sendiri sudah menjadi ikon Indonesia sebagai tempat wisata selain Bali. Dengan hadirnya sirkuit Mandalika ini, membuat Lombok memiliki ikon baru di mata dunia. Ya meskipun gelaran balap berskala Internasional hanya diselenggarakan beberapa kali dalam setahunnya, tapi ini bisa jadi peluang bisnis yang manis untuk masyarakat lokal.

Peluang Usaha di Kawasan Sirkuit Mandalika

Berikut ini beberapa peluang usaha di kawasan Sirkuit Mandalika yang bisa dicoba.

1. Bisnis Penginapan

Berkaca dari event WSBK yang perdana digelar di Sirkuit Mandalika kemarin, seluruh penginapan baik hotel hingga losmen sampai penuh. Bahkan banyak yang menolak tamu karena sudah di-booking jauh-jauh hari.

Bisa dibayangkan kalau nanti gelaran MotoGP 2022 terselenggara di sirkuit ini, pasti akan semakin menarik antusias banyak orang. Untuk itu mulai saat ini mungkin bagi warna lokal khususnya yang memiliki lahan di dekat atau menuju ke Sirkuit Mandalika, bisa mulai membangun usaha penginapan dari sekarang.

Tidak perlu membangun penginapan yang terlalu mewah, kalau memang budget terbatas, buat saja penginapan kelas losmen atau homestay, yang terpenting nyaman untuk digunakan istirahat.

2. Pernak Pernik Kerajinan Bertema Otomotif

Di Lombok terkenal dengan kerajinan tangan yang menarik-menarik. Seperti kain tenun, songket, ada mutiara khas Lombok, anyaman Ketak dan masih banyak lagi kerajinan khas Lombok.

Nah mungkin mulai saat ini para perajin maupun masyarakat Lombok dan NTB bisa mulai membuat pernak-pernik kerajinan yang dikombinasikan dengan tema otomotif khususnya event MotoGP. Tentu ini nanti akan menjadikan keunikan tersendiri ketika banyak wisatawan yang datang ke Lombok maupun secara khusus untuk menyaksikan gelaran MotoGP di Sirkuit Mandalika.

Harapannya tentu akan bisa meningkatkan omzet penjualan dan lebih mengenalkan produk lokal NTB ke pasar Internasional.

3. Jasa Sewa Mobil / Motor di Lombok

Selain masalah penginapan, kemarin yang cukup berdampak positif dari gelaran balap adalah habisnya persewaan mobil. Tentu ini jadi peluang usaha di kawasan sirkut Mandalika yang bisa dicoba juga.

Membuka jasa sewa mobil atau motor untuk para wisatawan yang ingin menuju ke sirkuit Mandalika.

Baca juga : Menjadikan Mobil Pribadi Sebagai Mesin Uang

4. Membuka Paket Wisata Lombok Mandalika

Paket wisata Lombok pasti sudah banyak, tetapi Anda tidak perlu ragu untuk membuka usaha ini. Anda bisa membuka paket wisata Lombok Mandalika jauh-jauh hari. Misalnya saja membuka paket Trip Lombok yang dijadwalkan juga untuk mengunjungi Kawasan Sirkuit Mandalika, atau bisa juga paket trip yang sudah include menonton balap MotoGP atau gelaran balap lainnya.

Tentu trip seperti ini akan banyak diminati.

5. Jasa Tour Guide

Dengan adanya gelaran balap Internasional seperti MotoGP dan World Superbike, tentu akan membuat turis asing berdatangan ke Lombok. Bagi yang sudah pernah ke Lombok mungkin tidak akan asing. Tetapi bagi turis-turis baru, mungkin perlu informasi lengkap tentang Lombok.

Anda sebagai warga lokal, harus bisa mengambil peluang ini, yakni dengan membuka jasa Tour Guide. Anda bisa menemani para turis ini selama berada di Lombok, merekomendasikan tempat-tempat wisata menarik di Lombok, makanan khas Lombok dan lainnya.

Tentu untuk membuka jasa seperti ini paling tidak Anda harus punya kemampuan berbahasa Inggris yang bagus.

Jadi untuk para pemuda-pemuda lokal Lombok, perlu untuk meningkatkan skill dalam berbahasa Inggris, karena ini nanti akan sangat berguna.

6. Bisnis Kuliner

Yang tak boleh ketinggalan lagi adalah bisnis kuliner. NTB atau khususnya Lombok memiliki kuliner yang khas. Peluang usaha ini harus ada agar para turis juga mengenal makanan maupun minuman khas Lombok / NTB.

Nantinya Anda bisa berjualan di kawasan dekat Mandalika.


Dekat adanya MotoGP 2022 nanti, sudah pasti wisata di Lombok akan meningkat tajam. Masyarakat lokal harus mulai berbenah mulai sekarang. Jangan sampai justru dikuasai ‘orang asing’ dan warga lokal hanya jadi penonton saja.

Yang jelas masih banyak peluang usaha di kawasan Sirkuit Mandalika yang bisa dikembangkan. Semoga adanya event-event yang akan datang, semakin banyak warga lokal yang bisa meraup keuntungan dari gelaran tersebut. Sehingga adanya Sirkuit Mandalika ini tidak hanya menjadi kebanggaan saja tetapi juga berkah untuk masyarakat yang ada di sekitar Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika.


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.