Home » INVESTASI » 5 Investasi Jangka Pendek yang Aman, Murah dan Terjamin Negara!

5 Investasi Jangka Pendek yang Aman, Murah dan Terjamin Negara!

Editor / 25/12/2021 / Dibaca : 37 views

Investasi jangka pendek kabarnya bisa memberikan kita keuntungan dalam jangka waktu yang singkat. Hal ini terjadi karena jenis investasi ini cenderung lebih aman dengan tingkat risiko yang cukup rendah. 

Selain itu, Investasi ini bahkan sudah bisa dimulai dengan modal awal yang sangat terjangkau. Penasaran dengan produk-produk investasi jangka pendek, simak terus artikel ini. 

Apa Itu Investasi Jangka Pendek?

Investasi jangka pendek itu seperti apa sih? Bukannya investasi membutuhkan waktu yang lama ya? Mungkin pertanyaan seperti ini muncul di pikiran kamu ketika mendengar tentang investasi jangka pendek.

Investasi Jangka Pendek

Investasi jangka pendek merupakan suatu produk investasi yang dilakukan dengan menyetorkan sejumlah dana, kemudian dikelola dalam waktu singkat. Dengan begitu, keuntungan yang didapatkan juga akan diterima dalam kurun waktu yang lebih pendek. 

Investasi jangka pendek bahkan bisa kamu nikmati keuntungannya setidaknya setelah satu tahun saja. Jangka waktunya yang pendek, membuat risiko dari investasi ini juga lebih rendah.

Investasi jenis ini sangat cocok sekali bagi kamu pemula yang ingin mulai berinvestasi. Selain itu, Kamu yang ingin mulai berbisnis dan membutuhkan modal dalam waktu pendek, juga bisa memanfaatkan investasi ini.

5 Produk Investasi Jangka Pendek

Setelah memahami apa itu investasi jangka pendek, Selanjutnya kita akan mencari tahu tentang produk investasi jangka pendek. Berikut 5 produk dan penjelasannya:

1. Reksa dana

Produk investasi reksa dana adalah investasi jangka pendek, Dimana sejumlah dana dari investor akan dikelola oleh seorang manajer investasi agar mendapatkan keuntungan. Misalnya, Kamu adalah investornya yang menyetorkan dana investasi, Uang kamu akan dikelola oleh sang MI, dan kamu tinggal menerima keuntungannya saja.

Khusus untuk reksa dana jangka pendek, sifatnya juga lebih praktis. Risiko kerugiannya juga rendah dan kamu sudah bisa mendapatkan untung setelah 1 tahun berjalan. 

2. Deposito

Investasi jangka pendek yang satu ini sepertinya sudah cukup populer di berbagai kalangan ya. Deposito biasanya merupakan produk perbankan dengan ketentuan khusus. 

Jika ikut investasi deposito, Kamu hanya perlu menyetorkan sejumlah dana, kemudian tunggu dari 3 bulan hingga mencapai 2 tahun. 

Dana deposito hanya bisa ditarik setiap tanggal jatuh tempo saja. Jadi, kamu tidak bisa menarik dana kapan saja. Investasi jangka pendek melalui deposito pastinya aman dan diawasi oleh LPS langsung.

Perlu kamu ketahui juga bahwa dalam deposito terdapat suku bunga yang lumayan tinggi. Hal ini tentu akan berpengaruh besar terhadap keuntungan yang didapatkan.

3. Saham

Investasi jangka pendek berikutnya adalah Saham. Investasi berupa surat berharga bukti kepemilikan suatu aset, ternyata bisa kita manfaatkan untuk jangka pendek loh.

Saham dalam jangka waktu yang pendek itu umumnya menggunakan sistem trading. Ada banyak aplikasi trading yang terpercaya saat ini, yang bisa kamu pilih untuk berinvestasi. 

Keuntungan dari investasi ini bahkan bisa kamu peroleh hanya dalam kurun waktu beberapa jam saja. Meskipun begitu, investasi saham tentu tidak mudah. Kamu harus benar-benar memahami strategi serta mengelola saham, agar mendapatkan keuntungan yang besar dengan risiko yang kecil.

4. Fintech Peer to Peer (P2P) Lending

Istilah P2P lending mungkin masih cukup asing ditelinga kamu para pemula dalam dunia investasi. P2P ini adalah berinvestasi dengan pengembangan usaha. Keuntungan yang didapat juga berupa suku bunga.

Dalam P2P, Kamu bisa memilih waktu investasi jangka pendek kamu, mulai dari 6 bulan, 1 tahun hingga 2 tahun. Investasi ini membutuhkan modal awal  mulai dari Rp. 100.000 saja. 

Investasi P2P memiliki risiko yang cukup tinggi, sebab dananya akan dikelola oleh UMKM. Potensi kerugian dan kegagalan dapat terjadi sewaktu-waktu. Meskipun begitu, investasi P2P ini sudah aman karena diawasi oleh OJK.

5. Surat Utang Negara (SUN)

Investasi dengan jangka pendek yang terakhir adalah SUN atau Surat Utang Negara adalah sebuah surat yang berisi tentang surat pernyataan utang dan diterbitkan oleh negara dengan tujuan sebagai investor dana.

Jika kamu memilih investasi ini, Maka akan cukup menguntungkan dana man pastinya. Investasi ini bahkan dijamin negara dari segi pembayaran modal dan bunganya dalam jangka waktu tertentu. 

Jika kamu berminat untuk investasi ini, Siapkan modal minimal Rp. 1 Juta saja. Risikonya juga sangat kecil, sehingga kamu tidak perlu khawatir akan mengalami kerugian besar.

Sistem kerja investasi dengan jangka pendek ini berjalan ketika negara yang mengeluarkan SUN untuk investor, dan investor akan memberikan dana dalam bentuk piutang. Selanjutnya, dana itu akan dikelola oleh negara untuk kebutuhan dan pembangunan negara.

Keuntungan dari pengelolaan modal tersebut, Akan dibayarkan ke pihak investor dalam bentuk bunga. Surat utang negara yang cukup sering digunakan berinvestasi adalah obligasi dan sukuk.

Ketika hendak berinvestasi, pastikan kamu sudah menentukan tujuan berinvestasi terlebih dulu. Setelah itu, Kamu wajib tahu bagaimana kinerja instrument investasi jangka pendek yang sudah dipilih. Dengan begitu, kamu bisa memilih produk investasi yang tepat dan bisa mengatur strategi untuk melakukan investasi jangka pendek ini. Selamat mencoba!

Baca Artikel dari Tags:

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.