Alasan Seseorang Bisa Menjadi Pengusaha

Ada banyak alasan mengapa seseorang bisa menjadi pengusaha. Bahkan ini membuat kita kadang bertanya-tanya, mengapa kok si A bisa jadi pengusaha sementara saya kok tidak. Nah kali ini EtalaseBisnis ingin sedikit memberikan beberapa ulasannya yang semoga saja nanti bisa menjadi trigger dan motivasi untuk kamu yang ingin berwirausaha.

Menjadi pengusaha itu kalau dibilang susah ya susah tetapi kalau dibilang mudah ya mudah. Sebenarnya itu semua tergantung dari tekad masing-masing orang. Dan yang perlu digaris bawahi, semua pekerjaan baik itu wirausaha atau jadi karyawan, semuanya pasti punya kelebihan dan kekurangannya.

Jadi jangan anggap jadi pengusaha itu enak. Biasanya yang seperti ini hanya memandang penghasilan yang didapatkan saja. Kebanyakan pandangan orang melihat pengusaha itu pasti punya banyak uang. Padahal tidak selamanya seperti itu. Banyak pengusaha yang ternyata selain banyak penghasilan juga punya banyak hutang. Akhirnya malah bangkrut. Banyak yang seperti ini.

Jadi Pengusaha

Kembali ke topik yang akan kita bahas, mengapa seseorang bisa jadi pengusaha? Ternyata alasan utamanya bukan karena punya banyak uang, tetapi ini beberapa alasannya…

1. Karena Cita-cita

Ada orang yang memang sejak kecil atau maksimal ketika sudah sekolah punya keinginan untuk jadi pengusaha. Mereka sudah punya cita-cita untuk jadi seorang pengusaha, meskipun skala usahanya masih kecil yang penting harus punya usaha.

Biasanya orang-orang seperti ini sudah dididik tentang entrepreneurship sejak kecil. Faktor keluarga, lingkungan dan sekolah sangat mempengaruhinya.

Selain itu memang dirinya suka berjualan, sehingga inilah yang menjadikannya berwirausaha sebagai cita-citanya.

Baca juga : Ketika Kuliah Ditanya Dosen Pengen Jadi Pengusaha, Tapi Setelah Lulus Kok Nggak Jadi?

2. Karena Melihat Peluang

Orang-orang yang berwirausaha ini termasuk orang yang peka. Karena mereka mampu melihat peluang yang tidak dipikirkan oleh orang lain. Misalnya saja ia tinggal di area perkantoran, kemudian melihat kondisi kalau sedang jam makan siang banyak pegawai kantor yang susah cari makan yang pas.

Akhirnya dari situasi itu, ia melihat ada peluang usaha yang menjanjikan, yaitu usaha catering makanan untuk pegawai. Perlahan menawari satu dua pegawai tetapi kemudian bisa ratusan pegawai.

Usaha cateringnya pun berkembang.

Banyak para pengusaha yang didasari oleh alasan ini. Sebut saja mantan Founder dan CEO Gojek, Nadiem Makarim. Dulu ia mendirikan Gojek karena melihat kondisi ojek konvensional yang menurutnya tidak efektif. Dari harga yang tidak jelas serta faktor kenyamanan dan keamanan.

Kalau kamu juga ingin jadi pengusaha, coba lihat di sekitarmu kira-kira ada masalah apa dan peluang apa yang bisa diambil.

3. Karena Punya Bisnis Keluarga

Kemudian ada alasan lain lagi mengapa seseorang bisa jadi pengusaha. Yakni karena memiliki bisnis keluarga, orang tuanya atau bahkan sejak kakek neneknya sudah punya bisnis turun temurun. Karena ingin usaha tersebut tetap berjalan, biasanya akan diwariskan ke anaknya.

Nah akhirnya secara otomatis langsung bisa punya usaha yang sudah berjalan.

Tetapi jangan anggap menjalankan bisnis keluarga itu mudah. Meskipun termasuk bisnis warisan, tetapi tetap saja butuh kerja keras untuk menjalankannya dan tentunya untuk mempertahankan kejayaannya.

Baca juga : Tips Melanjutkan Bisnis Keluarga atau Bisnis dari Orang Tua

4. Karena Iseng

Ada yang juga yang menjadi pengusaha karena diawali dari keisengan. Iya iseng, tidak ada niat untuk jadi pengusaha eh malah jadi pengusaha beneran. Misalnya saja awalnya iseng bantu-bantu temen jualin produk, ternyata lama-lama laris, kemudian usahanya semakin besar dan ditekuni. Alhasil jadi semakin besar dan jadi usaha utama.

5. Karena Gagal Kerja Kantor

Hehe, ada juga yang jadi pengusaha karena gagal kerja kantor. Ini bisa meliputi karena susah cari kerja, lamar sana sini tidak diterima, akhirnya buka usaha. Ada juga yang karena di PHK atau memang memutuskan resign dari perusahaan kemudian ingin membuka usaha sendiri.

Nah, banyak hal yang melatarbelakangi seseorang bisa menjadi pengusaha. Tetapi apapun itu alasan dan latar belakangnya, jadilah pengusaha yang jujur, tekun dan terus bekerja keras.

Karena jadi pengusaha itu tidak mudah. :)



Baca Artikel dari Tags:

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.