Perbedaan Internet Marketing dengan Digital Marketing, Jangan Disamakan!

/ / Dibaca : 127 views

Apa ya Perbedaan Internet marketing dengan Digital marketing? Dalam dunia pemasaran era digital, kedua istilah ini sebenarnya hampir mirip dan terkadang dianggap sama.

Namun, Jika ditelusuri kembali, ternyata kedua istilah pemasaran tersebut memiliki perbedaan. 

Digital marketing memiliki cakupan yang lebih luas. Bentuk pemasaran digital marketing juga beragam. Sementara Internet marketing memiliki cakupan yang lebih sempit, yaitu yang hanya terhubung dengan internet.

Kedua istilah tersebut sangat berkaitan dalam dunia pemasaran digital. Segala sesuatu yang kamu lihat di dunia digital saat ini, baik di website hingga social media, Itu adalah salah satu bentuk dari digital marketing dan internet marketing. 

Penting bagi para marketer dan pelaku bisnis mengetahui perbedaan internet marketing dan digital marketing. Dengan memahami perbedaanya, Mereka dapat menerapkan strategi pemasaran yang tepat. 

Perbedaan Internet Marketing dengan Digital Marketing

Pengertian Digital Marketing

Bagi kamu yang punya minat besar tentang dunia Marketing, pasti sudah pernah mendengar istilah Digital Marketing. 

Beberapa tahun ke belakang, Digital Marketing ternyata sudah mulai digunakan oleh para marketer di hampir seluruh dunia. 

Digital marketing merupakan upaya pemasaran dengan menggunakan media elektronik atau internet. Hal ini juga mengacu pada konsep marketing 4.0, Dimana pemasaran fokus pada konsumen di era digital.

Dalam dunia digital marketing, Semua teknik marketing akan dilakukan dengan menggunakan perangkat digital.

Digital marketing memiliki bentuk pemasaran tersendiri. Yaitu seperti Content marketing, Search engine optimization (SEO), email marketing, billboard elektronik, Pay per click (PPC) hingga iklan-iklan yang sering muncul di TV.

Intinya, Digital marketing bukan saja suatu pemasaran yang dilakukan di media internet, tetapi juga platform lainnya, termasuk Televisi dan radio. 

Contoh Digital Marketing

Untuk lebih memahami perbedaan internet marketing dengan digital marketing, Mari kita simak beberapa contoh yang termasuk kepada Digital marketing:

  1. Peran Influencer

Jika dulu pemasaran dilakukan dengan membuat iklan dan menampilkannya lewat TV, maka di era digital hal ini sudah digantikan oleh Influencer. 

Para influencer biasanya merupakan orang-orang yang expert dalam suatu hal atau berprestasi dalam suatu bidang, kemudian dia akan menyampaikan pesan marketing di social medianya. Influencer seperti ini adalah salah satu contoh Digital marketing, bukan internet marketing. 

  1. Facebook Ads dan Google Ads

Saat kamu ingin berjualan online dengan lebih maksimal dan ingin menjangkau target pasar lebih luas lagi, Facebook Ads dan Google Ads bisa membantu kamu.

Dengan menggunakan fitur iklan ini, Strategi pemasaran digital kamu bisa lebih mudah untuk dilakukan dan kamu akan mendapatkan banyak calon konsumen baru. 

Facebook Ads dan Google Ads ini juga termasuk Digital marketing, karena memanfaatkan teknologi untuk melakukan pemasaran digital. 

Pengertian Internet Marketing

Ketika internet sudah masuk ke Indonesia, Istilah internet marketing merupakan hal yang mulai diterapkan dalam dunia pemasaran, jauh sebelum digital marketing ada.

Internet marketing merupakan bentuk pemasaran yang target penggunanya berasal dari pengguna internet. Istilah ini juga sering disebut dengan Online marketing.

Sesuai dengan namanya, Internet marketing hanya bisa dijalankan jika terkoneksi dengan internet, karena Internet marketing adalah suatu strategi pemasaran produk lewat internet.

Sebagian orang menjalankan internet marketing dengan tujuan promosi, meningkatkan penjualan hingga mempengaruhi konsumen agar membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

Contoh internet marketing yang paling mudah diingat dan sering kita jumpai dalam penggunaan internet sehari-hari seperti forum jual beli, Marketplace, Mesin pencari (Google, Bink, Yahoo), Email marketing dan Sosial media

Perbedaan Internet Marketing dengan Digital Marketing

Sekarang mari kita mulai melihat perbedaan internet marketing dengan digital marketing. Pada internet marketing, Fokus lebih tertuju kepada kegiatan pemasaran yang targetnya adalah semua pengguna internet aktif. 

Internet marketing benar-benar memanfaatkan internet sebagai strategi untuk mendapatkan calon konsumen. 

Sedangkan pada Digital marketing, Fokus lebih kepada teknologi yang menggunakan internet. Internet marketing merupakan bagian dari Digital marketing. 

Digital marketing memiliki fokus yang lebih kompleks, termasuk dalam membuat strategi marketing, webinar, free ebook hingga social media.

Kesimpulan 

Tidak terdapat perbedaan yang terlalu signifikan, Di antara Digital marketing dengan internet marketing. Internet marketing ternyata merupakan bagian dari Digital marketing itu sendiri.

Mengetahui perbedaan Internet Marketing dengan Digital marketing akan menambah insight bagi para Marketer hingga pelaku bisnis dalam menjalankan strategi bisnisnya. 

Konsep pemasaran 4.0 akan berfokus untuk menarik konsumen di era digital, dan mampu meningkatkan penjualan dengan maksimal. 

Selain itu, Pemanfaatkan platform digital juga bisa menjadi salah satu strategi digital yang efektif untuk melakukan pemasaran online. 

Dengan mengetahui perbedaan Internet marketing dan Digital Marketing, Semoga kita bisa lebih efektif dalam menggunakan platform digital di masa depan nanti. 

Baca Artikel dari Tags:

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.