Kredit IklanKu Shopee Habis Banyak, Tapi Order Penjualan Sedikit. Ini Sebabnya!

  • Whatsapp

Dengan fitur IklanKu Shopee (Iklan Kata Kunci), seller akan semakin mudah mempromosikan produknya dan mendapatkan transaksi penjualan meskipun status tokonya masih baru.


Dulu ketika awal-awal marketplace muncul, jualan bisa dibilang cukup mudah mendapatkan transaksi. Tapi sekarang karena persaingan semakin tinggi, untuk mendapatkan transaksi harus dibantu dengan iklan. Kalau kamu berjualan di Shopee, pasti tak asing lagi dengan fitur Iklan Kata Kunci.

Fitur iklan ini sangat membantu seller baru untuk lebih cepat mendapatkan transaksi penjualan. Apalagi jika produk yang dijual memang sudah banyak saingannya. Sayangnya banyak seller yang tidak paham tentang bagaimana mengatur iklan yang baik dan efektif. Akhirnya sudah habis biaya Iklan Kata Kunci Shopee banyak, tapi tidak mendapatkan biaya transaksi penjualan yang banyak pula.

Lantas apa penyebabnya?

Iklan Kata Kunci Tidak Menjamin Kenaikan Order

Ya, tidak ada jaminan ketika produk Anda di iklankan lantas mendapatkan order yang banyak. Sudah banyak seller yang mengalami hal ini. Mereka pada boncos dalam beriklan, sudah habis biaya iklan ratusan ribu per hari tapi tidak diimbangi dengan konversi penjualan yang bagus.

Karena lagi-lagi ini masalah persaingan. Yang beriklan di Shopee itu tidak hanya Anda saja, tetapi juga sellerseller lain yang memang punya budget iklan lebih besar. Selain itu ada juga seller yang ‘nakal’ yakni dengan mengklik produk-produk iklan dari seller lain tanpa membelinya. Sehingga ini akan menguras biaya iklan.

Tapi selain itu ada hal-hal teknis lain yang menjadi penyebab Iklan Kata Kunci tidak mendatangkan order.

Penyebab Iklan Kata Kunci Tidak Mendatangkan Order

Ada beberapa hal yang perlu diketahui oleh seller dari sisi teknik pemasangan iklan.

1. Menggunakan Kata Kunci yang Disarankan Shopee

Iklan Kata Kunci Shopee

Ketika kamu ingin menambahkan Kata Pencarian, pasti Shopee akan memberikan beberapa kata kunci rekomendasi berdasarkan produk yang ingin kamu iklankan.

Kata kunci yang direkomendasikan itu memang bagus-bagus Volume Pencariannya. Tentu jika kamu tidak paham, akan mengikuti sarannya saja dan berharap dengan menambahkan kata kunci itu nantinya akan mendapatkan jumlah kunjungan yang banyak.

Tetapi ketahuilah, kata kunci yang direkomendasikan Shopee itu banyak sekali persaingannya. Di lain sisi pasti akan memiliki biaya per klik yang besar.

Jadi kami sarankan untuk melakukan riset kata kunci yang lebih mendalam. Tidak perlu mengikuti saran dari Shopee. Tapi yang jelas, kata kunci harus related dengan produk kamu.

2. Terlalu Banyak Menggunakan Kata Kunci

Kesalahan lain yang sering dilakukan seller adalah terlalu banyak menggunakan kata kunci. Padahal kata kunci yang ditambahkan banyak juga yang tidak efektif.

Niatnya ingin mendapatkan kunjungan yang banyak dari beberapa kata kunci, tetapi justru itu akan jadi boomerang karena meskipun banyak yang melihat dan mengklik, tetapi kata kunci tersebut tidak efektif.

Sarankan kami cukup pasang maksimal 5 kata kunci saja.

3. Biaya Per Klik yang Tinggi di Kata Kunci yang Kompetitif

Bisa juga kamu mengatur biaya per klik kata kunci terlalu tinggi tetapi di kata kunci yang juga memiliki persaingan tinggi. Biasanya biaya per klik bukan yang tertinggi (yang disarankan Shopee), tetapi karena persaingan juga banyak, jadinya produk kamu kalah bersaing dengan produk lain.

Akhirnya hanya akan banyak klik tetapi pembeli memilih seller lain.

4. Harga Kalah Bersaing

Selain pengaruh dari pengaturan iklan, hal lain yang juga jadi penyebab adalah harga produk yang kalah bersaing dengan produk toko lain. Meskipun kamu sudah mengatur biaya iklan yang tinggi, dan produk mu muncul di urutan teratas, tetapi jika harga produk lebih mahal dibanding produk toko lain di bawah-bawah kamu, ya itu akan sia-sia.

Apalagi kualitas yang ditawarkan juga sama.

Saat ini pembeli sudah pintar, mereka akan mencari produk yang memiliki harga paling murah tetapi kualitasnya sama.

Jadi kalau kamu memang ingin memasang harga lebih tinggi, pastikan kamu memberikan something yang berbeda dari produk seller lain.

Baca juga : Coba Stop Iklan Kata Kunci dan Beralih ke Iklan Produk Serupa Shopee


Itu beberapa penyebab yang menurut kami membuat order penjualan kamu sedikit meskipun sudah mengeluarkan banyak biaya iklan Shopee. Kesimpulannya adalah, meskipun Shopee menawarkan iklan, tapi jangan terlalu berharap jika dengan beriklan akan mendatangkan banyak order. Pastikan kamu selalu melakukan riset sebelum beriklan, agar iklan yang kamu buat bisa lebih efektif.

Jual Madu Klanceng Trigona Murni, Langsung dari Pembudidaya Lebah Trigona organik. Pesan di sini!
---------------
Join Telegram Channel EtalaseBisnis.com. Dapatkan update artikel bisnis terbaru langsung dari Telegram kamu >> Gabung Telegram Channel

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *