5 Alasan Mengapa Usaha Kecil Perlu Masuk Marketplace UMKM

  • Whatsapp

EtalaseBisnis.com, 5 Alasan Mengapa Usaha Kecil Perlu Masuk Marketplace UMKM – Marketplace UMKM adalah tempat para pelaku usaha penjajakan usahanya. Kalau kamu memiliki bisnis dan belum bergabung dengan marketplace, maka kamu sangat ketinggalan dengan trend terkini dalam marketing. Marketplace dapat mendukung UMKM bahkan yang baru mulai usaha dengan modal minim. 

Ketahui Mengapa bisnis Perlu Bergabung Dengan Marketplace UMKM 

Marketplace UMKM

Salah satu cara mengembangkan usaha adalah memaksimalkan berbagai media yang ada, salah satunya adalah marketplace UMKM. Tempat untuk berjualan ini yang berupa platform online memberikan berbagai keuntungan bagi usaha mikro, kecil atau menengah untuk mulai usaha atau mengembangkannya. Berikut alasan mengapa usahamu perlu ikut sebuah marketplace. 

1. Buka 24 Jam

Toko offline ada batasan waktu buka, kalau toko online yang ada pada platform tidak. Selama 24 jam kamu bisa menjajakan dagangan atau jasa, ada sistem yang dapat memberitahumu kapan saja ada pertanyaan atau pesanan. Tentu kamu tetap harus menginformasikan waktu buka untuk mendapatkan respond.

Salah satu keuntungan marketplace adalah konsumen dapat melihat dan memilih-milih produk yang ingin dibeli dan menaruhnya pada keranjang. Jadi kamu selalu ada kesempatan untuk dilirik oleh calon pelanggan. Marketplace memiliki sistem otomatis yang bisa menjawab pertanyaan standar dan pemesanan bahkan saat kamu sedang tidur. Kamu tidak akan kelewatan pelanggan dengan cara ini. 

Baca juga : Untung Rugi Jualan di Marketplace

2. Jangkauan Konsumen Tidak Terbatas

Marketplace menjadi tempat mencapai konsumen dari berbagai kota, negara bahkan usia. Tentu ada kecenderungan pengguna marketplace dengan deretan usia tertentu, namun tetap saja, secara keseluruhan potensi konsumen yang bisa diperoleh adalah hampir tidak ada batasan. 

Oleh karena itu pemilik usaha UMKM seharusnya bergabung dengan marketplace UMKM. Konsumen yang memiliki minat pada barang-barang khas Indonesia atau berupa usaha kecil dapat menemukannya melalui marketplace dengan segmentasi khusus UMKM ini. Jadi tidak perlu berbelanja di tempat lain karena semua ada di tempat tersebut. 

3. Jangkauan Promosi Lebih Luas

Melalui marketplace, kamu dapat mencoba berbagai strategi pemasaran yang berbeda. Mulai dari memberikan free ongkir, kupon dan points adalah beberapa cara yang bisa dicoba dalam melakukan promosi. 

Kupon dan poin yang dapat jadi insentif bagi konsumen untuk kembali memakai marketplace karena bisa berbelanja secara terus-menerus. Jadi memaksimalkan jangkauan yang ada dan dapatkan dukungan yang cocok untuk kamu lakukan dengan usahamu. 

4. Produk Lebih Mudah Untuk di Organisir

Melakukan inventarisasi dan penataan barang tentu tidak mudah kalau punya barang dan tempat. Berbeda dengan marketplace yang penataan jualannya bisa melalui setting gambar atau video.

Sistem otomatis juga memungkinkan untuk memeriksa jumlah barang lebih terorganisir dan tertata baik. Ada beberapa kategori pada menu di Marketplace UMKM yang bisa kamu gunakan serta manfaatkan sesuai dengan ide yang kamu miliki. 

5. Biaya Pengelolaan Efektif  dan Efisien

Mengurus toko di marketplace, lebih mudah dan hemat. Bayangkan semua keribetan menata barang dan menuliskan keuangan usaha yang berdasarkan toko fisik kamu tentu akan menghabiskan waktu hanya untuk menatanya. 

6. Membangun Kepercayaan Konsumen

Toko online yang mengikuti platform marketplace MKM akan lebih gampang menumbuhkan kepercayaan konsumen untuk membeli atau bahkan jadi langganan. Usaka UMKM mikro maupun menengah dapat memupuk kepercayaan yang berguna demi kelangsungan usaha. 

Baca juga : Cara Mudah Mendapatkan Kepercayaan Calon Pembeli

7. Rekening Bersama

Adanya rekening bersama memberikan kenyamanan dan keyakinan kalau konsumen tidak akan rugi kalau ada sesuatu dengan produk yang dibeli. Uang tidak akan dikeluarkan pada pemilik usaha kalau konsumen belum melepaskannya. Sistem ini menjamin kedua belah pihak untuk dapat melakukan transaksi dengan nyaman. 

Pebisnis usaha apapun ukuran usahamu, dapat menyewa tempat di marketplace UMKM. Pilih marketplace yang dapat mendukung berkembangnya usahamu. Kenali semua alasan mengapa usaha UMKM perlu menemukan marketplace yang sesuai seperti marketplace UMKM yang memiliki banyak pengguna.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *