Home » BISNIS ONLINE » Cara Mudah Mendapatkan Kepercayaan Calon Pembeli
Meningkatkan Kepercayaan Pembeli Online
(c) storeluz.wordpress.com

Cara Mudah Mendapatkan Kepercayaan Calon Pembeli

Anda sebagai penjual pastinya ingin bisnis online Anda tidak hanya sekedar laku terjual, tetapi dilain sisi juga diakui dan dipercaya oleh pembeli. Tapi keinginan tersebut justru sering dikesampingkan begitu saja dan hanya fokus pada promosi penjual.

Padahal jika kepercayaan dari pembeli ini dimiliki, justru akan bisa menumbuhkan perkembangan bisnis online Anda. Satu pembeli yang percaya terhadap aktifitas bisnis online Anda akan mendatangkan pembeli-pembeli lain yang pada akhirnya akan menjadi pelanggan setia Anda.

Apakah Anda tidak tertarik untuk meningkatkan kepercayaan pembeli terhadap bisnis online Anda?

Selain itu, dilain sisi kepercayaan pembeli harus ada karena faktor eksternal seperti adanya aktifitas buruk dalam dunia bisnis online. Misalnya saja penipu online yang menjual barang palsu atau aktifitas bisnis online yang menipu. Adanya aktifitas ini tentu membuat resah para calon pembeli online, sehingga Anda sebagai penjual online harus ekstra meningkat kepercayaan calon pembeli dengan berbagai cara.

Lalu apa saja caranya? Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kepercayaan pembeli dalam bisnis online Anda.

1. Pasang Foto Produk Dengan Jelas

Jika Anda berjualan online, pastikan mengupload foto produk secara jelas. Jelas itu meliputi :

  • Ukuran dimensi gambar dan ukuran produk yang ada difoto sesuai dengan ukuran aslinya,
  • Keaslian bentuk produk yang ada difoto sama dengan aslinya,

Jadi tingkat akurasi produk yang ada di foto sama dengan aslinya. Hal ini untuk menghindari kekecewaan pembeli setelah menerima produk Anda.

2. Desain Web Yang Profesional

Penilaian pembeli dari segi tampilan website Anda sangat mempengaruhi tingkat kepercayaan. Untuk itu jangan sampai masalah tampilan website Anda kesampingkan begitu saja. Desain web yang menarik dan mudah dinavigasikan oleh pembeli membuat prasangka baik untuk bisnis online Anda. Masalah desain ini juga termasuk penggunaan domain. Usahakan jangan memakai platform gratisan seperti layanan blog BlogSpot.com atau WordPress.com. Pakailah domain pribadi yang itu akan membuat nilai tersendiri pada bisnis Anda.

3. Gunakan Jasa Review

Untuk yang satu ini masih sedikit yang menggunakannya. Sebaiknya para pemiliki bisnis online menggunakan layanan jasa review yang ada seperti RumahReview.com. Dalam memilih jasa review pun juga jangan sembarangan, pastikan Anda memilih jasa review yang berkualitas agar hal ini menambah tingkat kepercayaan pembeli.

4. Tampilkan Testimoni dari Pembeli

Jika Anda telah mendapatkan testimoni dari pembeli Anda sebelumnya, tampilkan di website. Tapi pastikan Anda menampilkannya secara jujur, jangan ada yang diubah menjadi lebih baik hanya sekedar ingin mendapatkan kepercayaan calon pembeli.

5. Tampilkan Kontak Informasi Dengan Jelas

Masalah kontak informasi ini juga penting. Berikan kontak informasi yang jelas, baik itu nomor telepon, ponsel, email, instant messaging, maupun alamat rumah/kios Anda jika ada. Kalaupun Anda hanya fokus di penjualan online, ya informasikan saja melalui website. Transparansi sangat penting untuk membangun kepercayaan calon pembeli.

Baca juga: Hal Yang Terlupakan Oleh Penjual Online Untuk Konsumennya

Itu beberapa cara yang bisa Anda lakukan pada bisnis online Anda agar mendapatkan kepercayaan dari calon pembeli Anda.

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

11 + 12 =