Bisnis Digital yang Mulai Dilirik di Tengah Pandemi

  • Whatsapp

Pandemi ini membuat banyak orang mengubah mindset hidupnya. Mulai dari hal yang berkaitan dengan kesehatan pribadinya, hingga pekerjaan yang harus dipilihnya. Karena faktanya sekarang banyak orang yang terkena PHK padahal sebelum sudah mendapatkan posisi jabatan yang cukup tinggi. Kemudian orang-orang yang awalnya hanya mengandalkan usaha dari pasar offline kini mulai mencoba menawarkannya melalui online.

Tetapi dari pandemi ini, juga membuat banyak orang yang mulai melirik bisnis digital. Bisnis yang bisa dijalankan dari rumah dengan bermodal perangkat komputer dari rumah. Paling tidak dengan menjalankan bisnis digital mereka merasa tidak perlu lagi untuk bekerja di luar rumah di tengan pandemi. Apalagi jika ada kebijakan PSBB atau WFH.

Meskipun sebelumnya juga sudah banyak bisnis digital yang tumbuh di Indonesia, tetapi nampaknya sekarang orang mulai aware dan menerima adanya bisnis digital ini. Bahkan banyak juga orang yang mulai mencobanya.

Bisnis Digital di Era Pandemi

Jika Anda juga salah satu orang yang tertarik untuk mencoba bisnis digital, berikut ini beberapa bisnis digital yang mulai dilirik di tengah pandemi.

1. Online Coaching & Webinar

Yang awalnya para motivator atau pembicara melakukan seminar atau workshop secara offline dengan bertatap muka langsung. Kini pekerjaannya itu harus dilakukan dengan virtual (Online). Tetapi ini ternyata juga work. Artinya tetap ada orang yang tertarik untuk mengikuti pelatihannya.

Akhirnya sekarang ini banyak orang-orang yang mulai melakukan bisnis digital dengan menggelar pelatihan-pelatihan secara virtual. Dari sisi biaya produksi sebenarnya justru lebih hemat, karena tidak perlu menyewa tempat dan lain-lain, cukup menyediakan jaringan internet yang stabil. Dan ini pun ternyata juga menguntungkan.

Ya ini karena pasarnya ada. Di mana sekarang ini untuk menggelar seminar atau pelatihan offline belum bisa, karena akan menimbulkan kerumunan, dan banyak orang yang memang butuh edukasi dari sebuah seminar-seminar.

Jadi ini merupakan pasar yang empuk di tengah pandemi sekarang ini.

2. Content Writer & Blogger

Salah satu bisnis digital yang bisa dilakukan di rumah adalah menjadi Content Writer atau Penulis artikel untuk media online. Ini akan cocok dilakukan oleh orang yang memiliki keahlian dalam menulis. Untuk menjalankan bisnis ini cukup mudah.

Nanti Anda cukup bergabung ke situs freelancer yang dan mencari tawaran job content write di sana. Tinggal pilih yang sesuai dengan kemampuan dan tawaran biayanya.

Bisnis digital seperti itu nanti bergantungnya pada pemberi jasa, atau pemilik media. Ketika Anda tidak mendapatkan jobs menulis, ya artinya Anda tidak akan mendapatkan penghasilan. Kalau Anda ingin tetap mendapatkan penghasilan meskipun Anda sedang tidak menulis, Anda bisa menjadi blogger.

Tetapi untuk bisa menjadi blogger yang berpenghasilan setiap bulan, memang butuh proses yang tidak singkat. Tapi ini bisa Anda jadikan salah satu pilihan untuk memulai saat ini. Siapa tahu nanti ke depannya Anda bisa sukses menjadi blogger.

3. Digital Agency

Bisnis digital yang bisa Anda coba juga adalah membangun Digital Agency. Ini merupakan agensi periklanan yang fokus di media digital. Meskipun beberapa perusahaan digital agency di pandemi ini juga sedikit berpengaruh, tetapi sifatnya sementara.

Karena pada akhirnya akan banyak perusahaan maupun UKM yang akan mencoba memasarkan produknya secara online atau digital. Nah, dengan adanya Digital Agency ini bisa menjadi jembatan para perusahaan maupun UKM dalam memasarkan produknya.

4. Mengajar Online

Salah satu yang terdampak oleh pandemi ini tidak hanya sektor bisnis, sektor pendidikan pun demikian. Faktanya hingga saat ini bahkan sudah setahun lebih adik-adik kita belum bisa masuk sekolah dan hanya belajar di rumah. Bahkan bisa dibilang bukan belajar di rumah, tapi mengerjakan tugas dari gurunya di rumah yang tugasnya sendiri belum pernah dijelaskan.

Ini menjadi salah satu inspirasi untuk Anda yang memiliki kemampuan di pelajaran tertentu untuk memberikan les privat secara online.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *