Pembayaran COD (Bayar di Tempat) Banyak Diminati, Ini Penyebabnya!

  • Whatsapp

Munculnya marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee dan lainnya yang menggunakan sistem pembayaran rekening bersama, ternyata masih membuat banyak pembeli online merasa tidak ‘aman’. Padahal dengan adanya sistem pembayaran rekening bersama itu sudah cukup membuat transaksi jual beli melalui marketplace lebih aman dibanding transaksi melalui media lain.

Dan ini juga yang menjadi salah satu alasan munculnya marketplace, mereka ingin memberikan rasa aman dan nyaman baik dari sisi penjual maupun pembeli.

Buat yang masih belum paham konsep rekening bersama, berikut kami berikan sedikit penjelasannya.

Jadi rekening bersama itu adalah sistem pembayaran untuk pembeli dan penjual yang ketika mereka melakukan transaksi tidak langsung mengirim uang secara direct (langsung). Jadi ketika pembeli memesan produk, uang yang dibayarkan itu dibayarkan ke rekening pihak marketplace dulu. Kemudian ketika pembeli sudah penerima pesanan, baru uangnya dikirimkan ke penjual.

Dengan seperti itu tentu akan lebih aman, dibanding langsung transfer ke penjual.

Nah sayangnya, masih banyak yang belum merasa ‘aman’ juga dengan sistem seperti itu. Akhirnya banyak juga yang memilih untuk menggunakan sistem pembayaran COD (Cash On Delivery) atau Bayar di Tempat.

Sebenarnya pilihan sistem COD yang ada di marketplace ini belum lama ada. Sistem Bayar di Tempat ini muncul setelah ada kerjasama dengan pihak jasa ekspedisi. Misalnya saja kalau di Shopee itu dengan J&T, di Tokopedia dengan SiCepat.

Alasan Pembeli Memilih COD

Bayar di Tempat

Dengan munculnya sistem pembayaran COD ini, akhirnya banyak pembeli yang semula enggan berbelanja online, kini mulai mencoba untuk belanja online. Beberapa alasannya sebagai berikut :

1. Mendapatkan Rasa Aman

Alasan yang paling banyak adalah untuk mendapatkan rasa aman saat berbelanja. Biasanya ini pembeli-pembeli yang masih parno sama jual beli online. Mereka takut kena tipu dan lain-lain, akhirnya memilih sistem pembayaran Bayar di Tempat dengan harapan barangnya benar-benar dikirim dan pas udah diterima baru berkenan bayar.

2. Tidak Punya Rekening

Alasan lain adalah tidak punya rekening untuk melakukan pembayaran melalui transfer. Ya meskipun saat ini pembayaran marketplace bisa dilakukan juga di Indomaret/Alfamart, tapi mungkin karena jauh dan tidak sempat akhirnya memilih sistem pembayaran COD / Bayar di Tempat.

3. Ingin Lihat Barangnya Dulu

Kalau beli barang bukan di marketplace, mungkin ingin lihat barangnya dulu. Pegang-pegang dulu, dicek dulu, kalau cocok baru bayar ke penjualnya.

Tapi kalau di marketplace, bisa sih dilihat dulu, tapi tidak bisa langsung dibalikin ke kurirnya kalau barangnya ternyata tidak cocok. Soalnya pembeli harus bayar dulu ke kurir, kalau tidak cocok baru nanti dikembalikan sesuai prosedur yang ada di masing-masing marketplace.

4. Ingin Ketemu Penjualnya

Ini kalau transaksi di luar marketplace ya, biasanya mereka yang memilih COD juga ingin ketemu penjualnya. Apalagi kalau penjualnya cakep, mungkin ingin sekalian kenalan. :D

Tetapi dengan ketemu penjualnya juga akan lebih menyakinkan saat bertransaksi.

Baca juga : 6 Situs Belanja Online Bayar di Tempat


Itu beberapa alasan mengapa banyak pembeli yang memilih sistem pembayaran bayar di tempat. Kalau kamu pilih COD atau transfer saja?

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *