Home » BERITA » UKM » UKM : Manfaat Yang Didapatkan Ketika Mengikuti Pameran

UKM : Manfaat Yang Didapatkan Ketika Mengikuti Pameran

Stand Pameran UKM
Pameran UKM via visitpandaan.wordpress.com

EtalaseBisnis.com – Usaha Anda mungkin baru saja berkibar, untuk itu perlunya kerja keras untuk membakar semangat pemasaran. Salah satu yang bisa digunakan adalah dengan mengikuti sebuah ajang pameran.

Ya, pameran diadakan memang untuk mendongkrak penjualan dan memperkenalkan produk-produk dari para penjual. Terlebih jika produk Anda adalah produk UKM yang dari segi pemasaran masih sangat terkendala.

Untuk itu saya memberikan saran untuk lebih giat mencari informasi pameran, baik pameran lokal, nasional maupun internasional. Banyak sekali manfaat yang akan Anda dapatkan ketika mengikuti sebuah pameran, tidak hanya sebagai ajang untuk perkenalan tapi lebih dari itu ada manfaat berupa :

Pameran Ajang Bertemunya Pembeli dan Penjual, Maka Penjualan Akan Meningkat

Dengan mengikuti pameran, penjualan produk Anda akan meningkat. Apalagi jika anda mengikuti pameran yang memiliki skala besar, jangan kaget jika Anda akan mendapatkan order besar dan penjualan meningkat berkali-kali lipat.

Usaha Anda Kesulitan Tambahan Modal? Pameran Bisa Jadi Solusi

Selain untuk meningkatkan penjualan, biasanya dengan mengikuti pameran akan ada beberapa investor yang berjalan-jalan mencari produk yang menjanjikan untuk dimodali. Manfaatkan itu jika Anda memang ingin mendapatkan tambahan modal. Jika perlu saat pameran bawalah business plan Anda, sehingga bisa langsung memaparkan secara singkat program-program bisnis Anda kedepannya.

Banyaknya Pelaku UKM Yang Ikut Membuka Jaringan Semakin Kuat

Dengan komunitas UKM maka usaha mikro Anda akan semakin kuat daripada berjalan sendiri. Manfaatkan ajang ini untuk bersilahturahmi dengan UKM lain dan bertukar pikiran tentang masing-masing produk yang dimiliki. Tentu ini sangat bermanfaat untuk memberikan daya dorong perkembangan UKM.

Amati Tingkah Pengunjung Untuk Memperbaiki Produk Anda

Tentu tidak semua pengunjung pameran akan membeli produk UKM Anda. Diantaranya kadang ada yang kurang tertarik dengan produk Anda. Cari tahu dari segala aktifitas pengunjung baik di lapak Anda maupun lapak UKM lain untuk bisa mencari kelebihan dan kekurangan produk UKM Anda di mata konsumen. Hal ini juga bisa dilakukan riset dengan melihat produk yang sejenis dengan produk Anda untuk melihat perbandingannya. Tentu ini akan menjadi ide inovasi tersendiri bagi usaha mikro Anda.



Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seven − two =