Home » BERITA » NASIONAL » Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tumbuh 6,6% Pada 2016

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tumbuh 6,6% Pada 2016

Andrinof Chaniago
Menteri PPN/ Kepala Bappenas Andrinof A Chaniago. ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang

EtalaseBisnis.com – Tadi pagi saya menyaksikan pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangas) 2015 di salah satu stasiun televisi swasta. Saat itu Menteri PPN/Kepala Bappenas Andrinof Chaniago sedang membuka Musrenbangas 2015 yang diselenggarakan di Hotel Bidakara, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

Dalam pidatonya, beliau memiliki harapan pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa tumbuh 6,4 – 6,6 persen di tahun 2016.

Untuk mewujudkan harapan itu, pemerintah melalukan percepatan pembangunan di bidang infrastruktur yang mana ini nanti merupakan pondasi pembangunan dalam Rencana Kerja dan Anggaran (RKAP) 2016.

Tentu program ini guna meningkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia agar lebih sejahtera dan makmur. Dengan melakukan percepatan pembangunan infrastruktur ini, juga sebagai dukungan atas kedaulatan pangan, energi, pariwisata, kemaritiman dan industri.

Namun Andrinof juga menegaskan agar percepatan pembangunan ini tidak menurunkan perekonomian yang saat ini sedang berkembang dan harus berprinsip untuk menjaga sumber daya lingkungan serta tidak merusaknya. Karena pembangunan haruslah berkualitas, inklusift, lintas kelompok, wilayah dan waktu.

Dengan prinsip pembangunan tersebut, maka diharapkan dampaknya juga akan mampu mengurangi tingkat kemiskinan di Indonesia sebesar 9-10 persen dan tingkat pengangguran sekitar 5,5 persen di akhir tahun 2016.

Bagikan artikel ini :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *