Home » BERITA » Dirut Pertamina Batalkan Kenaikan Harga Pertamax
Harga Pertamax Naik
Image via sapujagat.com

Dirut Pertamina Batalkan Kenaikan Harga Pertamax

EtalaseBisnis.com – Setelah kemarin seluruh SPBU mendapatkan surat edaran kenaikan harga Pertamax menjadi Rp 9.600,-, tadi malam dua jam sebelum kenaikan harga diberlakukan, PT Pertamina (Persero) mendadak mengumumkan agar harga Pertamax, Pertamax Plus dan Pertamax Dex tidak dinaikkan. Keputusan ini terbilang mendadak, mengingat pagi harinya baru saja diumumkan akan ada kenaikan.

Namun, pada Kamis (14/5) pukul 22.30 WIB Pertamina mengumumkan untuk membatalkan kenaikan harga Pertamax cs. Alhasil, mulai Jum’at (15/5) pukul 00.00 WIB tadi, harga Pertamax cs masih tetap sama.

Dari kabar di media, pembatalan ini merupakan perintah langsung dari Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto.

Hal ini dibenarkan oleh Ketua Umum Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) Eri Purnomohadi, yang mana dirinya juga mendapatkan informasi terkait pembatalan ini dan itu perintah langsung dari Dirut Pertamina.

(Baca juga : Mulai Besok, Harga Pertamax Naik Menjadi Rp 9.600)

Eri juga menjelaskan bahwa pihaknya telah mendapatkan surat keputusan kenaikan harga Pertamax pada Kamis pagi (14/5), namun pada malam harinya justru mendapatkan informasi singkat dari Pertamina terkait pembatalan.

“Pak Eri harga BBK (bahan bakar khusus) ditunda pelaksanaannya, sehingga besok harga tetap tidak berubah, tolong bantu broadcast ke teman-teman SPBU. Tiba-tiba saja, katanya perintah Dirut,” jelasnya.

Pembatalan secara mendadak ini juga baru kali ini. Padahal naik turun harga Pertamax sebenarnya wajar karena Pertamax adalah bahan bakar yang tidak disubsidi. Karena harga dari Pertamax menyesuaikan dari MOPS (Mean of Platts Singapore) dan nilai tukar rupiah terhadap dollar.

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × 2 =