Home » BERITA » Perlu Dipahami, Tokopedia & Bukalapak Tidak Menjual Barang

Perlu Dipahami, Tokopedia & Bukalapak Tidak Menjual Barang

Tokopedia vs Bukalapak

Hari ini kami mendapatkan e-mail dari salah satu pembeli di Tokopedia yang sepertinya masih ragu dan bingung atas transaksinya di Tokopedia. Beliau menanyakan kepada kami apakah benar transaksi transfer dana yang telah dilakukannya ke rekening Tokopedia itu benar atau tidak.

Melihat e-mail tersebut, kami semakin yakin bahwa masih banyak masyarakat di Indonesia yang belum memahami keberadaan Tokopedia maupun Bukalapak.

E-mail Pembeli Tokopedia

Dulu juga sempat ada yang menanyakan kepada kami apakah Tokopedia itu penipu atau bukan.

Baca juga: Cara Belanja di Tokopedia Yang Aman Dari Penipuan

Melihat kegalauan masyarakat yang belum sepenuhnya paham tersebut, akhirnya kami ingin menjelaskan secara singkat dan sepengetahuan kami tentang Tokopedia dan Bukalapak ini.

Mengapa harus Tokopedia dan Bukalapak? Karena kedua sama-sama platform marketplace yang memiliki sistem yang sama.

Iya, jadi Tokopedia dan Bukalapak itu hanya sebuah platform marketplace. Jika Anda awam terhadap istilah ini, maka gampangannya adalah mereka ini hanya media/wadah/pasar online.

Coba lihat sebuah pasar, misalnya Pasar Beringharjo di Jogja. Pasar Beringharjo ini sama seperti Tokopedia dan Bukalapak. Pasar Beringharjo hanya sebuah pasar atau tempat bagi para penjual membuka lapak/kios di pasar tersebut, dan nantinya ada pembeli yang membeli barang di penjual-penjual yang berjualan di Pasar Beringharjo.

Sudah ada gambaran kan… Jadi Tokopedia dan Bukalapak hanyalah pasar online, dimana di dalamnya ada penjual/pelapak yang membuka toko online di kedua platform tersebut.

Tapi Tokopedia dan Bukalapak ini berbeda dengan Pasar Beringharjo atau pasar tradisional…

Salah satu perbedaannya adalah dari sistem pembayarannya. Karena Tokopedia dan Bukalapak adalah tempat jual beli online, maka kedua platform ini menyediakan sistem pembayaran yang aman khususnya bagi pembeli.

Dimana ketika ada pembeli yang membeli barang di toko ABC, maka pembayaran tidak langsung ditransfer ke penjual atau pemilik toko ABC tersebut. Melainkan ditransfer ke Tokopedia atau Bukalapak.

Mengapa harus ditransfer ke Tokopedia atau Bukalapak?

Karena ini demi keamanan pembeli. Transfer pembayaran ke Tokopedia/Bukalapak tersebut hanya berlangsung sementara. Nanti jika pembeli sudah mendapatkan barangnya dan konfirmasi jika sudah menerima barang, maka pihak Tokopedia/Bukalapak akan mentransfer uang yang telah dibayarkan pembeli ke penjual.

Dengan demikian maka pembeli tidak perlu takut akan ditipu oleh penjual. Karena modus penipuan online itu yang kerap terjadi adalah ketika pembeli mentransfer uang ke penjual, maka penjual tidak mengirim barang. Tapi jika berbelanja melalui Tokopedia/Bukalapak hal tersebut bisa diminimalisir berkat adanya Rekening Bersama yang disediakan oleh Tokopedia/Bukalapak.

Baca juga: 9 Tips Jualan Online Di Tokopedia Yang Perlu Anda Ketahui

Jadi, sekali lagi Tokopedia dan Bukalapak tidak menjual barang. Mereka adalah sistem yang menjembatani antara penjual online dan pembeli.

Sudah jelas kan, 🙂 Semoga artikel ini membuka wawasan Anda tentang Tokopedia dan Bukalapak.

Di luar sana masih banyak masyarakat yang belum tahu, untuk itu silahkan bagikan artikel ini ke rekan-rekan Anda agar semuanya mengetahui dan tidak ragu lagi untuk berbelanja online melalui Tokopedia, Bukalapak maupun platform lain.



Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

17 − 2 =