Tips Beli Sepeda Lewat Online Marketplace

  • Whatsapp

Selama pandemi ini bersepeda tiba-tiba menjadi trend di Indonesia. Mungkin awalnya karena himbauan untuk menjaga kesehatan selama pandemi, kemudian munculah trend bersepeda. Karena bersepeda salah satu olahraga yang sangat mudah dilakukan, selain itu bisa digunakan sebagai sarana hiburan karena jenuh di rumah terus.

Nah, karena trend inilah akhirnya permintaan sepeda melesat naik. Ini membuat harga sepeda tiba-tiba naik drastis, karena stok produknya pun juga menipis. Bahkan hingga saat ini stok sepeda tipe roadbike pun masih kosong di banyak toko sepeda. Padahal permintaan masih sangat tinggi.

Akhirnya banyak orang yang memutuskan untuk membeli sepeda lewa online marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dll. Tetapi ada banyak pertanyaan juga ketika ingin membeli lewat sana. Kami pun beberapa kali ditanya orang, Kira-kira gimana kalau beli sepeda di sini (marketplace), apakah aman atau tidak?

Beli Sepeda Online

Di artikel ini kami ingin sedikit berbagi tips untuk Anda yang ingin membeli sepeda secara online. Semoga dengan tips ini nanti bisa menjadi referensi untuk Anda dalam membeli sepeda.

1. Pilih Penjual yang Memiliki Toko Fisik

Untuk membuat Anda merasa aman dan nyaman membeli sepeda di online marketplace, cara pertama yang Anda lakukan bisa dengan memiliki penjual yang memiliki toko fisik. Anda bisa menanyakan langsung ke penjual melalui chat atau mungkin bisa melihat profil deskripsinya.

Biasanya kalau mereka juga punya toko fisik akan diinformasikan alamatnya.

Ini cukup penting untuk Anda tahu, karena dengan memiliki toko fisik paling tidak Anda akan mudah menghubungi atau memastikan bahwa dia memang penjual sepeda yang sudah berpengalaman. Saran kami pilih toko yang mana mereka juga sebagai dealer beberapa brand sepeda.

2. Jangan Tergiur Harga dengan Selisih Tinggi

Pastikan sebelum membeli sepeda secara online, Anda sudah cari-cari tahu dulu kisaran harga sepeda yang ingin dibeli. Dengan begitu ketika mau cari sepeda, Anda bisa cari penjual yang menawarkan harga pasar. Jangan tergiur harga dengan selisih tinggi, baik itu selisihnya lebih mudah atau lebih mahal.

Nah di kondisi pandemi sekarang ini dimana tren sepeda sedang naik, harga sepeda memang sangat melambung tinggi. Ini dimanfaatkan oleh beberapa penjual dengan menaikkan harga yang gila. Kalau ada pembeli yang asal ingin cepat punya sepeda, bisa-bisa harga yang nggak masuk akal ini bisa saja langsung diambil.

3. Pilih Toko dari Dealer Resminya

Sebenarnya ini susah-susah gampang, soalnya tidak semua dealer resmi sepeda membuka toko di online marketplace tapi biasanya mereka punya website/toko online sendiri.

Karena ini kita kasusnya di online marketplace ya kalau bisa cari yang dealer resminya. Kalau tidak ada yang tidak apa, yang penting cari toko yang memang sudah berpengalaman dan punya feedback positif.

Kami ada cara seperti ini. Tanyakan nama toko fisiknya apa, kemudian cari di Google atau Google Maps, kalau sudah ketemu, lihatnya rating dan ulasan-ulasannya. Biasanya toko yang sudah terpercaya, akan memiliki ulasan dan rating yang bagus.

Owh ya, memilih toko sepeda yang langsung dealer suatu brand, selain akan mendapatkan layanan yang dijamin resmi (garansi), juga akan mendapatkan harga yang tidak di markup jauh di atas harga pasar.

4. Jangan Bergantung pada Satu Marketplace

Jadi kalau Anda sudah belanja di Shopee, jangan hanya cari sepeda di Shopee saja. Cari juga di Tokopedia, Bukalapak, dan lainnya. Supaya Anda bisa menemukan toko dan produk yang sesuai.

Selain itu Anda juga bisa membandingkan harga antar beberapa penjual yang sudah didapatkan.

5. Perhatikan Kondisinya

Anda mau beli sepeda baru atau bekas? Kalau bekas perhatikan kondisinya. Tentu kondisi apakah ada lecet, pernah jatuh atau tidak, apakah ada part yang sudah diupgrade, kalau ada bagian apa saja dan diupgrade dengan part apa, dll.

Dan jangan lupa minta foto kondisi ban.

6. Pilih Ongkos Kirim yang Terjangkau

Soal pengiriman, pastikan memilih ongkos kirim yang terjangkau. Apalagi kalau Anda belinya dari luar kota. Pengiriman barang berupa sepeda ini nanti biasanya akan dihitung berdasarkan dimensi, bukan berat. Jadi mesti pintar memilih jasa pengiriman.

Kalau ada pilihan JNE Trucking, mending pilih itu. Meskipun agak lama, tapi paling tidak ongkosnya jauh lebih murah dibanding layanan yang Regular.

Baca juga : Kelakuan Penjual Online Marketplace yang Kadang Bikin Pembeli Kesal


Itu saja yang bisa kami informasikan, kalau kiranya Anda punya tambahan lain bisa ditulis di kolom komentar. Semoga tips membeli sepeda lewat online marketplace ini bisa bermanfaat untuk Anda.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *