Home » TIPS » Tips Usaha Batik Dalam Persaingan Yang Ketat Ini

Tips Usaha Batik Dalam Persaingan Yang Ketat Ini

Batik Lasem via SeputarSemarang
Batik Lasem via SeputarSemarang.com

EtalaseBisnis.com – Sekarang ini ya, penjual batik itu sudah banyak banget. Apalagi di daerah-daerah yang notabene memang sentra industri batik, seperti Kota Solo, Jogja, Pekalongan dan lain-lain. Tentu di daerah tersebut tidak hanya satu atau dua penjual saja tetapi ratusan penjual batik ada di sana.

Keadaan ini menunjukkan bahwa permintaan batik memang sangat tinggi. Batik sendiri telah menjadi ikon Indonesia yang diakui secara Internasional. Sehingga tak heran banyak orang yang menjual batik dengan berbagai kualitas, motif dan harga.

Nah, jika Anda saat ini memang berniat untuk membuka usaha jualan batik, alangkah baiknya perlu dipersiapkan secara matang. Mengingat penjual batik di luar sana sudah banyak, dan sudah berkembang. Untuk itu Anda harus mempersiapkan strategi khusus agar produk batik Anda bisa langsung diterima pasar.

(Baca juga : Peluang Usaha: Meraup Keuntungan Dari Usaha Kaos Distro)

Berikut ini saya ingin memberikan beberapa tips jika Anda ingin berwirausaha jualan batik.

Buatlah Model Sendiri

Jika Anda ingin berjualan batik, baik itu pakaian jadi, atau kain, dan pernak-pernik lainnya, maka buatlah model sendiri. Saran saya, jualan pakaian jadi sebagai ikon usaha batik Anda. Anda mungkin akan mengambil kain batik dari pengrajin batik, tapi sebaiknya Anda buat kain tersebut menjadi model pakaian jadi, terserah maupun pakaian pria atau wanita. Lalu Anda membuat model pakaian yang unik dan menarik lain daripada yang lain. Sehingga produk batik Anda ini nanti akan cepat dikenal pasar.

Jangan Lupa Buat Brand Usaha

Agar lebih mudah dikenal, berikan nama brand untuk usaha batik Anda ini. Cari nama yang mudah diingat tetapi juga mewakili produk Anda. Brand ini sangatlah penting, mengingat produk batik sudah banyak, maka berjualan brand akan lebih mengena daripada jualan produknya.

Jangan Gaptek-Gaptek Amat

Sekarang ini jamannya sudah serba teknologi. Ponsel saja sekarang sudah model layar sentuh semua. Gunakan media-media yang ada untuk memasarkan usaha batik Anda. Buat website atau toko online, pasarkan lewat media sosial, melalui instant messaging, dan lain-lain.

Terus Inovasi

Seperti poin pertama, produk batik ini adalah gabungan unsur tradisi budaya, seni dan kreatifitas. Lakukan inovasi baik dalam motif maupun model pakaian batiknya. Jangan hanya menuruti apa yang sedang orang cari, tapi buatlah ciri sendiri agar orang mencari produk Anda. Itu….



Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 + eighteen =